cxhkir.com

Viral Tren Cairan Infus Dijadikan Toner Atasi Jerawat, Begini Kata Dokter

Tren Kecantikan Foto: TikTok
Jakarta -

Belakangan di media sosial muncul tren kecantikan baru, yaitu menggunakan cairan infus sebagai toner wajah. Beberapa penggunanya mengklaim jika cairan tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi lebih glowing serta menghilangkan iritasi maupun jerawat.

Dalam beberapa video yang diunggah oleh orang-orang yang turut mengikuti tren tersebut, terlihat cairan infus dituangkan ke tangan dan langsung ditepuk-tepuk ke bagian wajah, seperti layaknya menggunakan toner. Ada juga yang mengaplikasikannya dengan menggunakan kapas atau dikompres ke seluruh bagian wajah.

Menanggapi tren kecantikan yang tengah viral tersebut, beberapa dokter sudah turut buka suara memberikan penjelasan. Salah satunya dokter estetika, Kamila Jaidi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam unggahan di akun TikTok pribadinya, dokter Kamila sebelumnya memperlihatkan video singkat dari salah satu tenaga kesehatan yang ikut mempopulerkan tren kecantikan tersebut. Nakes di video tersebut tampak asik berjoget sambil memegang sebuah cairan infus.

"Sebenarnya sudah banyak banget dokter yang stitch. Tapi saya gemas sama mbaknya, gemas, karena mbanya itu adalah nakes tapi bikin video yang membingungkan," terang dokter Kamila.

Menurut sang dokter, video yang dibuat oleh nakes (tenaga kesehatan) tersebut membingungkan karena tidak menjelaskan dan bisa membuat orang yang melihat menjadi salah persepsi. Lebih lanjut dokter Kamila pun menjelaskan mengenai video nakes tersebut dan tren viral penggunaan cairan infus untuk toner wajah.

"Oke jadi yang pertama cairan yang dipegang itu adalah Ringer Laktat (RL) dan itu cairan tidak untuk umum membersihkan jerawat, kemudian membersihkan luka, itu tidak umum karena dia PH nya tidak mendekati kulit," jelas sang dokter.

@kamilajaidi Cairan Infus bisa buat ngobatin jerawat??? Ga bisa dong! #dokterkecantikan #dokterkamila_skincare #reviewdokterkamila #jerawat #atasinjerawat #serunyabelajar #belajarskincare #skincaretips #tipsbuatkamu ♬ original sound - dr.Kamila Jaidi - dr Kamila Jaidi, MARS, AAAM

Jadi Apakah Boleh Menggunakan Cairan Infus Sebagai Toner?

Menurut dokter Kamila, jika ingin menjadikan cairan infus sebagai toner wajah, maka sebaiknya pilih cairan NaCl. Cairan tersebut memang biasa digunakan untuk membersihkan luka.

"Yang lebih sering digunakan ialah cairan NaCl. Tapi masa iya mau bersihin jerawat pakai cairan NaCl? Mahal! Kalau memang kulit kamu sensitif, kamu bisa ganti cuci mukanya pakai air mineral, tapi pun bukan ngobatin," terang dokter Kamila.

Dalam video berbeda dokter Kamila menyarankan mencuci muka menggunakan air mineral atau memakai toner dari NaCl jika wajah sedang rewel atau sensitif. Hal itu dikarenakan cairan NaCl sama seperti cairan salin yang ada di dalam tubuh.

"Inget ya NaCl bukan RL. Itu bisa banget solusi kalau muka kamu sedang rewel atau sensitif. Itu salah satu yang sering aku rekomendasikan kepada pasien-pasien kalau kondisi airnya itu lagi jelek dan kulitnya lagi sensitif. Karena kalau memang kulitnya lagi sensitif, kadang toner-toner itu, apalagi toner eksfo itu kandungannya cukup keras. Bisa menggunakan cairan NaCl yang dimana sama dengan cairan salin yang ada di tubuh kita," jelas sang dokter.

Dokter Kamila juga mengungkapkan jika cairan NaCl itu bisa dikompres ke bagian kulit agar PH kulit kembali netral. Tak perlu khawatir, karena caairan NaCl tersebut aman dan tak akan merusak skin barrier kulit.



Simak Video "Guru yang Viral Karena Gaya Busana Unik di Kelas Jadi Kesayangan Siswa"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)
viral tren kecantikan cairan infus

Terkini Lainnya

  • Jadi Apakah Boleh Menggunakan Cairan Infus Sebagai Toner?

  • Viral Wanita Terkena Herpes Akibat Tester Lipstik dan Peralatan Makeup

  • 5 Bahan Skincare Aneh Viral, Toner dari Cairan Infus Hingga Urine untuk Jerawat

  • Viral Cushion Core di Tiktok, saat Review Cushion Bikin Mangap

  • Viral Dihujat, Influencer Bikin Konten Skincare Routine di Toilet Pesawat

  • Viral Gen Z Pakai Pelembap Payudara Sapi Sebagai Krim Malam, Apa Fungsinya?

  • Viral Before After Makeup Pengantin, Trasnformasinya Bikin Kaget, Tuai Kritik

  • Nekat Berfoto di Tengah JJLS Gunungkidul, Rombongan Nyaris Ditabrak Motor

  • Viral Pemotor Dipalak Saat Macet Puncak, Ternyata Video Settingan

  • Anggotanya Tendang Mobil Warga, Ketua Pemuda Pancasila Jateng Bilang Begini

  • Pengamat Pendidikan soal Viral Dosen Dorong Mahasiswa Gegara Jas Almamater

  • Bukan Ketua, Pria Arogan Tendang Mobil Warga Cuma Anggota PP Biasa

  • Pria Bikin Hoaks soal Pemalakan Saat Macet di Puncak Minta Maaf, Ngaku Iseng

  • Gaya Seru Rey Utami, Seleb Terkaya di Indonesia Saat Jajan Kaki Lima

  • Potret Pria Nekat Modifikasi Tubuh agar Mirip Alien, Transformasinya Bikin Melongo

Tautan Sahabat