cxhkir.com

Viral Pernikahan Ramah Lingkungan, Cateringnya Tanpa Piring Diganti Besek

Acara pernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial.

Yogyakarta -

Konsep sustainable wedding bisa menjadi pilihan bagi kamu yang sedang merencanakan pernikahan. Seperti pasangan pengantin pegiat lingkungan ini yang mewujudkan wedding dream mereka.

Dengan menerapkan konsep sustainable wedding, pasangan pengantin bisa mengurangi sampah makanan, kemasan dan lainnya saat acara pernikahan berlangsung. Konsep tentang pernikahan ramah lingkungan ini mulai viral berawal dari postingan akun TikTok @ersyarwd.

"Nikahan sustainable dan terasik di tahun 2023, kayak event popup market! Sekali lagi congrats dan bahagia selamanya Mbak Bukhi & Mas Ikhsan Skuter 😍🤌👰🏻🤵🏻♂️," tulis akun TikTok @ersyarwd.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

@ersyarwd Nikahan sustainable dan terasik di tahun 2023, kayak event popup market! Sekali lagi congrats dan bahagia selamanya Mbak Bukhi & Mas Ikhsan Skuter 😍🤌👰🏻🤵🏻‍♂️ #sustainableweddings #pernikahanunik #nikahanviral #eventjogja ♬ Kau Rumahku - Raissa Anggiani

Dalam video yang berdurasi 42 detik itu terungkap pasangan yang menikah merupakan musisi asal Jawa Timur, Iksan Skuter. Pernikahannya digelar dengan dekorasi bunga rustic yang cantik.

Akun TikTok @ersyarwd menunjukkan makanan untuk tamu dalam pernikahan Iksan Skuter ini dihadirkan dalam wadah rotan, dibungkus dengan daun pisang sebagai kemasan lauk-pauk. Ada juga tempat pembuangan sampah sisa konsumsi yang terbuat dari rotan yang bisa dipilah, lengkap dengan penjelasannya. Tamu pernikahan yang hadir bisa memahami mana sampah masker, sarung tangan, plastik, kardus dan sampah organik lainnya.

Selain itu yang menambah kesan unik, ada kudapan jajanan pasar berupa ubi rebus, rebusan jagung rendah gula atau biasa disebut jagung ketan warna ungu dan putih dan aneka makanan rebusan lainnya.

Acara pernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial.Acara pernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @ersyarwd.

Tersedia juga minuman racikan dari aneka rimpang yang sehat. Tamu pernikahan kemudian bisa membawa pulang petai dan mangga yang dibungkus dengan tas rotan. Ada juga jenis kacang-kacangan yang bisa diambil oleh tamu undangan.

Bunga dari dekorasi pernikahan pun bisa dibawa pulang oleh tamu. Menyenangkannya bunga-bunga tersebut sudah dirangkai oleh salah satu petugas. Akun TikTok @ersyarwd juga menunjukkan kedua pengantin memberikan edukasi tentang konsep ramah lingkungan, seperti mengetahui jenis-jenis dan cara mengelola sampah.

Acara pernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial.Acara pernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial. Foto: Dok. pribadi Ersya Ruswandono.

Konsep sustainable wedding ini bukan hanya membuat tamu undangan yang hadir tapi juga netizen. Video pernikahan ramah lingkungan ini langsung viral dan sudah ditonton lebih dari 1,9 juta Views. Warganet ada yang penasaran dengan konsep tersebut dan menjadi terinspirasi.

"Sudah ku repost, biar semua orang tau kalo sustainable wedding itu ada. Dan semogaa aku bisa nerapin konsep wedding kaya gini jugaa🥰," kagum akun @kikiiiii.

"Sustainable wedding itu apa si?" tanya akun @fabiolla.

"Kerenn bgt nikahannya nerapin tema sustainable wedding," puji akun @tiwi ☆.

"Ketika semua di tempatkan dan di pergunakan sesuai fungsi nya, disitu lah kesadaran mulai terbentuk dan tertata✨," timpal akun @Don.

"Ini bagus banget konsep nikahan temennya. sesuka itu padahal ga kenal tp ngefans✨," puji akun @Yulita Futty Hapsari.


Konfirmasi

Acara pernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial.Foto pernikahan Bukhi Prima Putri dan Iksan Skuterpernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial. Foto: Dok. pribadi Ersya Ruswandono.

menghubungi Ersya Ruswandono yang mengunggah video viral pernikahan berkonsep sustainable atau berkelanjutan atau ramah lingkungan. Dia merupakan salah satu kerabat dari pengantin yang hadir. Ersya pun menceritakan kisah di balik video unggahannya.

"Pernikahan Bukhi Prima Putri dan Iksan Skuter yang mengangkat tema sustainable wedding, di mana para tamu undangan diberikan awareness terkait waste dari santapan mereka di acara resepsi tersebut dengan memilah sampah sesuai dengan kategorinya," ungkap Ersya kepada lewat pesan singkat.

Wanita yang berusia 29 tahun ini juga menjelaskan konsep pernikahan dan souvenir unik yang diberikan oleh kedua pengantin.

"Selain itu souvenir nikahan juga bukan berbentuk barang, namun bahan makanan mentah seperti kacang-kacangan dan sayuran. Hidangan dalam resepsi juga banyak menghadirkan makanan tradisional seperti ketela, rujak, nasi bungkus daun jati, mie ayam langganan pengantin yang didatangkan langsung segerobaknya dan tak lupa pula jenama-jenama lokal milik kawan pengantin pun turut dihadirkan," tutur Ersya panjang lebar.

Acara pernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial.Acara pernikahan yang menerapkan konsep sustainable wedding, viral di media sosial. Foto: Dok. TikTok @ersyarwd.

Ersya Ruswandono menuturkan pasangan pengantin bernama Bukhi Prima Putri dan Iksan Skuter. Keduanya menggelar pernikahan pada awal November 2023 di The Rattan, Yogyakarta. Ersya mengungkapkan dirinya terkesan ketika menghadiri acara pernikahan dengan konsep yang masih jarang diterapkan di Indonesia itu.

"Senang sekali (datang ke acara pernikahan itu), karena selain jadi acara pernikahan yang unik. Acara ini benar-benar mencerminkan kedua mempelai yang kebetulan sang mempelai perempuan, Bukhi Prima Putri memang seorang penggiat sustainable living. Jadi praktik yang ia lakukan keseharian diwujudkan pula dalam pesta pernikahannya yang ini pasti akan memberi dampak dan inspirasi ke banyak orang yang datang ke resepsi mau pun yang terpapar informasi dari adanya perhelatan ini," kata Ersya.

"Sehingga dalam mengadakan resepsi pernikahan yang penting bukan hanya glamournya saja. Namun hal tersebut memang membuat bahagia yang punya acara dan yang diundang gitu. Pernikahannya jadi berkat bagi seluruh makhluk dan bumi (karena memperhatikan dampak bagi lingkungan)" pungkas Ersya.

(gaf/eny)
sustainable wedding konsep pernikahan sustainable wedding ide pernikahan sustainable wedding viral yogyakarta konsep pernikahan ramah lingkungan ramah lingkungan

Terkini Lainnya

  • TikTok Viral Verificator


  • Konfirmasi Wolipop

  • Pernikahan Viral Bikin Ngakak, Tamu Dapat Souvenir Kasur Lipat 'Louis Vuitton'

  • Pernikahan Viral Digelar di Lapangan Senam Rasanya bak di Gedung Mewah

  • Viral Kisah Pasangan Mendadak Nikah, Niatnya Lamaran Malah Jadi Akad Nikah

  • Pasangan Ini Berniat Menikah Tanpa Busana Dihadiri 300 Tamu, Jadi Kontroversi

  • Pernikahan Viral di Jabar, Gadis Desa Dinikahi Pria Lebih Tua 40 Tahun

  • Jajal Jadi Bapak Rumah Tangga, Pria Ngaku Depresi Urus Anak & Rumah Sendiri

  • Menko PMK, Menhub dan Kapolri Hadiri Rakernis Fungsi Lalu Lintas 2024 di Yogya

  • 15 Wisata Gunungkidul Populer, Bisa Naik Gunung hingga Jelajah Pantai

  • Kegigihan Mbah Melan, Ngajar Matematika Lewat Live TikTok di Usia 78 Tahun

  • Candaan Palestina di Resto Cepat Saji Bikin 4 ABG Kena Teguran

  • Viral Pemotor Tendang Spion Mobil di Puncak saat One Way, Salah Siapa?

  • 4 ABG Candai Isu Palestina, Ketua Komisi VIII: Kenyataan Kualitas Gen-Z

  • Potret Rembug Warga Yogya

  • Permainan Tradisional Ini Jadi Warisan Budaya Takbenda DIY 2024

Tautan Sahabat