cxhkir.com

5 Pertanyaan Gen Z Soal Dunia Kerja, Tips Interview Hingga Skill Bekerja

Ilustrasi kerja

Jakarta -

Banyak Gen Z (generasi Z) yang sudah mulai meniti karier, mungkin kamu salah satunya. Sebagai pemula, pasti banyak kebingungan yang membuat kamu bertanya-tanya. Dalam Kulwap yang diadakan , cukup banyak anak-anak muda yang mencari pencerahan terhadap dunia kerja.

Di Hari Kartini 2024, WoliFriends dapat mengikuti Kulwap #VersiTerbaikmu "Perempuan Berdaya: Maksimalkan Karier dan Bangun Percaya Diri". Bersama Nur Eliana Rosyadah, S. Hum seorang Career Content Creator pada Minggu 28 April 2024 pukul 19.00 WIB via Grup Whatsapp.

Dari banyaknya peserta yang antusias mendapatkan ilmu dari Nur Eliana Rosyadah, berikut lima pernyataan dan solusinya yang bisa menjawab keresahan Gen Z.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertanyaan: Untuk bekerja, skill dasar apa yang harus kita miliki?
Jawaban: Ada tiga skill dasar yang wajib dimiliki semua orang tapi kita nggak wajib memiliki semuanya tapi paling tidak mau belajar. Ketiganya adalah public speaking, menulis, dan desain karena nantinya bisa muncul skill baru setelah mempelajarinya. Misalnya saat kita udah jago ngomong, kita bisa tingkatkan lagi belajar sosialisasi, marketing, negosiasi. Kalau bisa desain paing tidak punya estetikanya bisa upgrade jadi editor atau konten kreator.

Pertanyaan: Adakah tips atau solusi untuk seseorang yang mempunyai kepribadian introvert dalam dunia kerja?
Jawaban: Aku pribadi orang yang sangat introvert. Jadi setiap hari kalau aku harus isi seminar maksimal hanya bisa satu kali saja dalam sehari sebagai batasan untuk diri aku dan apa yang disampaikan sangat kualitatif.

Untuk tuntutan sehari-hari, itu bisa dilatih. Kalau nggak pede ngomong, kalian bisa melatihnya dengan berbicara di cermin. Awal-awal mungkin belibet sampai kalian menemukan titik bahwa kalian ngomong lebih lancar dan terkonsep. Untuk relasi, join komunitas atau melakukan hal-hal produktif bareng-bareng jadi relasi bakal terbentuk dengan sendirinya. Pokoknya jangan biarkan diri kita ada di zona nyaman terus.

Pertanyaan: Aku punya banyak mimpi tapi suka mager? Bagaimana cara mengatasinya?
Jawaban: Mager pasti semua orang punya, pasti ada sisi males yang nggak bisa dihilangkan. Mager kalau dirawat jadi sebuah kebiasaan buruk. Tapi kita bisa mengatasinya dengan setop main media sosial lebih banyak karena bisa men-distract kita jadi lebih mager lagi. Kalau ingin lebih produktif, jangan lupa untuk menciptakan kegiatan agar tidak sering males-malesan.

Pertanyaan: Bagaimana cara membangun percaya diri agar kita bisa lebih lancar berbicara saat interview?
Jawaban: Ketika kita ditanya untuk interview yang harus kita ketahui lebih awal adalah value kita. Kalau kita paham value kita, percaya diri saja ceritakan apa yang kita pernah raih. Kalau kalian memikirkan hal-hal positif, kalian bakal lebih lancar menjabarkan potensi yang ada di dalam diri kalian.

Pertanyaan: Bagaimana dengan wanita yang berambisi untuk menjadi wanita karir tetapi keadaan tidak memberkatinya?
Jawaban: Kalau ini kaitannya dengan wishlist yang nggak tercapai karena tidak didukung keadaan ya. Setiap dari kita pasti punya plan dalam berkarier. Tapi sebenarnya dari plan yang kita bikin sebaiknya tidak semuanya harus dianggap sebagai tarbaik bagi kita.

Karier itu obyektif. Karier bisa juga jadi seorang volunter, itu sudah termasuk career woman karena sudah memenuhi kebaikan untuk diri sendiri dan kegiatan bermanfaat untuk orang lain. Jadi kalau gagal anggaplah bahwa rencana itu bukan kita yang punya tapi ada campur tangan Tuhan dan semesta.

(ami/ami)
kulwap kulwap gen z pertanyaan interview

Terkini Lainnya

  • Ini Cara Jadi Konten Kreator dengan Gadget Sederhana, Gratis!

  • Sosok Eliana, Kreator Konten yang Bagikan Tips untuk Wanita Kerja Freelance

  • Terungkap Gen Z Stres Saat Terima Email Pekerjaan, Ini Alasannya

  • Trik Tingkatkan Karier untuk Para Perempuan, Cek di Sini!

  • Ini Cara Maksimalkan Karier dan Percaya Diri Agar Naik Jabatan

  • Temukan Langkah-Langkah Personal Branding yang Tepat di Sini!

  • Teruntuk Gen Z, Ini Caranya Biar Nggak Dicap Generasi Lembek

  • Kata Psikolog soal Stigma Gen Z Dicap Lemah

  • Gen Z-Milenial Rentan Terjerat Pinjol Gegara Prinsip Hidup YOLO & FOMO

  • Legislator PDIP Sebut Gen Z Ideologinya TikTok, Minta BPIP Jangan Lemah

  • Ini Alasan Gen Z Lebih Sulit Punya Rumah Dibanding Milenial, Apa Kata Pakar?

  • Ramai Istilah Rizz di TikTok Gen Z, Memang Apa Sih Artinya?

  • Hampir Nggak Ada Gen-Z di China yang Gemuk, Tinggi Badannya Juga Bikin Iri

  • Potret Mengenalkan Literasi Keuangan Sejak Dini

Tautan Sahabat