cxhkir.com

Tips Sebelum Melakukan Filler, Ini Cara Pilih Filler yang Aman

Ilustrasi Filler

Jakarta -

Filler berfungsi untuk mengembalikan dan menambah volume di wajah, mengurangi kerutan, serta memberikan hasil yang lebih muda dan segar. Hasilnya yang instan membuat filler menjadi metode populer di dunia kecantikan, meski begitu ada yang perlu diketahui pasien sebelum melakukan filler.

1. Hindari Ekspektasi Berlebihan

Pakar kecantikan dr. Lanny Juniarti, Dipl.AAAM menjelaskan bahwa filler bukan untuk mengubah wajah sehingga penting untuk tidak memiliki ekspektasi berlebihan. Lakukan filler di bagian yang memang dibutuhkan.

"Nggak perlu berharap hasil yang too much dan berbeda dari dirimu. Filler lebih ke correction bukan mengubah," tegas dr. Lanny Juniarti, Dipl.AAAM dalam acara Embracing Diverse Beauty with The Versatility of HA Filler di kawasan Pakubuwono, Jakarta, Senin (10/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

dr. Lanny pun berharap bahwa setiap dokter kecantikan dapat mengedukasi pasien untuk memberikan dukungan psikologi bahwa pasien memiliki kecantikannya masing-masing tanpa perlu menjadi orang lain.

"Sebagai profesional sebaiknya mengedukasi pasien bahwa filler tidak akan mengubah dirimu, kita hanya memperbaiki fitur wajah yang ingin lebih ditonjolkan atau bentuknya yang asimetris. Kami akan meningkatkan kecantikan pasien," jelas dr. Lanny.

Ilustrasi FillerIlustrasi Filler Foto: iStock

2. Pilih Dokter Profesional

Filler harus dilakukan oleh dokter profesional dan di klinik yang ternama. dr. Kristian Sanjaya, S.H.,M.Biomed menjelaskan bahwa dokter yang menangani pasien harus tahu betul struktur wajah pasiennya.

"Dokter tidak bisa asal suntik, harus tahu anatomi," ungkap dr. Kristian.

Dokter asal Solo itu memiliki teknik filler khusus yang hasilnya lebih 'smooth'. "Saya menyuntikkannya bukan langsung di area yang ingin di-filler. Saya suntik di area yang support area yang ingin ditujukan untuk hasil yang lebih optimal," terang dr. Kris.

3. Pilih Produk Filler yang Aman

Salah satu kandungan filler yang aman dan sering direkomendasikan oleh dokter ahli kecantikan adalah hyaluronic acid. Hyaluronic acid adalah bahan alami yang sudah ada di dalam tubuh manusia, sehingga risiko alergi dan reaksi negatif sangat minim. Selain itu, hyaluronic acid juga dapat memberikan hasil yang natural.

Namun, perlu diwaspadai adanya klinik kecantikan 'nakal' yang mengatasnamakan filler hyaluronic acid namun sebenarnya mengandung silikon. Silikon adalah bahan yang tidak aman jika disuntikkan ke dalam wajah, karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti peradangan, infeksi, bahkan kerusakan permanen pada jaringan kulit.

"Yang berbahaya bentuknya silikon cair. Ketika bentuknya liquid, itu bisa jadi kemana-mana yang berisiko infeksi. Silikon sudah dipastikan tidak boleh disuntikkan di wajah, tapi masih sering dilakukan karena harganya yang murah," ungkap dr. Kardiana Dewi, Sp.DVE., FINSDV.

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, dr. Kris pastikan untuk selalu memilih klinik kecantikan yang terpercaya dan menggunakan produk filler yang telah terdaftar dan disetujui oleh BPOM. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli kecantikan berpengalaman sebelum melakukan prosedur filler, agar dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan aman untuk digunakan.

"Nggak hanya dokternya yang bagus,tapi juga jenis filler yang harus diketahui oleh dokter. Karena jenis filler berbeda yang disesuaikan kebutuhan. Pastikan bersertifikasi BPOM," jelas dr. Kris.



Simak Video " Cara Padu Padankan Outfit dengan Scarf Bermotif"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)
filler prosedur filler tips filler

Terkini Lainnya

  • 1. Hindari Ekspektasi Berlebihan

  • 2. Pilih Dokter Profesional

  • 3. Pilih Produk Filler yang Aman

  • Betrand Peto Filler Dagu Demi Tampil Lebih Maskulin, Begini Hasilnya

  • Maraknya Suntik Filler di Kalangan Gen Z, Ini Kata Pakar Kecantikan

  • Kisah Elma Theana yang Sempat Trauma Filler, Kini Lebih Bijak Pilih Dokter

  • Luapan Kekesalan Model Chrissy Teigen Dituding Suntik Filler oleh Nakes

  • Adele Dituding Suntik Filler di Bibir, Beri Jawaban Menohok dengan Humor

  • Model Legendaris Ini Kapok Suntik Filler, Wajah Jadi Mirip Ikan Buntal

  • Betrand Peto Jalani Filler Dagu Biar Lebih Maskulin, Bagaimana Prosesnya?

  • Temuan Baru Pakar Harvard, Rahasia Awet Muda Tanpa Oplas! Ternyata Sesimpel Ini

  • Ladies Catat! Perbesar Payudara dengan Filler Tak Aman, Begini Bahayanya

  • Kok Bisa Suntik Filler Payudara Picu Kematian? Begini Kata Dokter

  • Pakar Harvard 'Spill' Resep Wajah Awet Muda Tanpa Filler-Botox

  • Suntik Botox VS Filler, Mending Mana untuk Atasi Kerutan di Wajah?

  • Potret Bibir Wanita Hampir 'Meletus' Gara-gara Suntik Filler

  • Potret Wajah Wanita Jadi Kotak Usai Suntik Filler, Mengerikan!

Tautan Sahabat