cxhkir.com

Mengenal Inferno Hot Pilates, Bentuk Tubuh Lebih Berotot Hingga Detoksifikasi

Inferno Hot Pilates

Jakarta -

Banyak variasi pilates, salah satunya inferno hot pilates. Lantas, apa yang membuatnya berbeda dari pilates biasa? Benefit kesehatan apa saja yang didapat?

Inferno hot pilates termasuk satu dari tiga kelas dalam rangkaian kegiatan Alo Wellness Day di Dharmawangsa Hotel baru-baru ini. Mumun, pendiri Active Barn Studio, memimpin kelas yang diikuti sekitar 30 peserta itu.

"Ini (inferno hot pilates) low impact exercise, tapi pakai prinsip-prinsip gerakan pilates. Digabung juga dengan HIIT (high intensity interval training), makanya ada hitungan 30 detik gerakan, dan 5 detik istirahat," kata perempuan bernama lengkap Mutia Nandika itu kepada seusai kelas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Inferno Hot PilatesInferno Hot Pilates Foto: Dok. Alo Yoga

Mumun menjelaskan, olahraga jenis ini mulai berkembang pada akhir 1990-an setelah Gabriella Walters pertama kali memperkenalkannya. Olahraga ini bermula ketika Walters yang seorang atlet binaraga mencari latihan alternatif yang terinspirasi oleh gerakan pilates.


Menurut Mumun, inferno hot pilates sangat efektif bagi mereka yang ingin membentuk tubuh lebih berotot (lean muscle) karena ditutup dengan latihan kardio.

Kelompok otot yang paling disasar di antaranya glutes (bagian pinggul dan bokong), core (perut), dan inner thigh (paha dalam).

Di kelas berdurasi 50 menit tersebut, latihan bridges yang melatih otot paha dan bokong menjadi pembuka selama 12 menit. Kemudian masuk ke sesi core yang terkonsentrasi pada bagian abdominal atau perut.

"Setelah sudah 70 persen, sisanya diisi dengan kardio seperti burpee ringan," tambah Mumun. Sebagai pamungkas, peserta diajak melakukan savasana, gerakan penutup yoga berupa berbaring sambil memejamkan mata untuk merilekskan tubuh.

Repetisi gerakan, kata Mumun, sangat krusial dalam latihan ini. Teknik tersebut meningkatkan muscle memory sehingga otot lebih cepat terbentuk.

Inferno Hot PilatesInferno Hot Pilates Foto: Dok. Alo Yoga

Berbeda dari pilates lainnya, inferno hot pilates tidak memerlukan peralatan atau berat seperti reformer. Jadi pada dasarnya, latihan ini dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah sekalipun.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, penggunaan dumbel atau barbel ringan dan resistance band dapat menjadi opsi.

"Inferno hot pilates biasanya dilakukan di studio atau ruangan berhawa panas dengan suhu maksimal 40 derajat Celcius. Udara panas melenturkan otot sehingga mudah dilatih. Benefit lain adalah detoksifikasi. Racun ikut terbuang lewat keringat yang keluar," ungkap Mumun yang telah tujuh tahun melatih pilates ini.

Mengingat pilates ini dilakukan dengan intensitas tinggi, maka butuh alunan musik yang memicu adrenalin. Mumun menyarankan lagu-lagu bergenre EDM atau electronic dance music.

Mumun menyarankan, lakukan hot inferno pilates tiga kali dalam seminggu. Tak ada salahnya melakukan olahraga lain pada hari yang berbeda untuk hasil yang lebih maksimal. Namun, pastikan terdapat satu hari untuk istirahat.



Simak Video "KuTips: Pakai Metode 'RIDD' untuk Atasi Anak Tantrum"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
pilates inferno hot pilates

Terkini Lainnya

  • 5 Manfaat Pilates, Membetulkan Postur Tubuh Hingga Kurangi Stres

  • 3 Olahraga Favorit Gisella Anastasia, Rahasia Body Goals di Usia 30-an

  • Daya Tahan Artinya: Definisi, Manfaat, dan Contoh Latihan

  • 5 Olahraga Populer Para Artis Sepanjang 2022: Tenis hingga Pilates

  • Cerita Yuki Kato Mulai Jajal Pilates Usai Kena Skoliosis

  • 6 Potret Gaya Hidup Sehat Mikha Tambayong yang Sudah Tak Makan Nasi Putih

  • 6 Potret Nong Poy Jajal Pilates, Tak Heran Body Goal-nya Sering Disorot Warganet

Tautan Sahabat