cxhkir.com

Kisah Rini Sugianto Wanita RI yang jadi Animator Film Avengers dan Tintin

Foto Rini Sugianto, sosok dibalik animator film The Avengers dan The Advantures of Tintin. Foto: Dok. Lazada.

Jakarta -

Wanita Indonesia bernama Rini Sugianto ini termasuk salah satu sosok di balik layar film The Avengers dan The Adventure of Tintin. Bagaimana ceritanya Rini bisa menjadi bagian dalam film tersebut dan sederet layar lebar lainnya?

Rini mengisahkan perjalanan kariernya yang dapat menginspirasi anak muda untuk berani berkarya hingga ke luar negeri. Dia mengaku perjalanannya membuat animasi dimulai saat lulus SMA dan bertekad meneruskan pendidikan di bidang animasi.

"Setelah selesai sekolah dulu saya tertarik pada bidang animasi. Tapi di Indonesia waktu itu masih belum ada. Kalau sekarang sudah banyak. Akhirnya mulai mencari-cari, waktu itu jurusan tersebut yang lagi berkembang di Amerika," ungkap Rini dalam acara Cari Spotlight di Dunia Internasional, di Lazada Women's Fest di Jiexpo Convention Center, Jakarta Utara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rini pada akhirnya kuliah di jurusan arsitektur Universitas Katolik Parahyangan. Setelah lulus dia mulai menggunakan proses 3D untuk presentasi ke klien. Dari dunia tiga dimensi itu dia kemudian berkenalan dengan dunia animasi.

"Saya belajar di bidang komputernya dulu. Saya masuk bidang 3D dan diperkenalkan ke dunia animasi setelah itu. Saya putuskan fokus bukan ke bidang bangunan tapi malah ke arah karakter dan itu sangat menyenangkan," ucapnya haru.

Foto Rini Sugianto yang membagikan pengalamannya  di  Lazada Women's Fest 11-13 November 2022, Marketing Essential for Beauty Brand (13/11/2022) di Jiexpo Convention Center, Jakarta Utara.Foto Rini Sugianto yang membagikan pengalamannya di Lazada Women's Fest 11-13 November 2022, Marketing Essential for Beauty Brand (13/11/2022) di Jiexpo Convention Center, Jakarta Utara. Foto: Gresnia/.

Awal Mula Karier Rini Sebagai Anak Magang

Rini menuturkan perjalanan karier yang sudah ia tempuh cukup panjang. Dia tidak langsung mendapat pekerjaan sebagai animator dalam film. Dia mulai aktif bekerja di Amerika sejak 2005. Dan memulai kariernya dengan magang di perusahaan game. Dia menjadi karyawan magang selama lima tahun.

"Saya magang di game, lalu masuk ke cinematic, jadi saya mengerjakan trailer untuk game dan film. Tahun 2010 dapat kesempatan untuk bekerja di film Tintin di New Zealand. Itu adalah film pertama saya. Setelah itu khusus mengerjakan film lainnya seperti The Hobbit," kenang Rini.

Setelah mengerjakan film Tintin, Rini bekerja untuk perusahaan Wētā Digital dan Industrial Light & Magic. Melalui perusahaan itulah dia membuat animasi Avengers 1 dan 2.

"Saya khusus untuk bidang animasi yang menggerakkan semua karakternya. Seperti Iron Man terbang dan segala macam," ucap Rini.

Bekerja menjadi animator menjadi pengalaman tak terlupakan untuk Rini. Dia merasakan kepuasan tersendiri saat hasil kerjanya selama setahun dinikmati orang di seluruh dunia meski hanya tayang empat menit.

"Dalam film Tintin saya mengerjakan selama satu tahun hasil kerjaan saya cuman empat menit. Sangat panjang prosesnya yang mengerjakan film ada 2.000 orang," jelasnya.

Namun Rini juga pernah merasakan diskriminasi. Bagaimana cerita selanjutnya? KLIK halaman selanjutnya ya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
the adventures of tintin the avangers rini sugianto animator film inspirasi

Terkini Lainnya

  • Awal Mula Karier Rini Sebagai Anak Magang

  • 22 Situs Nonton Film Gratis dan Legal Drakor hingga Box Office

  • Keren! Serasa Masuk ke Dalam Film Inside Out 2 di Pacific Place

  • Inspirasi Dekorasi Rumah Warna-Warni Pakai Iridescent Vinyl

  • 10 Bangunan yang Jadi Tempat Syuting Harry Potter

  • Ternyata Ini Wujud Asli 8 Bangunan yang Sering Muncul dalam Film Hollywood

  • Gedung Segitiga Ini yang Jadi 'Kantor Media' Daily Bugle di Film Spider-Man

  • Ajang Anugerah Karya Festival Film Pendek SOS 2023 di Jakarta

  • Potret Elo Mandeville, Penyandang Disabilitas Daksa yang Bikin Film untuk Skripsi

Tautan Sahabat