cxhkir.com

Eksplorasi Destinasi Wisata Sejarah dan Kuliner Tradisional di Solo

traveloka

Jakarta -

Solo atau Surakarta adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang dikenal dengan kekayaan sejarah dan budayanya. Di kota ini, para wisatawan bisa mengunjungi bangunan bersejarah, menyaksikan pertunjukan seni tradisional, hingga menikmati kuliner yang menggugah selera.

Sebagai destinasi liburan yang mudah dijangkau, Solo sangat layak untuk dijelajahi. Supaya biaya perjalanan dan akomodasi lebih murah, Anda bisa memanfaatkan promo liburan ke Solo dari Traveloka. Promo liburan ini berlaku untuk berbagai produk travel yang tersedia.

Destinasi Wisata Sejarah di Solo

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Salah satu objek wisata bersejarah di Solo adalah Keraton Kasunanan Surakarta. Bangunan lama ini didirikan oleh Pakubuwono I, seorang penguasa Dinasti Mataram, pada 1745. Salah satu hal yang memukau dari Keraton Kasunanan Surakarta adalah keindahan arsitekturnya yang khas. Mulai dari pintu gerbang yang megah hingga berbagai ornamen artistik di setiap sudut istana memberikan pengalaman wisata yang memikat.

2. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran adalah destinasi wisata sejarah yang bisa dikunjungi di Solo. Bangunan ini didirikan pada 1757 oleh Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa. Istana ini memiliki sejumlah koleksi benda bersejarah seperti keris, medali, perhiasan, dan lainnya. Selain mengunjungi museum, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berlatih tari tradisional, melihat gamelan, dan mengunjungi Perpustakaan Resto Pustoko.

3. Museum Radya Pustaka

Satu lagi tempat wisata sejarah di Solo adalah Museum Radya Pustaka. Museum yang terletak di Jalan Slamet Riyadi ini dinobatkan sebagai museum tertua di Indonesia. Sebelum menjadi museum, bangunan ini berfungsi sebagai kediaman warga negara Belanda bernama Johannes Busselaar.

Ada berbagai koleksi bersejarah seperti tulisan, sastra, patung, dan peninggalan lainnya yang bisa dilihat di sini. Pengunjung juga dapat menemukan informasi mengenai sejarah Jawa, perkembangan bahasa dan sastra Jawa, serta tradisi-tradisi keagamaan di Solo.

4. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg adalah bangunan bersejarah dari zaman penjajahan Belanda. Benteng ini berlokasi di Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Dibangun pada 1745, Benteng Vastenburg dulunya digunakan untuk mengawasi Keraton Kasunanan Surakarta.

Hal yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Benteng Vastenburg adalah keindahan arsitekturnya. Anda juga bisa belajar tentang sejarah masa lampau. Dengan status sebagai situs cagar budaya, Benteng Vastenburg layak dikunjungi saat berlibur ke Solo.

Kuliner Tradisional Solo yang Wajib Dicoba

1. Nasi Liwet

Nasi liwet atau sego liwet merupakan kuliner khas Solo berupa nasi gurih yang diolah dengan santan. Ciri khas nasi liwet Solo adalah diolah dengan bumbu yang gurih dan disajikan dengan kuah sayur labu siam. Lauk pendampingnya adalah suwiran ayam atau telur rebus. Uniknya lagi, nasi liwet dihidangkan menggunakan pincuk sehingga menawarkan sensasi kuliner yang berbeda.

2. Selat Solo

Kuliner khas lainnya yang wajib dicicipi saat berlibur ke Solo adalah selat Solo. Makanan ini merupakan perpaduan antara bistik daging dan salad. Isi pelengkap selat Solo antara lain telur rebus, buncis, dan wortel rebus. Ada pula selada yang disajikan dengan saus mustard. Sebagai tambahan yang mengandung karbohidrat, selat Solo juga dilengkapi kentang goreng.

3. Serabi

Serabi adalah jajanan tradisional yang berasal dari Solo. Serabi terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan gula. Serabi Solo biasanya dimasak dengan cara tradisional yaitu menggunakan wajan kecil dan tungku arang. Rasa serabi cenderung manis dan gurih. Teksturnya kenyal dan lembut sehingga mudah disantap.

4. Sate Kere

Sate kere adalah kuliner khas dari Solo yang terbuat dari tempe gembus. Makanan ini cukup populer di kalangan warga lokal dan menjadi salah satu favorit yang dicari oleh wisatawan. Meski awalnya makanan ini identik sebagai hidangan orang miskin karena terbuat dari sisa makanan, sate kere memiliki rasa yang enak. Saat berkunjung ke Solo, jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini.

Ternyata, Solo memiliki banyak tempat wisata bersejarah yang menarik untuk dinikmati. Keberadaan bangunan kuno dengan arsitektur yang estetik tersebut akan menciptakan pengalaman liburan berkesan. Jangan lupa untuk berwisata kuliner setelah puas menyusuri setiap sudut kota Solo.

Untuk berbagai kebutuhan dan rencana Liburan ke Dalam Negeri, Anda bisa memanfaatkan Traveloka. Nikmati promo hingga Rp 2 juta untuk membeli tiket pesawat, memesan kamar hotel, atau membayar tiket masuk Xperience di tempat tujuan. #Don'tWorryNoRugi, Anda juga dapat menikmati fitur fleksibilitas untuk berbagai produk travel hanya dengan menggunakan Traveloka App.

(Content Promotion/Traveloka)
content promotion

Terkini Lainnya

  • Menyusuri Keindahan Turki, 5 Destinasi Ini Wajib untuk Dikunjungi

  • Rekomendasi 7 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Setelah Libur Lebaran

  • Rayakan Imlek Seru dengan Kuliner Eksklusif di Vasa Hotel Surabaya

  • Vasa Hotel Surabaya Raih Penghargaan Leading Star-5 Lifestyle Hotel

  • Keisya Levronka Bakal Meriahkan Tahun Baru di Vasa Hotel Surabaya

  • 8 Tempat Wisata Terbaru di Bandung yang Patut Dikunjungi

  • datalabs.id Raih Penghargaan Google Cloud Partner of the Year 2024

  • Lewat Aplikasi Supernata, Mengisi Sudut Rumah Jadi Mudah!

  • Mau Kuliah di Australia-New Zealand? Kunjungi ANZ Education Fair 2024

  • Mengenal Rangkaian Perawatan Kulit untuk Cegah Penuaan Dini

  • HOPE Hadirkan 3 Jenis Dump Truck untuk Permudah Proyek Pembangunan

  • Hidangan Ayam Khas Asia & Minuman Spesial di Archipelago International

  • Jelang Akhir Tahun, Promo Liburan Gaet Wisatawan

  • Aksi Tanam 40.000 Bibit Bakau di Hutan Mangrove Bali

Tautan Sahabat