cxhkir.com

Sepak Terjang Melissa Siska Capai Puncak Kepemimpinan E-Commerce GoTo

Presiden Unit Bisnis E-commerce GoTo Melissa Siska Juminto

Jakarta -

Beberapa waktu lalu, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) mengumumkan jajaran kepemimpinan terbaru. Salah satunya menunjuk Melissa Siska Juminto sebagai Presiden Unit Bisnis E-commerce GoTo (Tokopedia).

Dalam postingan pribadinya, Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengungkapkan Melissa memiliki 'founder mentality' dan rasa kepemilikan yang kuat terhadap perusahaan. Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir Melissa telah memimpin Tokopedia dalam kesehariannya.

"Dalam perjalanan kariernya, lewat growth mindset yang dimiliki, apa pun tantangan dan kesempatan yang diberikan mulai dari membangun team marketing hingga team bisnis dari nol; dari role akuntan, VP, Chief of Staff, dan COO dijalankan dengan maksimal," ungkap William dalam keterangan tertulis, Rabu (10/5/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baca juga: Hans Patuwo, Sosok Berpengalaman yang Pimpin GoTo Financial

"Dari Mel saya belajar bahwa 'founder mentality' dapat dimiliki siapa pun, bukan saja oleh para pendiri perusahaan di hari pertama. Pemimpin terbaik dalam perusahaan semuanya memiliki rasa kepemilikan yang begitu kuat, seakan merekalah pendiri perusahaan," imbuhnya.

Kesan baik juga disampaikan oleh Tokopedia Academy Lead, Siti Fauziah yang bekerja bersama Melissa di tahun-tahun awal Tokopedia.

"Di awal Tokopedia, semua orang mengerjakan segala hal karena timnya masih kecil. Saat Melissa menjadi akuntan perusahaan, ia juga menaruh perhatian besar terhadap pengembangan bisnis melalui tim Bisnis & Marketing dan menangani kerja sama dengan mitra perbankan dan logistik," terang Siti.

"Ia pun ikut memantau analisis data dari setiap investasi yang dikeluarkan untuk kegiatan beriklan. Jadi, dari hari-hari pertama pun, Melissa memang sudah melakoni peran sebagai pemimpin perusahaan," sambungnya.

Pertumbuhan Karier Melissa di Tokopedia

Melissa yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Tokopedia ini mengarungi perjalanan panjang hingga berada di posisinya saat ini. Diketahui, Tokopedia merupakan perusahaan pertama tempatnya memulai karier.

Ia bergabung pada 2012 sebagai karyawan ke-44 dan menjadi satu-satunya akuntan ketika Tokopedia masih berstatus perusahaan rintisan. Berselang dua tahun, Melissa berpindah haluan dan menjadi Vice President of Business. Kepiawaiannya mengelola bisnis tercermin lewat caranya mengedepankan analisis keuangan perusahaan dalam perencanaan strategi pertumbuhan bisnis.

Melissa menjelaskan pada 2018 ia diangkat sebagai COO Tokopedia. Ia pun bertanggung jawab atas keseluruhan operasional perusahaan yang meliputi operasional kantor, mendorong pertumbuhan bisnis, hingga menjadi partner CEO dalam merumuskan arah bisnis dan kebijakan yang mengikutinya.

Di bawah kepemimpinannya sebagai COO, Tokopedia menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar perusahaan dengan pertumbuhan tercepat berdasarkan pendapatan dalam indeks Asia Pacific Technology Fast 500 oleh Deloitte Touche Tohmatsu (Deloitte) tahun 2020. Tokopedia berhasil mencatat pertumbuhan sebesar 608%.

Berkat determinasi dan kesuksesannya mendorong pertumbuhan bisnis di Tokopedia, Melissa masuk dalam daftar '40 Under 40' oleh Fortune Indonesia pada 2022. Ia dinilai mampu menjadi agen perubahan di sektor bisnis.

Dirinya juga terpilih menjadi salah satu dari sembilan pemimpin bisnis di Asia yang mendapatkan penghargaan oleh Michael Page. Prestasi in diraih atas pencapaiannya mengarahkan perusahaan menuju kesuksesan jangka panjang di tengah lanskap bisnis yang selalu berubah.

Baca juga: Pendapatan Tokopedia Naik Pesat, Cuan GoTo Bisa Makin Cepat

Optimisme Melissa Jalani Peran & Tanggung Jawab Baru

Melissa merespons tanggung jawab barunya saat ini dengan penuh optimisme. Ia menilai tongkat estafet kepemimpinan ini merupakan mandat dan kepercayaan yang sangat besar.

"Satu yang pasti, Indonesia akan tetap menjadi fokus utama Tokopedia dan memperkuat fundamental bisnis serta membangun infrastruktur teknologi jadi kunci untuk mengantar kami menuju cita-cita pemerataan ekonomi secara digital," kata Melissa.

Dengan membangun Super Ecosystem bersama GoTo, Tokopedia ingin mendorong pertumbuhan UMKM lokal di seluruh Indonesia. Sekaligus meningkatkan inklusi keuangan dan mempermudah kehidupan ratusan juta masyarakat Indonesia melalui teknologi.

"Lewat integrasi, kolaborasi, dan kesamaan visi dalam ekosistem GoTo juga kami berharap bisa menciptakan sebuah ekosistem digital yang lebih kuat, komprehensif, dan mandiri menuju babak pertumbuhan bisnis yang lebih lanjut," ujarnya.



Simak Video "Trend Berkebun Tanaman Hias Kian Meningkat, Berikut Tipsnya Bagi Pemula"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
goto tokopedia goto gojek tokopedia

Terkini Lainnya

  • Laudya Cynthia Bella Beberkan Tips agar Bisnis Fesyen Terus Tumbuh

  • Kemendag Pantau Tokopedia Usai PHK Karyawan

  • Penjelasan Tokopedia soal PHK Karyawan

  • Pantau PHK di Tokopedia, Kemnaker Sebut yang Terdampak Lebih dari 300 Orang

  • Tokopedia Resmi PHK, Harga Saham GOTO di Level Gocap

  • Perjalanan Tokopedia, Didirikan Penjaga Warnet Sampai Dibeli TikTok

  • Tokopedia Buka Suara Soal PHK Ratusan Karyawan

  • GoTo Hadir di Pameran Perdagangan di Fujian, Tiongkok

  • Upgrade Skill UMKM Bersama Tiktok Tokopedia

Tautan Sahabat