cxhkir.com

Kisah Penjual Mukena Raih Penghargaan Shopee Super Award Lewat Streaming

Shopee-Instagram Azella Collection

Jakarta -

Shopee memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku UMKM melalui Shopee Super Award 2023. Apresiasi tersebut diberikan kepada UMKM yang telah memberikan dampak positif melalui ekosistem e-commerce di Indonesia.

Salah satu pelaku UMKM yang mendapatkan penghargaan tersebut yakni Pemilik Azella Collections Triana Saptiaji (43). Triana mendapatkan penghargaan Shopee Super Awards 2023 untuk kategori Super Livestreamer UMKM karena bisnisnya tergolong berhasil menjual ribuan produk dalam satu hari lewat fitur live streaming.

Dalam kesempatan tersebut, Triana mengakui kehadiran teknologi digital memberikan kemudahan dirinya untuk menjalankan bisnis mukena. Apalagi, menjadi pengusaha konveksi tidaklah mudah kalau dijalankan secara offline.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, bisnis tersebut memiliki perputaran modalnya yang cukup lama karena banyak pelanggan yang membayar dalam tempo memakan waktu.

"Saya sudah pakai Shopee dari tahun 2015, tapi waktu itu cuma untuk belanja aja, dan waktu itu saya masih punya bisnis online konveksi. Istri saya bilang, zaman semakin canggih, semakin modern, jadi serba digital, jadi harus bisa melangkah ke depan," kata Triana dalam keterangannya, Senin (12/2/2024).

"Selain itu, sebagai UMKM kecil kita butuh yang bisa perputaran modalnya bisa cepat, dan akhirnya saya buka Azella Collections di Shopee. Alhamdulillah, bersyukur banget ambil keputusan itu," sambungnya.

Pria kelahiran Tasikmalaya ini mengatakan menjalankan bisnis konvensi tidak selalu menyenangkan. Sebab semua bisnis pasti pernah mengalami posisi di atas atau di bawah.

Shopee-Instagram Azella Collectionistimewa

Menurutnya, hal itu lah yang menuntut para pelaku usaha untuk terus melakukan inovasi agar bisnis yang dijalankan bisa terus tumbuh. Dia mencontohkan salah satu inovasi dan adaptasi yang dilakukan yakni dengan memanfaatkan layanan digital.

Memanfaatkan fitur layanan live streaming di Shopee, dia mencoba mengembangkan bisnisnya di era pandemi COVID-19. Menurutnya, adaptasi tersebut pun menghadirkan berkah tersendiri sebab Azella Collections mampu menjual hingga 1.500 produk, khususnya pada harbolnas yakni kampanye tanggal kembar.

"Namanya era digital, kita sebagai pelaku UMKM mau nggak mau harus belajar biar bisa berkembang. Akhirnya saya pelajari itu fitur-fitur di Shopee termasuk live streaming. Sehari bisa live sampai 7 sesi. Alhamdulillah bisa tembus ratusan juta dalam sehari waktu 12.12," ujarnya.

Berkat bisnisnya yang berkembang, Triana berhasil mewujudkan cita-citanya membuka lapangan pekerjaan bagi 100 orang pegawainya.

"Berusaha menuntaskan misinya untuk memberikan dampak positif pada daerahnya dengan mengurangi tingkat pengangguran di Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat," tutupnya.



Simak Video "Serba Serbu BRIlianpreneur Eps 2"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
umkm shopee live shopping

Terkini Lainnya

  • Kisah Pegawai Kantoran Kerja Sambilan Live Shopee, Hasilkan Ratusan Juta

  • Cerita 5 Ibu Sukses Rintis UMKM, Keluarga Tetap Jadi Prioritas

  • Sampah Jadi Cuan, Kisah Sukses UMKM Boneka Ondel-Ondel dari Botol Bekas

  • Kisah Guru Honorer Wujudkan Mimpi Lewat Shopee Affiliate Program

  • Kiat Sukses UMKM Camilan Sehat Menang Pengusaha Muda BRILian

  • Terungkap UMKM Indonesia yang Lebih Siap Ekspor, Fashion atau Kuliner?

  • Kisah Pelaku UMKM Bisa Kembangkan Bisnis Ternak Kambing Berkat KUR BRI

  • Kisah Afida Sukses Kembangkan Usaha Batik Berkat Pinjaman KUR BRI

  • Produsen Batik Pekalongan Bawa Usaha Rumahan Naik Kelas Berkat KUR BRI

  • Bank BRI Beri Dukungan UMKM Malang Manfaatkan Tanaman Rosella

  • Dukungan BRI Dorong UMKM Klaster Rosella di Malang agar Naik Kelas

  • BRI Terus Beri One Step Solution untuk UMKM

  • Terobosan Digitalisasi untuk UMKM hingga Pendidikan Indonesia

  • Pelaku UMKM Dilatih Fotografi Produk

Tautan Sahabat