cxhkir.com

Primer atau Sunscreen Dulu? Ini Urutan yang Benar Sebelum Make-Up

A happy beautiful woman applying moisturizing cream on face, skin care and treatment concept

Jakarta -

Urutan penggunaan skincare dan make-up terkadang kerap membuat bingung. Contohnya saja, produk sunscreen dan primer.

Sebagian orang masih ada yang bertanya-tanya, primer atau sunscreen dulu yang perlu diaplikasikan sebelum make-up? Yuk, simak jawabannya di sini!

Apa Itu Primer?

Sebelum menjawab pertanyaan mengenai urutan pemakaian skincare, apakah primer atau suncreen dulu, mari kenalan terlebih dulu dengan apa itu primer.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir laman Byrdie, primer ditujukan untuk membuat penghalang antara produk make-up dan kulit wajah. Penggunaan primer menjadikan kulit lebih mudah untuk diaplikasikan make-up lainnya.

Dengan primer, permukaan wajah yang halus dapat tercipta, kulit berminyak teratasi, serta pori-pori jadi tidak terlihat. Sehingga hasil riasan akan bagus dan tahan lama karena primer bantu menjaga make-up untuk tetap di tempatnya.

Bisa dibilang, primer merupakan base make-up. Pemakaiannya diaplikasikan sebelum produk riasan lain. Terkait apakah primer benar-benar diperlukan untuk make-up, itu tergantung.

Bila akan menghadiri acara khusus seperti pernikahan yang dapat buat menangis, primer bisa bantu jaga make-up tetap stay, tidak luntur, maupun geser.

Produk ini juga bagus untuk orang yang kulit wajahnya bertekstur, kemerahan, berminyak, dan pori-pori besar. Lantaran primer dapat bantu riasan bertahan dan penyempurna tampilan.

Apa Itu Sunscreen?

Adapun sunscreen atau tabir surya digunakan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Sinar matahari terdiri dari berbagai jenis sinar, salah satunya sinar ultraviolet (UV). Sinar UV terbagi dua jenis; UVA dan UVB.

UVA dapat merusak sel kulit sehingga bisa menyebabkan penuaan dini dan berisiko terkena kanker kulit. Sementara UVB dapat mengakibatkan kulit terbakar. Dengan sunscreen berspektrum luas, kulit bisa terlindungi dari efek-efek berbahaya sinar UV.

Dalam melindungi kulit, bahan aktif dalam tabir surya bekerja dengan menyerap radiasi ultraviolet (UV) sinar matahari dan mencegahnya sampai ke lapisan kulit dalam, atau memantulkannya dari kulit.

Tabir surya yang bersifat menyerap mengandung bahan kimia seperti avobenzone dan homosalate. Ini biasanya disebut sunscreen chemical dan tidak menimbulkan whitecast saat diaplikasikan.

Sedangkan tabir surya yang bersifat memantulkan mengandung bahan mineral seperti zinc oxide atau titanium oxide. Ketika dioleskan ke wajah, jenis tabir surya yang disebut sunscreen physical atau sunscreen mineral ini dapat meninggalkan whitecast.

Jadi, Primer atau Sunscreen Dulu?

Mengutip The Pink Foundry, sunscreen digunakan sebelum primer. Tabir surya sangat penting diaplikasikan sebelum make-up termasuk memakai primer. Sunscreen menjadi urutan terakhir skincare sebelum lanjut ke make-up.

Primer yang digunakan sebelum sunscreen dapat membuat penghalang antara kulit dan tabir surya sehingga mampu mengurangi perlindungan kulit yang diterima.

Dokter spesialis kulit di Cleveland Clinic, Amy Kassouf, MD, menegaskan bahwa sunscreen digunakan sebelum make-up.

Tabir surya paling baik diaplikasikan setelah mencuci muka dan melembapkan wajah karena dapat bekerja maksimal jika dipakai langsung pada kulit yang sudah bersih.

Tunggu beberapa menit setelah diaplikasikan sampai sunscreen kering dan meresap ke dalam kulit. Barulah primer sebagai base riasan atau produk make-up lain boleh digunakan sesudahnya.

Hindari juga menggunakan primer terlalu cepat bahkan sebelum tabir surya kering, lantaran dapat merusak lapisan sunscreen sehingga perlindungannya terhadap kulit tidak optimal.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai primer dulu atau sunscreen dulu sebelum menggunakan make-up. Jadi, jangan bingung lagi ya WoliFriends!



Simak Video "Sunscreen Bikin Jerawat Lebih Parah, Dokter Kulit: Itu Mitos!"
[Gambas:Video 20detik]
(azn/inf)
skin care sunscreen primer makeup

Terkini Lainnya

  • Apa Itu Primer?

  • Apa Itu Sunscreen?

  • Jadi, Primer atau Sunscreen Dulu?

  • Wardah Rilis Sunscreen Khusus untuk Kulit Berjerawat

  • Pengertian Chemical Sunscreen: Kandungan, Kelebihan, Apakah Aman?

  • 7 Manfaat Niacinamide untuk Kulit dan Efek Sampingnya

  • Sejak Umur Berapa Sunscreen Bisa Dipakai untuk Anak? Begini Kata Dokter

  • Cara Reapply Sunscreen yang Tepat Menurut Pakar

  • Dark Spot Adalah Bercak Gelap pada Kulit, Begini Cara Menghilangkannya!

  • Tips Kulit Wajah Tetap Sehat dan Glowing Meski Dihantam Suhu Panas

  • Sunscreen Bikin Jerawat Lebih Parah, Dokter Kulit: Itu Mitos!

  • Kenali Ciri Kosmetik Abal-abal, Bisa Sefatal Ini Efeknya Jika Nekat Dipakai

  • Sunscreen Disebut Memperparah Kulit Berjerawat, Dokter Ungkap Faktanya

  • Wardah Luncurkan Sunscreen UV Shield Terbaru untuk Kulit Berjerawat

  • Lebaran di Tengah Cuaca Terik? Cukup Rendang yang Gosong, Kulit Jangan

  • 5 April Hari Perawatan Diri Nasional, Kenali Sejarah dan Manfaatnya

  • Banjir Diskon di Pesta Pecinta Kecantikan

Tautan Sahabat