cxhkir.com

Sosok Eliana, Kreator Konten yang Bagikan Tips untuk Wanita Kerja Freelance

Eliana Rosyadah

Jakarta -

Di zaman ini mencari informasi mengenai karier tidaklah sulit. Selagi mencari pekerjaan, kamu bisa mengasah pengetahuan mengenai seluk beluk perusahaan hingga bagaimana caranya cepat naik jabatan yang dibahas. Salah satu kreator konten yang sering membagikan tips dan trik terkait dunia kerja adalah Nur Eliana Rosyadah.

Eliana sering membagikan konten terkait self development di TikTok dan Instagram. Lewat akun @elianarsydh, wanita yang menjadi narasumber Kulwap "Perempuan Berdaya: Maksimalkan Karier dan Bangun Percaya Diri" itu membagikan tipsnya terkait dunia kerja berdasarkan ilmu dan pengalamannya sendiri. Nana yang seorang mahasiswi pun bekerja sebagai freelance writer.

Kepada , Eliana jadi kreator pada 2017 karena hobi membuat konten tentang monolog, quotes, puisi, dan karya tulis. Pada 2020, ia mencoba terjun di TikTok sebagai media konten baru. Awalnya iseng membuat konten perjalanan kuliah sambil bisnis, akunnya jadi cukup ramai lalu memutuskan konsisten untuk bergerak di niche edukasi dan self development.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

@elianarsyd

"Ilmu yang saya bagikan biasanya seputar kepenulisan (copywriting, content writing), personal branding, self-development, ilmu konten agar growth, dan tentang jurusan bahasa, dan sastra Indonesia.

"Beberapa dari pengalaman dan pendidikan pribadi saat kuliah sambil bekerja. Ada juga referensi bacaan dari buku dan internet. Saya juga mengikuti mentoring offline dan online lalu membagikannya kembali dengan bahasa yang sederhana," katanya ketika diwawancara beberapa waktu lalu.

Bicara mengenai konten, wanita berumur 23 tahun itu menyebut permintaan terbanyak dari follower adalah berkisar tentang freelance, remote job, CV, LinkedIn, portofolio, dan personal branding.

"Konten paling banyak diminati adalah tentang freelance dan kerja remote. Mungkin karena banyak yang merasa bahwa di era digital ini, semua orang ingin mengembangkan kemampuan selain pekerjaan sehari-harinya. Dan pasti ingin memperbesar peluang income selain dari full time job," ujarnya.

[Gambas:Instagram]



Banyak netizen yang sering curhat terkait pekerjaannya kepada Eliana. Salah satunya mengenai kualifikasi pekerjaan yang dianggap kurang masuk akal.

"Contohnya lulusan fresh graduate banyak mengeluh karena ketika melamar kerja harus berpengalaman minimal dua tahun. Beberapa kasus lainnya adalah semakin tinggi permintaan recruiter terhadap batas usia melamar kerja," kata Eliana.

"Kalau masalah karier paling dekat dengan perempuan adalah sexual harassment. Banyak yang tidak bisa speak up. Selain itu, klaim bahwa perempuan-terutama sudah menikah, tidak perlu berkarir. Padahal definisi karier luas sekali, dan tetap berkarir bisa membuat perempuan selalu grow-up tidak termakan usia," tambah wanita asal Surabaya tersebut.

(ami/ami)
kulwap kulwap konten kreator

Terkini Lainnya

  • 5 Pertanyaan Gen Z Soal Dunia Kerja, Tips Interview Hingga Skill Bekerja

  • Trik Tingkatkan Karier untuk Para Perempuan, Cek di Sini!

  • Ini Cara Maksimalkan Karier dan Percaya Diri Agar Naik Jabatan

  • Temukan Langkah-Langkah Personal Branding yang Tepat di Sini!

  • Jadikan Diri Lebih Stand Out dengan Personal Branding, Daftar di Sini Gratis!

  • Karier Melesat di 2024, Siapkan 10 Tips Ini!

  • 3 Konten Kreator Film 'Guru Tugas' di Bangkalan Jadi Tersangka

  • Penyesalan Galih Loss Seusai Bikin Gaduh Konten Penistaan Agama

  • Dear Konten Kreator, MUI Ingatkan Agar Bijak Main Medsos

  • TikToker Galih Loss Resmi Ditetapkan Tersangka Penistaan Agama

  • Konten Kreator Galih Loss Ditangkap Buntut Konten Penistaan Agama

  • Perpres Publisher Rights Tak Berlaku Buat Konten Kreator

  • Potret Keseruan Kreator Indonesia Maju Nobar Debat Capres

  • Intip Acara Kreator Indonesia Berkarya

Tautan Sahabat