cxhkir.com

5 Jenis Grooming Kucing dan Manfaatnya, Membersihkan Kuping hingga Cakar

Ilustrasi seekor kucing

Jakarta -

Jika memiliki kucing peliharaan, kita perlu rutin memberinya perawatan agar kita tetap sehat. Salah satu adalah grooming kucing supaya kucing bersih dan bebas kutu.

Kucing sebetulnya sudah sering membersihkan dirinya sendiri, dengan menjilat dan menggigit bagian tubuhnya. Dikutip dari situs produsen pakan kucing, cara membersihkan diri ini rentan mengakibatkan kucing menelan bulunya sendiri.

Karena itu, kucing membutuhkan grooming untuk membersihkan diri tanpa risiko menelan bulu. Grooming, layaknya mandi, meliputi seluruh bagian tubuh kucing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

5 Jenis Grooming Kucing

Beberapa jenis grooming kucing terdiri dari:

1. Sisir Bulu

Untuk kucing dengan tipe bulu yang pendek, gunakan sisir besi untuk meluruskan bulu-bulu kucing seminggu sekali. Lalu, gunakan sisir kucing untuk menghilangkan bulu-bulu rontok.

Untuk kucing dengan tipe bulu panjang, sebaiknya sisir bulunya setiap hari menggunakan sisir besi.

2. Cek Cakar

Kucing biasanya merawat cakarnya sendiri, tetapi jika kucingmu lebih sering tinggal di rumah atau sudah tua, kamu bisa membantu merawat cakarnya. Pastikan cakar kucing tidak tubuh ke dalam karena ini bisa mengakibatkan infeksi.

Kucing menggunakan cakar untuk mempertahankan diri memanjat, dan menggaruk tubuh, jadi sebaiknya cakar tidak dipotong kecuali jika sangat perlu. Kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan jika cakarnya memang perlu dirapikan.

Jika kamu memotong kuku kucing sendiri, pastikan gunakan gunting kuku khusus kucing. Cukup potong ujung transparan dari kuku dan hindari pembuluh darah yang terletak di area tengah.

3. Sikat Gigi

Langkah selanjutnya dalam rutinitas grooming kucing adalah menyikat gigi kucing. Kamu bisa menggunakan sikat gigi kucing atau cukup gunakan cotton bud. Jika punya lebih dari satu kucing, gunakan sikat gigi yang berbeda untuk menghindari penularan bakteri.

Pastikan kamu menggunakan pasta gigi khusus kucing ya, sebab pasta gigi untuk manusia bisa mengakibatkan gangguan pencernaan pada kucingmu.

4. Mandikan Kucing

Kucing pada umumnya tidak perlu mandi karena ia membersihkan tubuhnya sendiri. Tetapi jika tubuh kucingmu sangat kotor dan sulit ia bersihkan sendiri, kamu bisa membantu memandikannya. Kucing yang sudah tua atau terlalu gemuk juga sebaiknya dimandikan.

Sebelum memandikan kucing, sebaiknya rapikan kukunya untuk menghindari dirimu terkena cakaran. Lalu, sisir bulu kucing untuk menghilangkan sel kulit mati dan bulu-bulu rontok. Terakhir, sumbat telinga kucing dengan kapas agar air tidak masuk ke telinga.

Jika memandikan kucing, sebaiknya gunakan ember berisi air hangat dibandingkan menggunakan shower, karena kucing bisa merasa takut akan suara air mengalir. Pastikan juga kamu menggunakan shampoo khusus kucing yang cocok untuk kucingmu.

5. Bersihkan Telinga

Kucing memang terbiasa membersihkan tubuhnya sendiri, tetapi ada beberapa bagian tubuh yang sulit dijangkaunya sendiri, salah satunya telinga. Jika telinga kucing penuh kotoran telinga, kamu bisa membersihkannya dengan kapas yang ditetesi cairan pembersih telinga kucing.

Manfaat Grooming Kucing

Grooming kucing memberikan banyak manfaat bagi kucingmu, lho. Mengutip Ridgeline Veterinary Clinic, ini sejumlah manfaat grooming kucing.

1. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kucing

Grooming kucing memberikan manfaat kesehatan pada kucing. Menyisir bulu kucing akan membersihkan bulu-bulu yang sudah rontok dan mati sehingga mencegah bulu-bulu kucing jadi menggumpal. Ini juga meningkatkan sirkulasi pada kulit kucing.

Rutin menyisir kucing juga jadi cara untuk mengecek kondisi kesehatan kucingmu. Jika saat menyisir kucing, kamu menemukan benjolan, ini bisa jadi tanda kondisi kesehatan yang sebaiknya diperiksa.

2. Meredakan Stres

Grooming kucing bisa membantu meredakan stres pada kucingmu lho, terutama kucing yang menunjukkan tanda-tanda cemas seperti mengeong terlalu sering atau terlalu sering mencakar barang.

Kontak fisik dengan kucing meningkatkan level hormon oksitosin, baik pada kucing dan pada dirimu sendiri. Grooming jadi sesi bonding antara kamu dengan kucingmu, deh!

3. Mengurangi Bulu Rontok

Grooming kucing membantu mengurangi jumlah bulu yang rontok di sekitar rumah karena kamu sudah membersihkannya selama grooming. Grooming kucing juga mencegah kucingmu memuntahkan bulu-bulu ia tidak sengaja ia telan saat menjilati tubuhnya.

Grooming kucing bisa jadi kegiatan yang menantang kalau kucingmu terlalu aktif, tetapi grooming memiliki banyak manfaat untuk kucing dan kamu sebagai pemiliknya. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Mau Pakai Jasa Cat Sitter, Berapa Tarifnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)
kucing anabul grooming

Terkini Lainnya

  • 5 Jenis Grooming Kucing

  • 1. Sisir Bulu

  • 2. Cek Cakar

  • 3. Sikat Gigi

  • 4. Mandikan Kucing

  • 5. Bersihkan Telinga

  • Manfaat Grooming Kucing

  • 1. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Kucing

  • 2. Meredakan Stres

  • 3. Mengurangi Bulu Rontok

  • Nagita Slavina Punya 5 Kucing 'Sultan', Ada yang dari Rusia Harganya Fantastis

  • Mengenal Karakteristik Kucing Himalaya yang Lucu dan Manja

  • 30 Nama Anjing yang Lucu beserta Artinya

  • 10 Fakta Unik Kucing Caracal, Kucing Buas yang Eksotis

  • 7 Obat Mencret Kucing yang Aman dan Manjur

  • Mengenal Kucing Munchkin: Sejarah, Ciri, Karakter, dan Perawatan

  • Viral Pria di Semarang Tembak Kucing, Pelaku Ditangkap!

  • Viral Aksi Pria Tembak Kucing di Semarang, Polisi Tangkap Pelaku

  • Mengapa Kucing Suka Mencakar Perabotan Rumah? Ini Penyebabnya

  • Yang Harus Disiapkan Sebelum Memutuskan Pelihara Hewan di Rumah

  • Meski PM Inggris Gonta-ganti, Kucing Ini Belum Lengser dari Jabatannya

  • Tips Hilangkan Bau Pipis Kucing Segera, Jangan Dibiarkan!

  • Santai Sejenak Bersama Anabul di Klub Khusus Anjing di Pantai California

  • Kumpulan Kucing Berulah, Babu Cuma Bisa Ngelus Dada

Tautan Sahabat