cxhkir.com

8 Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

Kulit Kering Saat Puasa

Jakarta -

Merasa kulit lebih kering selama Ramadhan? Yuk gunakan masker alami untuk mengatasi kulit kering saat puasa.

Puasa Ramadhan merupakan momen istimewa bagi umat Islam. Namun perubahan pola makan dan minum saat berpuasa dapat menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh, termasuk kulit kering.

Kulit kering bisa terasa gatal, bersisik, bahkan pecah-pecah. Dibanding menggunakan produk berbahan kimia untuk mengatasi kulit kering saat puasa, sebaiknya coba cara rumahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Perawatan rumahan sangat bagus untuk banyak jenis kulit, terutama jika Anda berada dalam keadaan darurat atau memilih pengobatan perawatan kulit alternatif," papar Jennifer Adell, ahli kecantikan berlisensi dan ahli kecantikan senior di New Beauty and Wellness, Westport, Connecticut, dilansir dari Everyday Health.

Kamu bisa mencoba membuat masker alami untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Berikut deretan masker alami yang mudah dibuat dan aman untuk mengatasi kulit kering saat puasa:

1. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan pelembap yang dapat membantu melembabkan dan menenangkan kulit. Madu juga membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Oleskan madu ke wajah dan leher. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk kulit yang sensitif, campurkan madu dengan yoghurt atau air hangat sebelum dioleskan ke wajah.

2. Lidah buaya

Lidah buaya terkenal dengan sifat anti-inflamasi dan melembapkan. Lidah buaya membantu menenangkan kulit kering dan iritasi, serta mempercepat penyembuhan luka.

Oleskan gel lidah buaya murni ke wajah dan leher, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Simpan gel lidah buaya di kulkas untuk efek dingin yang menyegarkan.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa menjadi masker alami untuk mengatasi kulit kering saat puasa karena kaya akan asam lemak yang dapat membantu melembabkan dan melindungi kulit. Minyak kelapa juga membantu mengatasi jerawat dan eczema.

Oleskan minyak kelapa ke wajah dan leher, pijat dengan lembut, kemudian biarkan semalaman. Pilih minyak kelapa organik untuk kualitas terbaik.

4. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulit. Yogurt juga membantu mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan.

Campurkan yogurt dengan madu dan oleskan ke wajah dan leher. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas. Pilih yoghurt plain tanpa gula dan perasa tambahan.

5. Alpukat

Alpukat dapat menjadi masker alami untuk mengatasi kulit kering saat puasa karena kaya akan vitamin E dan asam lemak yang dapat membantu melembapkan sekaligus menutrisi kulit. Alpukat juga membantu mengatasi keriput dan garis halus.

Haluskan alpukat dan oleskan ke wajah dan leher, diamkan beberapa saat sebelum bilas dengan air hangat. Gunakan 2-3 kali seminggu.

Campurkan alpukat dengan madu atau yogurt untuk masker yang lebih kaya manfaat.

6. Mentimun

Mentimun memiliki sifat anti-inflamasi dan mendinginkan yang dapat membantu menenangkan kulit kering dan iritasi. Mentimun juga membantu mengurangi bengkak pada mata.

Parut mentimun dan oleskan ke wajah dan leher, diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Simpan irisan mentimun di kulkas untuk efek dingin yang lebih menyegarkan.

7. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit sehingga cocok dijadikan masker alami untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Pepaya juga bisa mengatasi jerawat dan bekas jerawat.

Haluskan pepaya dan oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Pisang

Pisang kaya akan potasium dan vitamin A yang dapat membantu melembabkan dan melembutkan kulit. Pisang juga bisa membantu mengatasi keriput dan garis halus.

Haluskan pisang dan oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Campurkan pisang dengan madu atau yogurt untuk masker

Tips tambahan:

- Gunakan masker alami ini 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.
- Lakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit masker pada bagian kecil kulit.
- Pastikan untuk minum air putih yang cukup selama berpuasa untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.
- Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit setelah menggunakan masker.
- Gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhanmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sudah pernah mencoba membuat sendiri masker alami untuk mengatasi kulit kering saat puasa?



Simak Video "Buka Puasa saat di KRL-Transjakarta? Simak Aturannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
kulit kering puasa masker untuk kulit kering masker alami ramadhan 2024 kulit kering saat puasa

Terkini Lainnya

  • Kamu bisa mencoba membuat masker alami untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Berikut deretan masker alami yang mudah dibuat dan aman untuk mengatasi kulit kering saat puasa:

  • 4 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Saat Bulan Puasa

  • Manfaat Clay Mask untuk Wajah dan Jenis-jenisnya

  • Cara Mengatasi Kulit Kusam Saat Puasa, Pakai Skincare dengan Kandungan Ini

  • Mengenal Skin Fasting, Puasa Skincare dan Manfaatnya bagi Wajah

  • 7 Basic Skincare yang Perlu Dipakai Saat Puasa, Simpel Cegah Kulit Kering

  • Tips Skincare Selama Puasa: Jangan Lupa Pakai Moisturizer Setelah Wudhu

  • Masya Allah, Manfaat Puasa Syawal Bisa Dijelaskan Secara Medis

  • Menu Harian Ramadan 30: Pedas Nendang! Ayam Bakar Taliwang dan Sapi Lada Hitam untuk Puasa Terakhir

  • Menu Harian Ramadan 29: Mantap Sedap! Nasi Mentega Udang dan Rawon Surabaya

  • Bagaimana Puasa di Belahan Bumi Utara yang Nyaris Tidak Ada Malam?

  • Menu Harian Ramadan 27: Pedas Gurih! Sayur Tahu Kuning dan Sambal Daging Cabe Hijau

  • 5 Negara dengan Hidangan Lebaran Khas dan Lezat

  • Ada Garang Asem hingga Nasi Kebuli Enak di Resto Hotel Berbintang Ini!

  • 10 Kue Lebaran Gagal Viral di TikTok, Nastar hingga Kue Ulat

Tautan Sahabat