cxhkir.com

7 Ide Dekorasi Rumah yang Cantik untuk Sambut Lebaran 2024

3d render of mock wall with home plants

Jakarta -

Kamu jadi tuan rumah pada Lebaran tahun ini? Yuk percantik hunianmu dengan ide dekorasi Lebaran di rumah yang mengesankan.

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan momen spesial bagi umat Islam untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Tak heran, banyak orang yang ingin menyambut Lebaran dengan suasana yang istimewa, salah satunya mendekorasi rumah.

Dekorasi Lebaran tak hanya mempercantik rumah tapi juga dapat menciptakan suasana yang hangat dan meriah. Belum punya ide ingin menghias rumah seperti apa saat Lebaran?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut beberapa ide dekorasi Lebaran di rumah yang mudah dan kreatif untuk mempercantik hunianmu saat Hari Raya Idul Fitri 2024:

1. Percantik Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding

Ruang tamu menjadi area utama yang dikunjungi tamu saat Lebaran. Hiasi dinding ruang tamu dengan dekorasi bernuansa Idul Fitri. Berikut ide dekorasi Lebaran di rumah bertema Idul Fitri yang bisa mempercantik ruang tamumu:

- Kaligrafi: Kaligrafi bertuliskan ayat suci Al Quran atau ucapan selamat Idul Fitri dapat memberikan sentuhan religius dan menenangkan.
- Ornamen Ketupat: Ketupat merupakan simbol khas Lebaran yang dapat digantung di dinding sebagai dekorasi. Pilihlah ketupat dengan berbagai warna dan motif untuk menambah keceriaan.

2. Ciptakan Suasana Hangat dengan Lampu Temaram

Lampu hias dapat memberikan suasana yang meriah dan hangat pada malam hari. Pilihlah lampu hias dengan bentuk bulan sabit, bintang, atau lentera khas Timur Tengah.

Kamu juga bisa menggunakan lampu LED yang hemat energi. Selain lampu hias, gunakan lampu temaram seperti lilin aromaterapi atau lampu tumblr untuk menghadirkan suasana yang hangat dan nyaman.

3. Sajikan Hidangan Lebaran dengan Cantik

Meja makan menjadi pusat perhatian saat Lebaran. Ide dekorasi Lebaran di rumah selanjutnya dengan menghidangkan makanan di atas meja makan yang sudah didekor.

Misalnya saja, pemilihan taplak meja yang atraktif. Pilihlah taplak meja dengan motif yang sesuai dengan tema dekorasi Lebaran.

Tidak lupa gunakan peralatan makan dengan warna cerah atau keemasan untuk menambah keceriaan. Letakkan hiasan di tengah meja makan, seperti vas bunga, toples berisi kue kering, atau dekorasi bernuansa Lebaran.

4. Sentuhan Hijau yang Menyegarkan

Tambahkan tanaman hias di sudut ruangan untuk memberikan sentuhan hijau yang menyegarkan dan menenangkan. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat, seperti lidah buaya, sirih gading, atau monstera.

Bunga dan tanaman hias dapat memberikan nuansa segar dan natural pada ruangan. Kamu juga bisa menggunakan bunga dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning, atau hijau yang identik dengan Lebaran.

5. DIY Dekorasi Lebaran yang Unik

Libatkan keluarga dalam membuat dekorasi Lebaran DIY yang unik dan kreatif. Gunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah, seperti kardus bekas, botol plastik, atau kain perca.

Ajaklah anak-anak untuk membantu membuat dekorasi DIY untuk meningkatkan kreativitas mereka. Buatlah berbagai macam dekorasi DIY seperti ketupat dari kain perca, lentera dari botol plastik, atau hiasan dinding dari kertas lipat.

6. Pajang Foto Keluarga

Ide dekorasi Lebaran di rumah bisa dengan memajang foto keluarga yang hangat dan harmonis. Pajang foto-foto keluargamu di ruang tamu untuk menciptakan suasana yang hangat dan penuh kenangan.

Kamu juga bisa menggunakan bingkai foto yang cantik atau membuat kolase foto Lebaran.

7. Lilin Aromaterapi Khas Timur Tengah

Lilin aromaterapi dengan aroma khas Timur Tengah seperti bakhoor atau oud dapat memberikan suasana yang tenang dan nyaman di rumahmu. Pilihlah lilin aromaterapi dengan desain yang cantik dan menarik. Gunakan lilin aromaterapi dengan hati-hati dan perhatikan keamanannya.

Tips dekorasi Lebaran di rumah:

- Tentukan tema: Pilihlah tema dekorasi Lebaran yang sesuai dengan selera dan konsep rumahmu.
- Gunakan warna yang cerah: Warna-warna cerah seperti hijau, kuning, dan merah identik dengan Lebaran dan dapat memberikan suasana yang meriah.
- Padu dekorasi dengan furniture: Pastikan dekorasi Lebaran selaras dengan furnitur di rumahmu.
- Jangan berlebihan: Hindari dekorasi yang berlebihan agar tidak terkesan ramai dan mengganggu.
- Gunakan material ramah lingkungan: Pilihlah material dekorasi yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang.

Dengan ide dekorasi Lebaran di rumah yang cantik dan kreatif, momen Idul Fitri akan terasa semakin hangat dan berkesan. Selamat mendekorasi!



Simak Video "Variasi Tren Baju Lebaran 2024 ala Ria Miranda"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
lebaran lebaran 2024 idul fitri 2024 dekorasi rumah tips dekorasi lebaran home decor

Terkini Lainnya

  • Berikut beberapa ide dekorasi Lebaran di rumah yang mudah dan kreatif untuk mempercantik hunianmu saat Hari Raya Idul Fitri 2024:

  • Rumah Estetis di Gang Sempit Viral, Siapa Sangka Dalamnya Seperti Ini

  • Viral Rumah Ditinggal Mudik Dibobol Maling, 2 Motor Gagal Dibawa Gegara Ini

  • 10 Ide Hampers Lebaran Buatan Sendiri, Anti Mainstream dan Penuh Makna Baik

  • Viral Deretan Kesalahan Saat Bangun Rumah yang Bikin Gagal Estetis

  • Viral Buat yang Mau Rumah Estetis Pakai Atap Transparan, Jangan Begini!

  • Viral Renovasi Rumah Tipe 36 Jadi Terlihat Mewah, Hasilnya Dikira Beda Rumah

  • Menko PMK Anjurkan Bungkus Daging Kurban Pakai Bahan yang Bisa Didaur Ulang

  • Penulisan Idul Adha yang Benar Menurut KBBI, Dipisah atau Disambung?

  • Cara Membuat Bumbu Opor Ayam Kuning, Putih, dan Bakar

  • Imam Besar Masjid Istiqlal Apresiasi Polri Berhasil Amankan Mudik 2024

  • BPS Sebut Inflasi Lebaran Lebih Rendah, Kok Bisa?

  • 6 Ide Dekorasi Rumah Bergaya Mediterania, Bikin Tampilan Ruangan Cerah

  • Mayoritas Pemudik Sudah Kembali ke Jawa dari Sumatera

  • Potret Pawai Perahu Hias di Gorontalo

Tautan Sahabat