cxhkir.com

5 Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak pada Kulit, Uji Produk di Siku

Ilustrasi skincare

Jakarta -

Banyak produk perawatan kulit yang tersedia seperti pembersih, pelembab, hingga serum, mungkin sulit untuk mengetahui produk mana yang bekerja dengan baik pada kulit. Tak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa cara mengetahui skincare cocok atau tidak pada kulit.

Memahami jenis kulit dapat membantu memilih produk yang diformulasikan untuk kulit kamu. Tapi, masih ada kemungkinan bahwa skincare yang kamu aplikasikan di wajah dapat mengiritasi kulitmu.

Terkadang, bahan perawatan kulit dapat memicu kondisi yang disebut dermatitis kontak alergi, yang dapat menyebabkan kulit menjadi merah, gatal, dan bengkak. Hal ini terjadi kemungkinan karena bahan skincare yang mengandung pengawet, atau kulitmu tidak cocok dengan skincare tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut adalah cara mengenal skincare cocok atau tidak pada kulit:

1. Uji Produk Skincare

Menguji produk perawatan kulit pada beberapa area kecil di kulit kamu terlebih dahulu dapat membantu memprediksi apakah kamu akan mengalami reaksi negatif pada kulit. Untuk menguji suatu produk skincare cocok atau tidak pada kulit, dokter kulit merekomendasikan tips seperti oleskan produk ke bagian bawah lengan atau lekukan siku dua kali sehari selama tujuh hingga 10 hari.

Jika setelah tujuh hingga 10 hari kamu tidak mengalami reaksi kulit, seperti kulit merah, gatal, atau bengkak, silakan gunakan produk skincare tersebut. Perlu diingat bahwa beberapa bahan, seperti retinol dan asam glikolat, dapat mengiritasi kulit, terutama jika kulit kamu sensitif. Ini normal dan bersifat sementara.

Jika kamu mengalami reaksi pada kulit, segera cuci produk dengan lembut, dan jangan gunakan lagi. Oleskan kompres dingin atau petroleum jelly untuk melegakan kulitmu, jika diperlukan. Jika reaksi kamu terhadap suatu produk parah dan tidak hilang dengan kompres dingin atau petroleum jelly, kamu mungkin perlu menemui dokter kulit untuk membantu mengatasi gejala.

2. Kulit Terhidrasi, Bukan Berminyak

Cara mengetahui skincare cocok atau tidak pada kulit, tandanya kulitmu terhidrasi, tapi tidak berminyak. Hidrasi sangat penting untuk kemampuan kulit mengatur dirinya sendiri. Produksi minyak yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya jerawat, begitu juga dengan kekeringan.

Jika kulit kamu terlihat terhidrasi dan cerah, kulitmu merespons dengan baik dengan produk yang kamu aplikasikan. Sifat berminyak akan terasa seperti lapisan kotoran di wajah yang dapat mengiritasi kulit, sedangkan hidrasi hanya akan terasa seperti kulit tidak terkelupas atau gatal.

3. Kulit Tidak Gatal atau Iritasi

Kulit adalah organ terbesar di tubuh, jadi ini mencerminkan reaksi tubuh yang buruk terhadap suatu alergi, termasuk terhadap produk perawatan kulit. Jika kulit kamu bebas dari rasa gatal dan iritasi, kemungkinan besar kamu tidak alergi terhadap produk skincare.

Terkadang sulit membedakan antara rasa gatal atau nyeri yang berlangsung sebentar, karena produk seperti retinol dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada bulan pertama saat kulit kamu melakukan penyesuaian. Jika kamu merasakan rasa sakit atau iritasi semakin parah setelah dua hingga tiga minggu menggunakannya dan tidak merasa lebih baik, kamu harus berhenti dan berkonsultasi dengan dokter kulit.

4. Kulit Kenyal dan Warnanya Rata

Cara termudah untuk mengetahui apakah skincare kamu cocok atau tidak adalah apakah kulit kamu terlihat bersih. Idealnya kulit halus, kenyal, dan warnanya seragam. Jika kulit kamu tidak terlalu bergelombang, ukuran pori-pori mengecil, dan noda, jerawat, dan perubahan warna tidak lagi terlihat, kemungkinan besar produk kamu berfungsi.

5. Konsultasi dengan Dermatologi

Siapa yang lebih baik untuk memandu kamu dalam memilih produk perawatan kulit yang tepat selain ahli medis yang berspesialisasi dalam segala hal yang berhubungan dengan kulit. Jadikan dokter kulit yang berkualifikasi sebagai perhentian pertama jika kamu serius ingin memiliki kulit yang sehat.

Dokter kulit tidak hanya memahami kulitmu, namun mereka juga memiliki pengetahuan luas tentang skincare yang cocok dan tidak pada kulit. Mereka nantinya akab memberikan rekomendasi untuk membantu kamu memulai dengan benar.

Itulah cara mengetahui skincare cocok atau tidak pada kulit.
Produk skincare memang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit, tapi mungkin perlu waktu untuk mengetahui zat mana yang paling cocok untuk kulitmu.



Simak Video "Irish Bella Wujudkan Impiannya di Bisnis Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
skincare perawatan kulit ciri-ciri skincare cocok skincare cocok atau tidak

Terkini Lainnya

  • Berikut adalah cara mengenal skincare cocok atau tidak pada kulit:

  • 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Cegah Penuaan sampai Obati Jerawat

  • Urutan Memakai Skincare Malam yang Tepat Agar Hasilnya Maksimal

  • Berburu Diskon Makeup di Jakarta X Beauty 2024 Sambil Selamatkan Lingkungan

  • Deretan Kegiatan Menarik yang Hanya Ada di Jakarta X Beauty 2024

  • Serbu! 8 Brand Lokal yang Bagi-bagi Produk Gratis di Jakarta X Beauty 2024

  • 8 Brand Makeup dan Skincare Ini Diskon Hingga 73% di Jakarta X Beauty 2024

  • 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Cara Ketahui Sabun Muka Cocok atau Tidak

  • Viral Tiktoker Nekat Pakai Skincare Kedaluwarsa, Wajahnya Jadi Begini

  • Tips Temukan 'Skincare Guru' yang Kredibel di Media Sosial

  • Skincare Berlapis-lapis demi 'Glass Skin' Aman Nggak Ya? Ini Kata Dermatolog

  • BPOM Bicara Kualitas Skincare Lokal, Nggak Kalah Saing dengan Produk Korsel

  • Foto: Skincare Etiket Biru yang Diciduk BPOM, Mengandung Bahan Berbahaya

  • Inovasi Produk Kecantikan dengan Nilai Islami

Tautan Sahabat