cxhkir.com

Salah Input Nama, Pasangan Ini Mendadak Cerai, Pengadilan Tolak Anulir

ilustrasi cerai

Jakarta -

Sepasang suami-istri mendadak bercerai akibat 'kesalahan kecil' yang dilakukan firma hukum. Pasangan tersebut sudah melayangkan gugatan cerai, namun seharusnya belum resmi berpisah, karena masih harus mengurus administrasi.

Pasutri yang hanya diketahui dengan nama belakang Tuan dan Nyonya Williams sudah menikah selama 21 tahun, sebelum memutuskan berpisah pada 2023. Perceraian mereka belum final karena keduanya masih dalam proses mengurus harta gono-gini.

Secara tidak sengaja, petugas dari firma hukum bernama Vardags memasukkan nama mereka ke daftar pasangan yang sudah resmi bercerai di portal online. Hal itu membuat Tuan dan Nyonya Williams seketika tak lagi menyandang status sebagai suami-istri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pihak Vardags dan pasangan asal London, Inggris, tersebut sudah berupaya membatalkan kesalahan administrasi tersebut namun ditolak oleh hakim. Alasannya karena perceraian mereka sudah 'go public' dan kepercayaan masyarakat terhadap perintah perceraian yang benar-benar final lebih penting.

"Ada kepentingan kebijakan publik yang kuat untuk menghormati kepastian dari keputusan akhir perceraian dan mempertahankan status quo yang telah ditetapkan," kata Andrew McFarlane, presiden divisi keluarga, seperti dikutip dari Oddity Central.

Di sisi lain, perwakilan Vardags menjelaskan bahwa pengacara di firma tersebut keliru mengajukan permohonan final perceraian secara online untuk Tuan dan Nyonya Williams yang belum siap untuk bercerai. Disebut oleh pengadilan, mereka masih memiliki rincian keuangan yang harus diselesaikan, tetapi segera setelah permohonan itu diterima, perceraian resmi terjadi hanya dalam 21 menit.

Firma Vardags menyadari kesalahan itu dua hari setelahnya. Ketika meminta pengadilan tinggi untuk membatalkan perintah perceraian final, permintaan tersebut ditolak. Perusahaan bersikeras bahwa karyawannya secara tidak sengaja memilih file dengan nama pasangan tersebut, lalu menekan satu klik di komputer.

Namun hakim menjelaskan bahwa dalam proses pendaftaran perceraian, seseorang harus melalui beberapa layar di portal untuk sampai kepada halaman perintah final perceraian.

"Seperti banyak proses online serupa, operator hanya dapat sampai ke halaman terakhir, di mana klik pada mouse dilakukan setelah melewati serangkaian halaman sebelumnya," kata Andrew McFarlane.

Pernyataan Andrew dan pengadilan yang menolak menganulir status cerai Pasangan Williams menuai kritik dari Ayesha Vardag, pendiri firma hukum Vardags. Menurutnya itu keputusan yang buruk.

"Negara tidak boleh menceraikan orang atas dasar kesalahan administrasi," tuturnya.

"Ketika sebuah kesalahan menjadi perhatian pengadilan, dan semua orang menerima bahwa kesalahan telah terjadi, jelas kesalahan itu harus dibatalkan. Artinya, untuk saat ini, undang-undang kita mengatakan bahwa Anda bisa saja bercerai karena kesalahan yang dilakukan pada sistem online dan itu tidak benar, tidak masuk akal, tidak adil," pungkasnya.



Simak Video "Yang Perlu Diperhatikan pada Anak saat Ortu Cerai atau Rujuk"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
pasangan cerai perceraian

Terkini Lainnya

  • 2 Tahun Pacaran, Rumah Tangga Pasangan Ini Terancam Cerai Usai Menikah 5 Hari

  • Dua Tahun Menjanda, Emily Ratajkowski Pamer Cincin Perceraian dengan 2 Berlian

  • Kisah Suami Dulu Donorkan Ginjal ke Istri, Setelah Cerai Minta Dikembalikan

  • Kisah Viral Pria Menikah karena Ibu Ancam Bunuh Diri, Pernikahan Jadi Begini

  • Pria Diceraikan karena Malas Mandi, Perilakunya yang Jorok Ini Bikin Geram

  • Bisnis Unik, Tawarkan Jasa Menghancurkan Foto Nikah untuk Pasangan Bercerai

  • Mempersukar Perceraian atau Menghindari Penderitaan?

  • Banyaknya Pengunduh Putusan Cerai Ria Ricis-Teuku Ryan Bikin MA Tutup Link

  • KIP: Salinan Putusan Cerai Ria Ricis-Teuku Ryan Informasi Terbuka

  • Heboh Salinan Putusan Cerai Ria Ricis-Teuku Ryan Bocor Bikin MA Bersuara

  • MA Buka Suara soal Heboh Beredar Diduga Putusan Cerai Ria Ricis

  • Bukan Selingkuh, Ini Penyebab Nomor 1 Perceraian Menurut Studi

  • Laporan DKI: Jakbar Paling Banyak Perkawinan Sekaligus Angka Perceraian

  • Gaya Muzdalifah Saat Kulineran hingga Promosikan Tempat Makannya

Tautan Sahabat