cxhkir.com

Mooryati Soedibyo, Pionir Jamu dan Kosmetik Tradisional di Indonesia

adv mustika ratu

Jakarta -

Salah satu warisan berharga Indonesia yang hingga kini terus berkembang adalah jamu dan kosmetika tradisional. Di balik keberlanjutan ini, terdapat sosok wanita pejuang yang berpengaruh, yaitu B.R.A. Mooryati Soedibyo.

Sebagai seorang pionir dalam industri jamu dan kosmetik, Mooryati Soedibyo telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa, khususnya dalam pemberdayaan perempuan dan filantropi.

B.R.A. Mooryati Soedibyo lahir dari keluarga bangsawan di Surakarta 5 Januari 1928, Jawa Tengah, dan sejak muda sudah akrab dengan ramuan tradisional. Berbekal pengetahuan tersebut, ia mendirikan Mustika Ratu pada tahun 1978, yang kini menjadi salah satu perusahaan terkemuka di bidang jamu dan kosmetik di Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mooryati Soedibyo yang pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan DPP GP Jamu, ikut berperan dalam upaya kolektif untuk mempertahankan dan mempromosikan warisan jamu di tingkat nasional dan internasional. Sehingga pada tahun 2008 Mooryati Soedibyo mendapatkan Penghargaan Perempuan Indonesia dalam Rekor MURI sebagai Empu Jamu.

Prestasi Mooryati Soedibyo tidak hanya terletak pada kemampuan bisnisnya, tetapi juga pada visinya untuk mempromosikan warisan budaya Indonesia ke dunia internasional.

Upaya dan kontribusi dari berbagai pihak, baik dari kalangan budayawan maupun tokoh jamu, akhirnya membuahkan hasil ketika United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia atau UNESCO Intangible Cultural Heritage pada tanggal 6 Desember 2023. Mooryati Soedibyo sebagai empu jamu yang telah turut mendukung perkembangan jamu di Indonesia, ikut dalam mengangkat citra jamu dari sekedar ramuan tradisional menjadi produk kesehatan yang modern dan dapat diterima oleh berbagai kalangan.

Selain sukses dalam bisnis, Mooryati Soedibyo juga dikenal sebagai seorang yang konsisten memperhatikan peran perempuan dalam pemberdayaan ekonomi. Ia menyadari bahwa perempuan memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak ekonomi keluarga dan masyarakat.

Melalui berbagai program pelatihan dan pemberdayaan, Mustika Ratu memberikan kesempatan kepada perempuan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang kecantikan dan kesehatan.

Pemberdayaan perempuan ini tidak hanya meningkatkan taraf hidup mereka tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan. Mooryati Soedibyo percaya bahwa dengan memberdayakan perempuan, maka kesejahteraan keluarga dan komunitas pun akan meningkat.

Tidak hanya berfokus pada bisnis dan pemberdayaan perempuan, Mooryati Soedibyo juga dikenal sebagai seorang filantropis. Ia aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan mendirikan Yayasan Puteri Indonesia yang fokus pada pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat. Dedikasinya dalam membantu sesama menjadikan Mooryati Soedibyo sebagai teladan bagi banyak orang.

Seiring dengan perkembangan zaman, Mustika Ratu terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin dinamis. Mustika Ratu berperan aktif dalam menjadikan jamu sebagai budaya minuman sehari-hari, sehingga kita nantinya dapat mengenal istilah 'ngejamu'.

Sebagai bentuk nyata dalam membuat 'ngejamu' semakin kekinian, Mustika Ratu memiliki produk Jamu Ready To Drink (RTD), yang hadir dalam kemasan modern dan praktis. Terdapat tiga varian rasa populer yang bisa detikers nikmati, yaitu Gula Asam, Kunir Asam, dan Beras Kencur.

Salah satu varian yang paling digemari adalah Gula Asam (tamarin). Produk ini memiliki kandungan tamarin yang kaya akan manfaat kesehatan.

Tamarin dikenal mampu mengurangi lemak tubuh, menjadi sumber antioksidan, serta mengurangi risiko diabetes dan kolesterol.

adv mustika ratu

Foto: dok. Mustika Ratu

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam tamarin membantu memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit. Gula asam juga kaya akan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Dengan begitu banyak manfaat yang ditawarkan, kini detikers bisa menikmati jamu Gula Asam dalam kemasan praktis yang siap diminum (ready to drink). Produk ini sangat cocok untuk detikers yang memiliki aktivitas dan mobilitas tinggi namun tetap ingin menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang mudah dan enak. detikers dapat menemukan minuman Gula Asam Mustika Ratu di Alfamart terdekat.

adv mustika ratuFoto: dok. Mustika Ratu

Jamu Ready To Drink dari Mustika Ratu tidak hanya menawarkan varian Gula Asam, tetapi juga varian lainnya seperti Beras Kencur dan Kunir Asam. Setiap varian memiliki manfaat tersendiri dan dapat menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan detikers sehari-hari.

  • Beras kencur
  • Gula asam
  • Kunir asam

Dengan berbagai pilihan varian, detikers bisa menikmati manfaat jamu tradisional dalam bentuk yang lebih praktis dan modern.

Inovasi yang selalu dilakukan oleh Mustika Ratu adalah sebuah jawaban atas visinya untuk menjadikan 'ngejamu' semakin terkenal tidak hanya di skala nasional tetapi juga internasional. Dengan upaya tersebut, diharapkan jamu dapat dikenal dan dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia, memperkuat posisi Indonesia sebagai pelopor jamu dan kosmetik tradisional.

Mustika Ratu terus berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk berkualitas yang dapat mendukung gaya hidup sehat.

(Content Promotion/Mustika Ratu)
content promotion

Terkini Lainnya

  • Bangun Semangat Olahraga, Mansion Sports Box Hadir di Pluit Jakarta

  • PT GMK Kembali Raih Gelar Tempat Kerja Terbaik dari HR Asia Awards 2024

  • Jangan Diabaikan, Ini Bahaya Karies Gigi pada Anak-anak

  • Mansion Sports Box Buka Cabang Baru di Sunter

  • Rekomendasi Pembuat Lapangan Mini Soccer: Indo Mini Soccer

  • 9 Tips Rahasia Packing untuk Traveling agar Muat Banyak

  • Mansion Sports FC Kembali Gelar Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

  • Destinasi Liburan Sekolah di Ancol: Petualangan Seru untuk Keluarga

Tautan Sahabat