cxhkir.com

Ngeri, Sarung Bantal Bisa Berkali-kali Lebih Jorok Daripada Dudukan Toilet

ilustrasi tidur mendengkur

Jakarta -

Rajin-rajinlah mengganti sprei dan sarung bantal kalau kamu tak mau sakit akibat terserang bakteri. Studi terbaru menemukan, sarung bantal bisa lebih jorok dari toilet jika tidak diganti secara berkala.

Pelatih tidur McKenzie Hyde, seperti dilansir Amerisleep menjelaskan, tempat tidur khususnya sarung bantal bisa jadi sarang kuman. Bakteri bahkan masih bisa menetap meskipun sudah dicuci.

Sarung bantal bisa menumpuk bakteri 17.000 kali lebih banyak ketimbang dudukan toilet. Sementara sprei bisa jadi sarang bakteri 25.000 kali lebih banyak dibandingkan gagang pintu kamar mandi hanya dalam satu minggu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bukan saja bakteri 'jinak' yang tidak aktif, tapi termasuk juga bakteri strain yang dapat menyebabkan infeksi seperti pneumonia dan berkontribusi terhadap resistensi antibiotik. Bahkan bakteri yang biasanya dikaitkan dengan keracunan makanan juga ditemukan di permukaan tempat tidur.

Untuk menjaga kebersihan sprei, para ahli menyarankan untuk meningkatkan frekuensi mencuci sarung bantal. Terutama jika kamu banyak berkeringat saat tidur, memiliki rambut atau kulit berminyak.

Mencuci seminggu sekali mungkin tidak cukup, karena akumulasi pemakaian sarung bantal dapat menampung banyak bakteri seiring waktu. Cara mencuci juga perlu diperhatikan. Saat mencuci sarung bantal, penting untuk menggunakan air panas agar bakteri mati.

Disarankan menggunakan deterjen dengan kandungan enzim dan pemutih -jika sprei berwarna putih- untuk memastikan pembersihan menyeluruh. Selain bakteri, ada kekhawatiran lain yang perlu diwaspadai, yakni akumulasi minyak, keringat dan sel kulit mati yang berpotensi menyebabkan penumpukan jamur, lumut hingga alergen.

Untuk itu direkomendasikan mengganti bantal setiap 1-2 tahun. Pencucian secara teratur dan mengganti bantal secara berkala dapat menjaga lingkungan tidur selalu bersih dan sehat, sehingga tidur lebih nyaman.



Simak Video "Buttonscarves Rilis Koleksi Baru, Terinspirasi Keindahan Bawah Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
sarung bantal sprei tempat tidur kebersihan tidur

Terkini Lainnya

  • Viral Tempat Tidur dari Keramik, Disebut Netizen bak Kuburan Hingga Kolam

  • Sering Diabaikan, Bijak Pilih Tempat Tidur Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup

  • Banjir Diskon di Transmart Full Day Sale, Beli Tempat Tidur Cuma Segini

  • 3 Tips Posisikan Tempat Tidur di Kamar Supaya Estetik dan Fungsional

  • 5 Cara Pilih Bed Cover Terbaik Agar Tidur Nyenyak & Kamar Estetik

  • Ini Dia Jurus Jitu Bersihkan Kasur Biar Bersih dan Segar buat Tidur

  • Tips Mengatasi Pegas Tempat Tidur Nyembul serta Cara Cegahnya

  • Kenali 6 Ciri Kasur yang Harus Diganti Agar Tidur Makin Nyenyak

  • Jangan Asal, Ini 5 Tips Beli Kasur yang Tepat Sesuai Budget-Selera

  • Melihat Keseruan Lomba Merapikan Tempat Tidur

Tautan Sahabat