cxhkir.com

Makan Es Krim Tiap Hari Nggak Bikin Gemuk, Asal...

ilustrasi popsicle

Jakarta -

Siapa tidak suka makan es krim? Camilan manis ini disukai hampir semua orang dan punya banyak rasa serta jenisnya.

Di sisi lain, konsumsi es krim menimbulkan kekhawatiran dari sisi kesehatan. Di balik rasanya yang enak dan menyamankan, sebagian besar produk es krim juga tinggi gula, kalori, dan beberapa mengandung bahan tambahan buatan.

Dari sudut pandang kesehatan -atau mereka yang peduli akan kesehatan- es krim dianggap sebagai makanan rekreasional yang hanya boleh dimakan sesekali, dan bukan untuk setiap hari. Tapi bagaimana jika kita ingin makan es krim setiap hari? Apakah akan merusak kesehatan?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pakar diet Tamar Samuels membenarkan bahwa es krim memang padat kalori, tinggi gula juga lemak. Tapi bukan berarti harus dihindari sama sekali.

"Es krim adalah makanan padat kalori, tinggi gula, dan tinggi lemak yang dapat dinikmati dengan jumlah sedang dalam pola makan sehat," jelasnya, seperti dikutip dari Huffington Post.

Ahli gizi lainnya, Edwina Clark, berpendapat bahwa es krim sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan. Dengan catatan, jika bahan yang digunakan adalah susu asli dan krim berkualitas baik. Selain itu, jangan pernah menyantap es krim di malam hari terutama menjelang tidur karena sudah pasti akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

"Selain itu, es krim merupakan sumber kalsium, magnesium, dan B12, serta seringkali memberikan kenikmatan dan nostalgia, yang merupakan fungsi penting dari makanan," terang Edwina.

Manfaat Es Krim Sebagai Camilan Sehat

Close-up of woman serving ice cream, Nikon Z7Ilustrasi es krim. Foto: Getty Images/iStockphoto/webphotographeer

Tidak seperti camilan lain seperti permen, marshmallow, jelly atau biskuit cokelat yang hanya mengandung gula, es krim sebenarnya punya kandungan nutrisi beragam, yakni karbohidrat, protein dan lemak.

"Protein dan lemak di dalam es krim dapat membantu memperlambat penyerapan gula, yang lebih baik dari sudut pandang gula darah dibandingkan makanan seperti gummy bear, yang hampir semuanya mengandung gula dan akan meningkatkan gula darah lebih banyak," kata ahli diet Maggie Michalczyk.

"Anda juga mendapatkan sedikit asupan protein dan kalsium saat makan es krim," tambahnya.

Sebagai tambahan, susu dan krim juga merupakan sumber vitamin A, nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu produk-produk olahan susu juga mengandung kolin, yang berperan penting dalam perkembangan otak dan metabolisme.

"Kandungan lemak yang lebih tinggi pada es krim juga memberi efek rasa kenyang dibandingkan dengan camilan manis lain yang sebagian besar mengandung gula dan karbohidrat olahan," terangnya lagi.

Perhatikan Porsi Makan Es Krim

Closeup of sweet ice cream made of fruits and milkIlustrasi es krim. Foto: Getty Images/iStockphoto/Shaiith

Jika ingin makan es krim setiap hari, kamu harus benar-benar memperhatikan porsinya. Satu sajian, yang umumnya seukuran setengah cangkir, adalah porsi maksimal yang direkomendasikan.

"Meskipun demikian, ada situasi tertentu di mana konsumsi lebih dari itu dapat membantu - misalnya, ketika seseorang perlu menambah berat badan atau memiliki kebutuhan kalori yang sangat tinggi," ucapnya.

Penting juga untuk memperhatikan pola makan secara keseluruhan setiap harinya. Jika kamu sudah mengonsumsi banyak gula sepanjang hari, menambahkan es krim ke dalam diet harian mungkin bukan ide yang baik.

Selain itu sebisa mungkin memilih es krim yang sebagian besar menggunakan bahan alami. Misalnya gula alami, perasa alami dari biji vanilla asli atau cokelat asli, bukan artifisial.

"Pilihlah produk yang mengandung bahan makanan utuh yang Anda kenal, seperti gula dan vanila," pungkasnya.



Simak Video "KuTips: Olahraga Minim Cedera Seusai Absen di Ramadan-Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
es krim diet tips diet

Terkini Lainnya

  • Manfaat Es Krim Sebagai Camilan Sehat

  • Perhatikan Porsi Makan Es Krim

  • Punya 'Body Goal', Sullyoon NMIXX Ungkap Tips dan Snack Saat Diet

  • Turun Berat Badan 37 Kg, Kelly Clarkson Mengaku Minum Obat Diabetes

  • Aktris Drakor Terkaya Disebut Hanya Makan Anggur Saat Diet, Begini Katanya

  • Bolehkah Minum Teh Hijau untuk Diet Setiap Hari? Ini Penjelasannya

  • Waktu Terbaik Minum Teh Hijau, Pagi Hari atau Sebelum Tidur?

  • 4 Tips Awet Muda dari Profesor Harvard, Konsumsi Resveratrol-Kurangi Gula

  • Kelly Clarkson Buka-bukaan Resep Dietnya, Kini Sukses Turun 27 Kg

  • Cuaca Panas Jakarta, Penjual Es Krim di IRTI Monas pun Cuan

  • Berat Badan Tidak Turun Meski Sudah Diet? 14 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

  • Mau Hidup sampai 100 Tahun Seperti Warga 'Blue Zone'? Jangan Skip Kebiasaan Ini

  • Mengenal Intermittent Fasting, Diet Puasa Ade Rai yang Viral

  • 7 Makanan Tinggi Protein dan Serat yang Bagus untuk Turunkan BB

  • Sultan! 10 Es Krim Termahal, Ada yang Harganya Rp 157 Miliar

  • Amanda Manopo Turun BB 14 Kg, Dulunya Doyan Ngemil!

Tautan Sahabat