cxhkir.com

Penyebab Jerawat di Leher dan Cara Cepat Mengatasinya

Penyebab jerawar di leher. Foto: Getty Images/Alona Siniehina

Jakarta -

Banyak orang mengalami jerawat di bagian depan atau belakang leher karena berbagai alasan. Yuk! Ketahui penyebab jerawat di leher dan cara cepat mengobatinya.

Jerawat adalah benjolan kecil, bengkak, dan keras yang muncul pada atau di bawah kulit dan dapat menimbulkan rasa sakit. Kebanyakan jerawat kecil di leher merespons dengan baik terhadap pengobatan rumahan dan obat-obatan yang dijual bebas. Jerawat di leher juga akan hilang dalam beberapa hari.

Orang dengan jerawat di leher yang parah, berlangsung lebih lama untuk masa penyembuhan. Biasanya terdiri dari beberapa minggu. Apabila pengobatan jerawat di leher tak kunjung sembuh, maka tindakannya harus berkonsultasi dengan dokter kulit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penyebab Jerawat di Leher

Jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat. Tidak jarang jerawat muncul di bagian leher, terutama di sekitar tengkuk.

Berbagai faktor dapat meningkatkan kemungkinan pori-pori tersumbat dan jerawat, termasuk tidak mencuci secara teratur atau menggaruk terlalu agresif. Hormon yang berfluktuasi, terutama pada masa pubertas dan menstruasi, serta sedang stres juga dapat menyebabkan jerawat.

Berikut adalah penyebeb jerawat di leher yang perlu diketahui:

1. Penggunaan Skincare

Mengoleskan riasan tebal atau losion, krim, atau tabir surya dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.
Tak hanya itu, menggunakan sampo, kondisioner, sabun mandi, atau sabun yang mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi, seperti pewangi, perasa, dan bahan kimia buatan yang dapat menghasilkan busa menjadi penyebab jerawat di leher.

2. Berhubungan dengan Rambut Kepala

Terlalu jarang mencuci rambut dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat khususnya di leher. Apabila rambut menyentuh atau bergesekan dengan leher, terutama rambut yang belum dicuci dapat mengandung minyak, kotoran yang dapat menyumbat pori-pori di sekitar leher. Ini bisa menyebabkan perkembangan jerawat, karena pori-pori tersumbat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan jerawat.

3. Pakaian

Pakaian atau alat olah raga yang menggesek atau memberi tekanan pada leher, seperti tali bra, kerah, atau helm bisa menjadi penyebab jerawat di leher. Bahan pakaian sintetis dan gatal yang bersentuhan dengan leher,
pakaian yang tidak dapat menyerap keringat, seperti poliester dan rayon juga menjadi pemicu timbulnya jerawat di leher.

4. Perhiasan

Penyebab jerawat di leher lainnya adalah kalung dan perhiasan lain yang mungkin bersentuhan dengan leher, terutama yang terbuat dari plastik, logam palsu, dan beberapa bahan nabati. Mengapa?

Kalung atau perhiasan yang sering bersentuhan dengan kulit leher dapat menyebabkan iritasi dan gesekan berlebihan. Hal ini dapat merusak lapisan pelindung kulit dan meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori di sekitar area tersebut. Selain itu, kotoran dan bakteri juga bisa menempel pada permukaan perhiasan dan ditransfer ke kulit, yang dapat menyebabkan perkembangan jerawat.

5. Tidak Mencuci Leher

Tidak mencuci leher dengan benar atau cukup sering, serta tidak membersihkan leher setelah berolahraga atau banyak berkeringat adalah penyebab umum timbulnya jerawat di leher. Tidak mencuci leher secara teratur dapat menyebabkan penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri di permukaan kulit. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu perkembangan jerawat. Selain itu, kotoran yang menumpuk juga dapat menyebabkan iritasi kulit, yang dapat meningkatkan risiko jerawat di area leher.

Cara Mengobati Jerawat di Leher...KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2
jerawat penyebab jerawat jerawat di leher penyebab jerawat di leher

Terkini Lainnya

  • Penyebab Jerawat di Leher

  • Cara Mengobati Jerawat di Leher...KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

  • Ketahui Ciri-ciri Jerawat Pustula, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

  • Apakah Bopeng Bisa Hilang dengan Skincare? Ini Perawatan Agar Bopeng Sirna

  • Jerawat di Dagu Disebabkan oleh Apa? Begini Kata Dokter

  • 5 Kesalahan Merawat Kulit yang Bikin Jerawat Tambah Parah

  • Muncul Jerawat di Atas Bibir? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Mengenal Macam-macam Jerawat dan Penyebabnya

  • Trik Rizkina Nazar Atasi Jerawat 'On-Off'

  • Tak Ingin Wajah Breakout saat Lebaran? Ini Saran Dokter Kulit

  • Klarifikasi Skincare Jerawat 'High-End' usai Tersandung Laporan Kanker

  • Dermatolog Ungkap Jenis Makanan yang Rentan Bikin Jerawatan, Wajib Dibatasi

  • Stres Mikirin Jerawat di Wajah? Sama, Wulan Guritno Juga Pernah

  • Bahaya yang Mengintai Jika Pencet Jerawat, Bisa Berujung Kematian

  • Dok, Gimana Cara Cepat 'Enyahkan' Bekas Jerawat yang Menghitam?

  • KuTips: 3 Saran Dokter Kulit untuk Obati Jerawat pada Remaja

Tautan Sahabat