cxhkir.com

51 Kata-kata Islami Aesthetic yang Menginspirasi dan Penuh Makna

Kata-kata Bijak Islami dari Al Quran

Jakarta -

Kata-kata Islami menjadi sumber inspirasi yang tak pernah surut. Al Qur'an dan hadits bukan hanya sekedar rangkaian huruf, tapi juga pemantik jiwa dan penuntun hidup bagi umat Islam.

Banyak pula kata-kata Islami yang dituturkan oleh sahabat Nabi dan ulama. Di dalamnya dapat menemukan kalimat yang menginspirasi untuk selalu dekat dengan Allah SWT.

Kata kata Islami Aesthetic

Banyak kata-kata Islami yang dapat dijadikan pegangan untuk hidup dan penyemangat di kala sedang dalam keadaan sulit. Mengutip laman Awaken The Greatness Within, My Islam, Muzz, Sekolah Darussalam, buku 2000 kata Mutiara oleh 200 Tokoh Dunia oleh Budi Santoso, dkk, dan sumber lainnya, berikut kata-kata Islami yang dapat menginspirasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. "Maka Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan." (Al Insyirah ayat 5)".
2. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui. (Al Baqarah ayat 216)
3. "Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, maka Dia akan memberinya jalan keluar dan rezeki baginya dari tempat yang tidak disangkanya. Dan siapa yang bersandar kepada Allah, maka cukuplah Allah baginya" (At Talaq ayat 2-3
4. Mereka (orang-orang kafir) membuat tipu daya dan Allah pun membalas tipu daya (mereka). Allah sebaik-baik pembalas tipu daya."(Ali Imran ayat 54)
5. "Ketika dunia memaksamu untuk bertekuk lutut, kamu berada dalam posisi yang tepat untuk berdoa." (Rumi)
6. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, baiklah ia berbicara kebaikan atau diam (Shahih Bukhari)
7. Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya. (HR. Tirmidzi)
8. Jadi, bersabarlah. Sungguh, janji Allah adalah kebenaran. Dan janganlah mereka mengganggu kamu yang tidak yakin (dalam iman). (Ar-Rum ayat 60)
9. Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah. (Buya Hamka)
10. "Bekerjalah untuk dunia seolah-olah kamu akan hidup selamanya dan bekerjalah untuk akhirat seolah-olah kamu akan mati besok." -Ali bin Abi Thalib
11. Kepada Allah (Tuhan) lah kamu sekalian kembali, dan Dialah yang akan memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan." (Al Maidah :105)
12. Sesungguhnya hanya milik Allah kerajaan langit dan bumi. Dia menghidupkan dan mematikan. Tidak ada pelindung dan penolong bagimu selain Allah. (At Taubah ayat 116)
13. Allah tidak membebani seseorang, kecuali menurut kesanggupannya (Al Baqarah ayat 286)
14. Janganlah berputus asa dari rahmat Allah (Az zumar ayat 53)
15. Orang yang paling kaya di antara orang kaya adalah orang yang tidak menjadi tawanan keserakahan." (Ali bin Abi Thalib)
16. Sesungguhnya Allah (Tuhan) tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." Ar ra'd 13:11
17. Sesungguhnya rahmat Allah itu dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (Al-Araf ayat 56)
18. "Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang." (Ali bin Abu Thalib.)
19. Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." (HR. Tirmidzi)
20. Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu." (Ali bin Abi Thalib)
21. "Jagalah sholatmu. Karena saat kamu kehilangan sholat, maka kamu akan kehilangan segalanya." (Umar bin Khattab)
22. "Cemas terhadap dunia adalah kegelapan bagi hati. Sementara cemas terhadap akhirat adalah cahaya bagi hati." (Utsman bin Affan)
23. "Di antara yang termasuk bagusnya keislaman seseorang adalah ia meninggalkan apa yang tak berguna (bermanfaat) baginya." (HR. Tirmidzi)
24. Kenakan rasa syukur seperti jubah, dan itu akan memberi makan setiap sudut hidupmu." (Rumi)
25. Janganlah kamu (merasa) lemah dan jangan (pula) bersedih hati, padahal kamu paling tinggi (derajatnya) jika kamu orang-orang mukmin.
26. Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak. (HR. Ahmad)
27. "Terkadang, orang dengan masa lalu paling kelam akan menciptakan masa depan yang paling cerah." (Umar bin Khattab)
28. "Orang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. Tapi orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan." (Ali bin Abi Thalib)
29. "Kecerdasan yang paling cerdas adalah takwa. Dan kebodohan yang paling bodoh adalah maksiat." (Abu bakar Ash-Shiddiq)
30. "Jangan pernah mengambil sebuah keputusan dalam keadaan marah. Dan jangan buat janji dalam keadaan gembira." (Ali bin Abi Thalib)
31. "Di antara para pendosa, yang paling buruk adalah dia yang meluangkan waktunya untuk membahas kesalahan orang lain." - (Utsman bin Affan)
32. Segala kekuasaan pada hari itu hanya milik Allah. Dia memberi keputusan di antara mereka. Orang-orang yang beriman dan beramal saleh berada di dalam surga-surga Na'im (yang penuh kenikmatan). (Al Hajj ayat 56)
33. Wahai orang-orang yang beriman! mintalah pertolongan dengan kesabaran dan doa, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al-Baqarah:153.)
34. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (Ali Imran ayat 119)
35. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka (jawablah), sesungguhnya Aku adalah dekat (Al Baqarah ayat 186)
36. Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya." (HR Thabrani)
37. Lebih baik kamu mengalah sedang kamu dikenang sebagai orang yang adil, daripada memilih menang dalam keadaan dikenang sebagai orang yang zalim. (Ali bin Abi Thalib)
38. Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia. (Ali bin Abi Thalib)
39. "Jadikan akhirat dihatimu, dunia ditanganmu dan kematian dipelupuk matamu" (Imam Syafi'i)
40. Orang yang tertinggal disebabkan kurang amalnya, takkan dapat menyusul dengan kemuliaan nasabnya.
41. Hai anak Adam, ingat dan waspadalah bila kau lihat Tuhanmu terus-menerus melimpahkan nikmat atas dirimu, sementara kau terus-menerus mengerjakan maksiat terhadap-Nya. (Ali bin Abi Thalib)
42. "Amalan yang paling berat diamalkan Ada 3 (tiga). 1. Dermawan saat yang dimiliki sedikit. 2. Menghindari maksiat saat sunyi tiada siapa-siapa. 3. Menyampaikan kata-kata yang benar dihadapan orang diharap atau ditakuti" (Imam Syafi'i)
43. "Jangan cintai orang yg tidak mencintai Allah, kalau Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu" (Imam Syafi'i)
44. "Doa disaat tahajud adalah umpama panah yang tepat mengenai sasaran" (Imam Syafi'i)
45. "Berapa banyak manusia yang masih hidup dalam kelalaian, sedangkan kain kafan sedang ditenun" (Imam Syafi'i)
46. Siapa saja berlebih-lebihan dalam berangan-angan (tentang ampunan Allah) dikhawatirkan akan banyak berburuk laku.(Ali bin Abi Thalib)
47. Jangan katakan pada Allah 'aku punya masalah besar', tetapi katakan pada masalah bahwa aku punya Allah Yang Maha besar'. (Ali bin Abi Thalib)
48. Tidak ada yang lebih menyakiti hati daripada dosa.(Ali bin Abi Thalib)
49. "Apabila engkau memiliki seorang sahabat yg membantumu dalam ketaatan kepada Allah, maka genggam eratlah ia, jangan engkau lepaskan. Karena mendapatkan seorang sahabat yang baik adalah perkara yang sulit, sedangkan melepaskannya adalah perkara yang mudah" (Imam Syafi'i).
50. Jangan gunakan ketajaman kata-katamu pada ibumu yang mengajarimu cara berbicara. (Ali bin Abi Thalib)
51. Jadilah manusia yang baik dalam pandangan Allah. Jadilah manusia yang buruk dalam pandangan sendiri. Jadilah manusia yang biasa dalam pandangan orang lain. (Ali bin Abi Thalib).

Itulah 51 kata kata Islami aesthetic dari Al Qur'an, hadits, hingga para ulama. Semoga quotes ini bisa menginspirasimu ya detikers.



Simak Video "Dokter Tegaskan Kematian Pasien Tak Terkait dengan Transplantasi Ginjal Babi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)
kata-kata motivasi islami

Terkini Lainnya

  • Kata kata Islami Aesthetic

  • 50 Kata-kata Kerja Keras, Motivasi agar Semangat

  • 50 Kata-kata Motivasi untuk Diri Sendiri saat Sedih, Inspiratif Bikin Semangat

  • 50 Kata-kata Penyemangat Bahasa Inggris, Bantu Jalani Hari Penuh Energi

  • 51 Motto Hidup Bahasa Inggris Tentang Kebaikan, Cinta, dan Keberanian

  • 75 Kata-kata Semangat untuk Meraih Kesuksesan hingga Kepercayaan Diri

  • 45 Kata-Kata Bijak Berkelas untuk Memotivasi Hidup

  • Kemendikbud: Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Harus Punya Kemauan Ingin Maju

  • Studi: Banyak Ide dan Keinginan, tapi Tak Dikerjakan? Yakin Aja Dulu

  • 40 Kata-kata Motivasi Hidup yang Ringkas, Tapi Penuh Makna

  • 20 Contoh Soal PTS PAI Kelas 9 SMP Semester 2, Belajar Sekaligus Hafalan Yuk!

  • Mengapa Beberapa Orang Sangat Senang dengan Kekacauan? Ternyata Berkaitan dengan Ini

  • 17 Kata-kata Motivasi Kuliah bagi Mahasiswa Baru, agar Semangat Belajar

  • 40 Kata-kata Motivasi MPLS untuk Bangkitkan Semangat Siswa Baru

  • 6 Penyebab Anak Malas Belajar dan Cara Atasi Menurut Psikolog

Tautan Sahabat