cxhkir.com

7 Penyebab Jerawat di Leher, Fluktuasi Hormon hingga Jorok

Jerawat di Leher

Jakarta -

Jerawat dapat muncul di banyak bagian tubuh, termasuk leher. Apa yang menyebabkan jerawat muncul di leher? Di bawah ini ada penyebab jerawat di leher yang perlu diketahui

Jerawat merupakan kondisi kulit yang paling umum di dunia. Siapa saja bisa mengalami jerawat di wajah, juga bisa mengalami jerawat di badan, termasuk di area leher.

Jerawat di leher bisa datang dan pergi, tetapi beberapa orang mengalami jerawat kronis hingga dewasa. Kunjungi dokter kulit, dan mereka akan dapat mendiagnosis jenis jerawat tertentu sebelum memutuskan pengobatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa Penyebab Jerawat di Leher?

Mengetahui apa yang menyebabkan jerawat adalah langkah pertama untuk menemukan perawatan yang tepat. Beberapa faktor risiko bisa memicu munculnya jerawat di leher.

Jerawat terbentuk karena pori-pori di kulit menjadi tersumbat. Pori-pori minyak, yang dikenal sebagai folikel rambut, mengandung sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Sebaliknya, pori-pori keringat tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Pori-pori di bagian belakang leher menyebabkan masalah. Dengan cara yang hampir sama dengan bentuk jerawat wajah, jerawat leher terjadi karena pori-pori tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati, dan produksi sebum yang berlebihan. Begitu pori-pori tersumbat, infeksi bisa terjadi, itulah sebabnya jerawat menjadi merah dan meradang.

Berikut adalah beberapa penyebab jerawat di leher:

1. Jenis Kulit

Beberapa jenis kulit dapat menghasilkan lebih banyak sebum daripada yang lain. Orang dengan kulit berminyak secara alami lebih rentan berjerawat. Tidak ada cara untuk mengubah jenis kulit seseorang. Beberapa orang mungkin memerlukan intervensi medis jika mereka memiliki kulit yang sangat berminyak.

2. Produk Komedogenik

Definisi "comedogenic" pada dasarnya adalah penyumbatan pori. Tabir surya, riasan, dan topikal lainnya dapat menyumbat pori-pori. Setelah pori-pori tersumbat, minyak, keringat, dan sel kulit mati dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat.

3. Iritasi Kulit

Kulit yang teriritasi dan rusak juga dapat menyebabkan jerawat. Perawatan keras seperti exfoliant atau chemical peeling dapat meningkatkan risiko breakout. Produk yang mengandung alkohol dan bahan kimia pengering kulit lainnya dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

4. Jorok

Seseorang yang mengalami jerawat di leher mungkin penyebabnya adalah kebersihan yang buruk. Banyak orang mencuci muka, tetapi lalai mencuci leher. Mencuci wajah dan leher setiap pagi dan atau sore hari sangat penting untuk mempraktikkan perawatan kulit yang baik.

5. Fluktuasi Hormon

Hormon juga dapat berperan dalam perkembangan jerawat. Wanita sering melaporkan gejala jerawat yang memburuk pada hari-hari menjelang siklus bulanan mereka.

Secara total, 85% wanita dengan jerawat mengatakan gejala mereka memburuk selama periode ini. Fluktuasi hormon menjadi alasan mengapa remaja adalah kelompok dengan prevalensi tertinggi dari semua jenis jerawat.

6. Stres

Stres bukanlah penyebab langsung jerawat, tetapi dapat berperan sebagai faktor penyebabnya. Para ilmuwan percaya bahwa stres menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak melalui kelenjar sebasea.

Stres meningkatkan produksi kortisol, yang bertanggung jawab atas kelebihan produksi sebum. Diketahui bahwa stres menciptakan peradangan, yang dapat memperlambat proses penyembuhan dan menyebabkan jerawat bertahan lebih lama.

7. Pakaian dan Rambut Panjang

Penyebab jerawat di leher bisa dipengaruhi dengan kebiasaan beraktivitas seperti menggunakan produk yang mungkin menghalangi minyak di kulit, seperti pelembab, riasan, tabir surya, atau bahkan produk rambut. Selain itu
mengenakan pakaian atau peralatan yang menggosok leher, dan memiliki rambut panjang yang bergesekan dengan leher juga bisa memicu timbulnya jerawat di leher

Demikianlah penyebab jerawat di leher yang perlu diketahui. Perawatan kulit yang baik dan menjaga kebersihan dapat membantu mengurangi risiko jerawat di leher.

(eny/eny)
jerawat penyebab jerawat penyebab jerawat di leher

Terkini Lainnya

  • Apa Penyebab Jerawat di Leher?

  • 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Cegah Penuaan sampai Obati Jerawat

  • Kenapa Jerawat di Alis Sakit? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

  • Arti Jerawat di Pipi Kiri Ada yang Kangen, Mitos atau Fakta?

  • 7 Cara Menghindari Jerawat Agar Wajah Selalu Glowing dan Flawless

  • Penyebab Jerawat di Leher dan Cara Cepat Mengatasinya

  • Ketahui Ciri-ciri Jerawat Pustula, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

  • 10 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mudah Mengatasinya

  • Punya Kulit 'Acne Prone', Ini Cara Dilla Jaidi Cegah Jerawat Meski Sering Pakai Make-Up

  • Curhat Rizkina Nazar Pernah Jadi Pejuang Jerawat: Insecure Banget

  • Catat! Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat

  • Muncul Jerawat di Area Luar Miss V, Apa Penyebabnya Dok?

  • Memencet Jerawat Bisa Menimbulkan Rasa Puas, Kenapa Ya?

  • Trik Rizkina Nazar Atasi Jerawat 'On-Off'

  • Tak Ingin Wajah Breakout saat Lebaran? Ini Saran Dokter Kulit

Tautan Sahabat