cxhkir.com

5 Masalah Paling Umum yang Sering Dihadapi Gen Z Menurut Psikolog

Job Interview

Jakarta -

Gen Z menjadi generasi yang menjalani terapi jauh lebih banyak dibandingkan kelompok usia lainnya. Berdasarkan survei American Enterprise Institute pada 2023, angka pertumbuhan remaja yang mendatangi psikolog terus meningkat.

Seperti dikutip dari American Survey Center, lebih dari satu dari empat Gen Z dewasa (27 persen) melaporkan bahwa mereka menghabiskan setidaknya sebatian masa remajanya untuk konsultasi dengan terapis. Persentase ini lebih banyak dibandingkan 20 persen generasi milenial yang pernah berbicara dengan terapis selama masa remajanya.

Sementara bagi Gen X dan baby boomer, datang ke terapis merupakan pengalaman yang cukup langka. Hanya 10 persen Gen X dan 4 persen baby boomer yang menghabiskan waktunya untuk terapi saat remaja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa generasi yang lahir dari tahun 1997 - 2021 lebih peduli terhadap kesehatan mental. Lantas, permasalahan apa saja yang banyak dihadapi Gen Z? Sejumlah psikolog mengungkapkan isu yang paling umum dibicarakan oleh mereka.

1. Gangguan Kecemasan

Menurut data yang diterbitkan Deloitte pada Maret 2023, hampir setengah -46%- Gen Z yang disurvei mengatakan bahwa mereka hampir selalu merasa cemas dan stres di tempat kerja. Kecemasan sering kali disebabkan oleh penghindaran dan keraguan diri.

2. Tekanan untuk Mendapat Pekerjaan

Menurut Alyssa Mancao, terapis dan pendiri Alyssa Marie Wellness, banyak Gen Z yang mengalami stres dan ketidakpastian mengenai karier yang ingin mereka kejar.

"Meskipun upah pekerjaan sama dengan tahun lalu, biaya hidup telah meningkat, sehingga Gen Z mengalami tekanan semakin besar untuk tidak hanya mencari pekerjaan yang menguntungkan secara ekonomi tetapi juga memuaskan secara mental dan emosional," katanya, seperti dilansir Huffington Post.

3. Keraguan Saat Dihadapkan pada Banyaknya Pilihan

Banyak Gen Z yang kesulitan dalam mengambil keputusan, entah itu karena ragu-ragu, atau takut membuat pilihan yang salah. Dengan semakin banyaknya pilihan yang tersaji di hadapan mereka, akan menjadi sulit untuk mempersempit semuanya dan memilih salah satunya.

Menurut Israa Nasir, seorang psikoterapis dan pendiri Well. Guide., hal ini bisa terasa sangat membebani. Terutama ketika memikirkan transisi besar dalam hidup seperti pindah kota atau berganti karier.

4. Imej Tubuh

"Ada kecenderungan yang konsisten dari klien Gen Z yang mengemukakan masalah mengenai citra tubuh dan perasaan tidak layak," kata Alyssa.

Isu imej tubuh menjadi perhatian Gen Z, mengingat maraknya media sosial yang membuat terpapar pada tipe tubuh 'ideal' yang dipandang oleh masyarakat. Seringkali, melihat standar kecantikan yang dianggap dapat diterima secara sosial dapat membuat seseorang mempertanyakan harga dirinya.

5. Stres Menemukan Pasangan yang Cocok

Banyak masalah hubungan romantis yang sering diangkat oleh Gen Z di ruang terapi. Entah itu rasa gugup saat mengajak seseorang kencan, atau sekadar mencari tahu gaya ketertarikan pasangan. Rata-rata mereka kesulitan mendapatkan pasangan yang bisa satu frekuensi.

"Klien sering kali datang dan mengatakan bahwa mereka ingin memperbaiki gaya keterikatan mereka, atau terlalu fokus pada gaya keterikatan pasangannya, atau ingin tahu bagaimana hal itu berdampak pada hubungan mereka," kata Israa.

Ia menambahkan, kunci membangun hubungan yang sehat bukanlah fokus pada label, melainkan memberi pengertian dan komunikasi satu sama lain.

"Gaya keterikatan adalah cara Anda menerima, memberi, dan memahami hubungan. Jadikan itu sebagai titik awal untuk memahami diri sendiri dan pasangan dengan lebih baik," ujarnya.



Simak Video "Teruntuk Gen Z, Ini Caranya Biar Nggak Dicap Generasi Lembek"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
gen z generasi z kesehatan mental

Terkini Lainnya

  • 1. Gangguan Kecemasan

  • 2. Tekanan untuk Mendapat Pekerjaan

  • 3. Keraguan Saat Dihadapkan pada Banyaknya Pilihan

  • 4. Imej Tubuh

  • 5. Stres Menemukan Pasangan yang Cocok

  • Mengenal People Pleasure, Ciri-ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya

  • Temukan Cara Berdamai dengan Persepsi Orang Terhadap Diri di Sini!

  • Temukan Cara Berdamai dengan Persepsi Orang Terhadapmu di Sini, Gratis!

  • Apa Itu Mental Breakdown? Kenali Gejalanya yang Tak Boleh Disepelekan

  • 8 Arti Mimpi Gunung Meletus, Pertanda Masalah Besar?

  • Self Reward Artinya Apa? Ini Dia Pengertian dan Contohnya

  • Sasar Kalangan Muda, Bank BUMN Siapkan Kartu Kredit buat Milenial-Gen Z

  • Dengar Lagu Sedih saat Sedang Galau Tak Dianjurkan Psikolog

  • Waka MPR Ajak Semua Pihak Persiapkan Kekuatan Mental Anak Bangsa

  • Teruntuk Gen Z, Ini Caranya Biar Nggak Dicap Generasi Lembek

  • Kata Psikolog soal Stigma Gen Z Dicap Lemah

  • Gen Z-Milenial Rentan Terjerat Pinjol Gegara Prinsip Hidup YOLO & FOMO

  • Hampir Nggak Ada Gen-Z di China yang Gemuk, Tinggi Badannya Juga Bikin Iri

  • Potret Mengenalkan Literasi Keuangan Sejak Dini

Tautan Sahabat