cxhkir.com

5 Cara Agar Jadi Wanita Berkembang & Menemukan Potensi Diri

Samanta Elsener, Putri Tanjung Samanta Elsener & Putri Tanjung Foto: Kiki Oktaviani/Detik
Jakarta -

Sebagai wanita, mengembangkan diri adalah perjalanan yang tidak pernah berhenti. Dari mengasah keterampilan baru hingga menggali potensi yang belum terungkap, ada banyak langkah yang dapat diambil untuk menjadi wanita yang berkembang secara pribadi dan profesional.

Dalam talkshow bertema 'Dorong Perempuan Indonesia untuk Berani Bersuara' bersama Wardah, psikolog Samanta Elsener juga membahas soal pengembangan diri perempuan. Ketika wanita bisa berkembang, maka mereka bisa berani speak up dan mengutarakan isu yang diresahkan.

Akan tetapi, biasanya wanita tidak berani untuk mengungkap aspirasi mereka. Samanta memberikan saran agar bisa menjadi wanita yang berkembang dan menemukan potensi diri sehingga berani mengungkap diri bahkan menjadi figur bagi orang luar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Mengenali Diri

Untuk proses pengembangan diri, mulailah dengan mengenali dirimu sendiri. Proses pengenalan diri dengan banyak bertanya terhadap diri sendiri.

"Untuk mengasah diri tanyakan sama diri sendiri apa yang belum pernah dilakukan," ungkap Samanta.

Dengan begitu, wanita dapat mengetahui kekuatan dan nilai-nilai yang bisa membentuk identitas diri.

2. Eksplor Hal Baru

Samanta juga mengingatkan agar wanita jangan menyerah di satu bidang. Mengeksplor pengetahuan baru bisa memberikan warna baru pada keseharianmu.

Ditambahkan oleh Putri Tanjung, pengusaha muda dan brand ambassador Wardah, menegaskan bahwa menjadi wanita perlu mengetahui kekuatannya.

"Super power itu harus dicari. Tapi juga tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain," tambah Putri.

3. Cari Motivasi

"Terkadang diri sendiri tidak cukup untuk memotivasi diri. Dengan mencari quotes bisa mengafirmasi diri menjadi lebih bersemangat untuk bisa mengembangkan diri," kata Samanta.

4. Bersyukur

Hargai perjalanan pengembangan diri dan semua pencapaian kecil. "Mengingat perjalanan yang sudah dilalui membuat kita tahu knowledge yang sudah didapat selama ini," ucap Samanta.

Bersyukur atas hal-hal baik dalam hidup juga bisa membantumu untuk tetap optimis dan termotivasi dalam mencapai impian dan tujuan.

5. Memperhatikan Penampilan

Hal yang tidak kalah penting dalam proses pengembangan diri adalah dengan memperhatikan penampilan. Dimulai dengan yang paling sederhana yakni makeup, makan wanita dengan percaya diri untuk berani mencoba hal baru.

"Gimana caranya untuk boost confidence, salah satunya dengan makeup. Dengan makeup atau lipstik warna yang kita suka, kita jadi percaya diri dan merasa bisa face the world. Untuk itu kita perlu punya our color kita tuh apa," saran Putri Tanjung.



Simak Video "Selamat dari Kecelakaan, Gordon Ramsay: Aku Merasa Beruntung"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)
cara mengembangkan diri pengembangan diri

Terkini Lainnya

  • 1. Mengenali Diri

  • 2. Eksplor Hal Baru

  • 3. Cari Motivasi

  • 4. Bersyukur

  • 5. Memperhatikan Penampilan

  • Temukan Langkah-Langkah Personal Branding yang Tepat di Sini!

  • Jadikan Diri Lebih Stand Out dengan Personal Branding, Daftar di Sini Gratis!

  • Pakar Ungkap Lima Cara Terbaik Mengasah Passion

  • Alumnus ITB Sebut 4 Konsep Hidup yang Bikin Salah Pilih Karier, Apa Saja?

  • Bimbingan Konseling: Pengertian, Tujuan, dan Asas

Tautan Sahabat