cxhkir.com

Penelitian Ungkap Orang Merasa Bahagia Saat Punya Uang Segini

A posh young woman reclining on a deck chair with her hands behind her head

Jakarta -

Pertanyaan abadi mengenai apakah uang bisa membuat bahagia masih jadi perdebatan. Sebagian orang merasa bahwa kekayaan pasti berpengaruh pada hidup kualitas seseorang. Tapi banyak pula yang menyangkal dan mengatakan harta tidak bisa membeli kebahagiaan sesungguhnya. Sebuah penelitian mencoba menjawabnya.

Sebuah riset yang dilakukan Universitas Princeton mengungkap hubungan antara uang dan kebahagiaan. Penelitian itu membuktikan bahwa uang memang bisa menambah kesenangan dalam hidup, terutama ketika kamu naik gaji. Lalu studi itu dilanjutkan oleh Universitas Pennsylvania yang kemudian mengungkap berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk seseorang benar-benar merasa 'happy'.

Kedua universitas berkolaborasi lebih lanjut untuk mengetahui korelasi uang dan kepuasan hati. Berdasarkan riset, hubungan keduanya bisa jadi lebih kompleks. Tapi berdasarkan studi, umumnya setiap orang akan merasa senang punya banyak uang sampai akhirnya merasa menemukan kesedihan dalam kondisi berkecupan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sederhananya, studi ini menunjukkan bahwa bagi kebanyakan orang, pendapatan yang lebih besar dikaitkan dengan kebahagiaan yang lebih besar," kata Matthew Killingsworth, peneliti senior di Penn's Wharton School dan penulis utama makalah.

"Pengecualiannya adalah orang-orang yang sudah berkecukupan secara finansial kemudian merasa tidak bahagia. Misalnya, jika kamu sudah kaya lalu merasa sedih, uang yang lebih banyak tidak akan membantu (kamu jadi bahagia). Tapi bagi kebanyakan orang lain, lebih banyak uang dikaitkan dengan kebahagiaan yang lebih tinggi pada tingkat yang berbeda-beda," jelasnya.

Dalam studi, ada dua kelompok partisipan yakni yang bahagia dan yang kurang bahagia. Kebanyakan orang yang kurang bahagia merasa mereka bisa lebih senang jika pendapatannya naik menjadi $ 100.000 atau (Rp 1,6 miliaran) tapi setelah itu terwujud tidak ada peningkatan kebahagiaan lagi meski uang mereka semakin bertambah. Bisa dikatakan seseorang bisa menjadi bahagia ketika punya paling tidak Rp 1,6 miliar sebelum akhirnya mencapai titik tertinggi kebahagiaan.

Meski begitu, penulis menekankan bahwa uang tidak selalu berkolerasi dengan kebahagiaan dan kesehatan mental. "Uang hanyalah salah satu dari sekian banyak faktor penentu kebahagiaan. Uang bukanlah kunci dari kebahagiaan, tapi mungkin bisa sedikit membantu," kata Matthew.

(ami/ami)
kebahagiaan tips bahagia

Terkini Lainnya

  • Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bisa Memicu Kebahagiaan

  • Kebahagiaan Mendorong Inisiatif Kewirausahaan

  • Menurut Penelitian, Kebahagiaan Bisa Dipelajari & Perlu Terus Dilatih

  • Daftar 10 Negara Paling Bahagia Terbaru 2024, Apakah Finlandia Nomor Satu?

  • Hari Kebahagiaan Internasional Dirayakan, Begini Tips Hidup yang Lebih Bermakna

  • Tiga Tips Bahagia ala Stoa

  • Berbagai Kebahagiaan bersama Penghuni Panti Berkebutuhan Khusus

  • Momentum Berbagi AP II dengan Warga Sekitar

Tautan Sahabat