cxhkir.com

13 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet, Ada Makanan Favorit Orang RI

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/gilaxia

Jakarta -

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Berikut daftar makanan yang harus dihindari saat diet.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mengetahui makanan mana yang harus dihindari dan mana yang harus dimakan dapat membantu seseorang mencapai atau mempertahankan berat badan idealnya.

Secara umum, saat mencoba menurunkan berat badan, sebaiknya kurangi atau hindari makanan yang padat kalori. Namun, jumlah kalori dalam suatu makanan bukanlah satu-satunya faktor yang perlu diperhatikan. Misalnya, makanan rendah kalori yang kurang nutrisi seperti serat dan protein masih bisa membuat seseorang merasa lapar dan tidak puas, yang bisa membuatnya lebih sulit untuk menolak ngemil.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut makanan yang harus dihindari saat diet:

1. Minuman Manis

Jus buah bisa memiliki kandungan gula yang tinggi. Banyak minuman, seperti soda, minuman olahraga, dan jus buah, mengandung gula tambahan yang sangat tinggi tetapi seringkali rendah nutrisi lainnya. Mengkonsumsi minuman ini menambah kalori pada makanan, tetapi tidak membantu seseorang merasa kenyang.

Soda Gembira Baru Viral di Luar Negeri, Pakar Soroti Kandungan GulanyaMakanan dan minuman yang harus dihindari saat diet. Foto: Pepsi/Site

Sebaiknya membatasi kalori dari gula tambahan hingga tidak lebih dari 10 persen dari total asupan hariannya, yaitu sekitar 12 sendok teh untuk diet 2.000 kalori.

2. Makanan yang Dipanggang

Makanan yang dipanggang, seperti kue kering, dan banyak makanan penutup yang sudah jadi, seringkali mengandung gula tambahan yang sangat tinggi, termasuk fruktosa. Sebuah studi tahun 2015 seperti dikutip dari Medical News Today, menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi fruktosa mengalami rasa lapar dan keinginan yang lebih besar untuk makan daripada mereka yang mengonsumsi glukosa, jenis gula lainnya.

Banyak makanan yang dipanggang juga mengandung lemak trans. Hasil studi tahun 2016 pada tikus menunjukkan bahwa diet tinggi lemak trans dapat meningkatkan risiko obesitas.

3. Gorengan

Makanan yang digoreng, seperti ayam dan kentang goreng, umumnya tinggi kalori, garam, dan lemak tidak sehat. Banyak restoran memasak ayam kentang goreng dengan deep fryer untuk memberikan tekstur yang renyah, tetapi metode memasak ini menambah banyak lemak dan kalori.

Makanan yang Harus Dihindari Saat DietMakanan yang Harus Dihindari Saat Diet Foto: Getty Images/iStockphoto/gilaxia

Karena kekurangan serat dan protein, ayam dan kentang goreng tidak membantu seseorang merasa kenyang untuk waktu yang lama. Hal inilah yang membuat gorengan jadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat diet.

Saat makan di luar, orang yang ingin menurunkan berat badan harus memilih salad, buah segar, atau acar sebagai pendamping menu utama.

4. Hamburger

Hamburger dari restoran, terutama restoran cepat saji, seringkali tinggi lemak dan kalori. Sebuah studi selama 14 tahun dari 2013 menyelidiki konsumsi makanan restoran pada 19.479 wanita muda Afrika-Amerika. Para peneliti melaporkan bahwa peserta yang makan burger restoran setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko obesitas lebih tinggi daripada mereka yang memakannya kurang dari lima kali per tahun.

Daging giling tanpa lemak dapat menjadi bagian dari diet sehat jika seseorang memasaknya di rumah tanpa tambahan lemak atau minyak. Burger buatan sendiri sesekali bisa menjadi sumber protein, zat besi, dan beberapa vitamin B yang baik.

Saat mencoba menurunkan berat badan, sebaiknya hindari hamburger dan gorengan saat makan di luar. Alternatif yang lebih sehat bisa berupa ayam panggang, ikan, atau salad dengan daging panggang.

5. Kerupuk dan Keripik

Kerupuk dan keripik merupakan makanan yang harus dihindari saat diet. Mengganti keripik kentang dengan alternatif sehat, seperti kacang panggang, dapat membantu mencegah kenaikan berat badan.

Unhealthy food: high angle view of a cola soda glass and potato chips in a bowl shot on black slate table. Predominant colors are yellow and black. High resolution 42Mp studio digital capture taken with Sony A7rII and Sony FE 90mm f2.8 macro G OSS lensMakanan yang Harus Dihindari Saat Diet. Foto: Getty Images/fcafotodigital

Kerupuk dan keripik seringkali tinggi kalori dan mungkin juga mengandung tambahan lemak, garam, dan gula. Kerupuk dan keripik adalah jenis makanan olahan. Sebuah studi tahun 2015 di Brasil menemukan korelasi positif antara konsumsi "makanan ultra-olahan" dan obesitas.

6. Pasta dan Roti Putih

Tepung terigu biasanya tinggi kalori dan karbohidrat tetapi rendah serat, protein, dan nutrisi lainnya. Varietas pasta dan roti gandum utuh sudah tersedia. Ini umumnya mengandung lebih banyak serat dan nutrisi daripada varietas putih, yang membuatnya lebih mengenyangkan dan menyehatkan.

7. Nasi putih

Nasi putih sangat rendah lemak tetapi juga mengandung sedikit serat dan protein. Sebuah studi tahun 2016 di Iran mengidentifikasi hubungan antara konsumsi nasi putih dan obesitas pada remaja putri. Nasi putih juga memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah seseorang setelah memakannya.

Nasi Kentut (laman: indonesia.go.id)Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet. Foto: Istimewa

Nasi merah, quinoa, dan kembang kol adalah alternatif sehat pengganti nasi putih. Pilihan ini lebih kaya serat makanan, yang dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

8. Granola Bar

Meskipun granola seringkali kaya akan serat dan protein, kadang-kadang mengandung gula sebanyak permen batangan. Pilihan makanan ringan yang lebih sehat meliputi irisan apel dengan selai kacang, yoghurt dan telur rebus.

Makanan yang harus dihindari saat diet termasuk daging olahan karena....KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2
makanan diet makanan yang harus dihindari saat diet makanan yang tidak boleh dimakan saat diet pantangan makanan saat diet diet turunkan berat badan

Terkini Lainnya

  • 9 Manfaat Kurma untuk Diet Agar Tetap Langsing dan Percantik Penampilan

  • Makan Es Krim Tiap Hari Nggak Bikin Gemuk, Asal...

  • Punya 'Body Goal', Sullyoon NMIXX Ungkap Tips dan Snack Saat Diet

  • Turun Berat Badan 37 Kg, Kelly Clarkson Mengaku Minum Obat Diabetes

  • Aktris Drakor Terkaya Disebut Hanya Makan Anggur Saat Diet, Begini Katanya

  • 8 Makanan Bisa Jadi Sunscreen, Memperkuat Kulit Lawan Efek Buruk Sinar UV

  • Ahli Ungkap 5 Cara Ampuh Bakar Kalori untuk Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

  • 8 Makanan yang Perlu Dihindari bagi Pengidap Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

  • Kelly Clarkson Buka-bukaan Resep Dietnya, Kini Sukses Turun 27 Kg

  • Hati-hati! Ini Ciri-ciri Mie dan Makanan yang Mengandung Formalin

  • Berat Badan Tidak Turun Meski Sudah Diet? 14 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

  • Mau Hidup sampai 100 Tahun Seperti Warga 'Blue Zone'? Jangan Skip Kebiasaan Ini

  • Top! Kompetisi Mixologist Hasilkan Inovasi Tren Minuman Kekinian

  • Ini 10 Kreasi Makanan Aneh yang Dulu Digemari Banyak Orang

Tautan Sahabat