cxhkir.com

Kim Kardashian Dituding Promosikan Furnitur Tiruan Karya Seniman Legendaris

Kim Kardashian arrives at the Vanity Fair Oscar Party on Sunday, March 10, 2024, at the Wallis Annenberg Center for the Performing Arts in Beverly Hills, Calif. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)

Jakarta -

Kim Kardashian harus berurusan dengan hukum karena kasus dugaan plagiarisme. Bintang reality TV ini dituding mempromosikan desain interior hasil plagiat karya seorang seniman perupa.

Nama Kim Kardashian disebutkan dalam surat pengadilan yang menuduhnya menampilkan versi tiruan kreasi Donald Judd, seniman legendaris asal Amerika Serikat yang dikenal dengan karya furnitur dan desain interior bergaya minimalis. Tuduhan itu dilayangkan setelah wanita 43 tahun ini menggunakan jasa perusahaan Clements Design untuk menata ruang kantornya.

Clements Design disebut menggunakan sejumlah barang untuk menata ulang kantor Kim Kardashian, yang ternyata punya kemiripan dengan karya seniman tersebut. Judd Foundation sebagai perwakilan Donald Judd mengklaim bahwa Clements Design telah 'memproduksi dan menjual versi tiruan dari desain ikonik sang seniman, lalu memasangnya di ruang kerja Kim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Desain meja di kantor Kim Kardashian yang diduga hasil plagiat.Desain meja di kantor Kim Kardashian yang diduga hasil plagiat. Foto: YouTube/Kim Kardashian

Seperti dikutip dari Female First, Judd Foundation juga dikatakan menuduh Clements Design menggunakan foto meja dan kursi asli rancangan Donald Judd dalam proposalnya untuk rancangan interior kantor Kim. "Menipu dengan mengiklankan bahwa karya yang akan diberikan kepada Nyonya Kardashian adalah furnitur asli Donald Judd yang sah", demikian pernyataan itu ditulis dalam dokumen gugatan.

Gugatan tersebut juga menyatakan bahwa penggemar Kim Kardashian bisa saja mengira bahwa idolanya itu benar memiliki furnitur karya Donald Judd yang asli. Sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan kebingungan dan kekeliruan.

Benda yang dipermasalahkan adalah beberapa furnitur kayu yang disebut sangat mirip dengan dua karya Donald Judd, La Mansana Table 22 dan Chair 84. Furnitur tersebut muncul dalam video yang diunggah Kim Kardashian pada 2022, saat dia mengajak penonton tur virtual ke kantornya.

Desain meja di kantor Kim Kardashian yang diduga hasil plagiat.Desain meja di kantor Kim Kardashian yang diduga hasil plagiat. Foto: YouTube/Kim Kardashian

"Meja-meja karya Donald Judd ini sungguh menakjubkan dan benar-benar menyatu dengan kursinya," ucap Kim di video yang kini sudah dihapus dari media sosial.

Clements Design menyatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Judd Foundation dan menjelaskan ada perbedaan yang signifikan antara desain meja dan kursi di kantor Kim Kardashian dengan karya Donald judd. Sejak saat itu tidak ada pembicaraan lagi soal hak cipta, hingga munculnya gugatan tersebut di akhir Maret 2024 ini.

Namun pihak Judd Foundation menyangkal. Mereka menyatakan tidak pernah ada usaha dari Clements Design untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sebelum mereka mengambil langkah hukum.

"Judd Foundation berulang kali berupaya mendapatkan kejelasan dari Clements Design dan Kim Kardashian tentang bagaimana dan mengapa mereka meniru dan mempromosikan furnitur palsu sebagai furnitur asli milik Donald Judd," ujarnya.



Simak Video " Kim Kardashian Cerita Tantangan Jadi Ibu: Ada Malam saat Aku Menangis"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
kim kardashian furnitur plagiat donald judd

Terkini Lainnya

  • Jelang Natal, Rumah Kim Kardashian Disulap Seperti Hutan Bersalju

  • 3 Tips Dekorasi Rumah Hunian agar Lebih Cantik & Nyaman

  • Kapok Kena Tipu, Aura Kasih Belajar Serba-serbi Kayu Plywood

  • Awas Zonk Kayak Aura Kasih, Pilih Furnitur dari Bahan Plywood Yuk!

  • Kim Kardashian Jual Tempat Sampah Rp 1,9 Jutaan, Bikin Netizen Ngakak

  • Kim Kardashian Tidur di Ranjang Rp 3,2 Miliar, Terbuat dari Marmer

  • Viral Toko Roti di Jogja Diduga Plagiat Toko Roti di Australia, Ini Klarifikasinya

  • Khloe Kardashian Alami Cedera: Saya Melukai Diri Sendiri

  • Pakar Nilai Plagiarisme di Perguruan Tinggi Sulit Diberantas

  • Mahasiswa Sumsel Diduga Plagiat Skripsi, Komisi X DPR: Gelar Bisa Dicabut

  • Kampus UM Palembang Investigasi Tudingan Mahasiswanya Jiplak Skripsi Mahasiswa Unsri

  • Ekspor Furnitur Sempat Lesu, Begini Jurus Biar Moncer Lagi

  • Mengintip Isi Jet Pribadi Kim Kardashian Senilai Rp 2,3 T

  • Kreatif! Limbah Kayu 'Disulap' Jadi Furnitur Bernilai Ekonomi

Tautan Sahabat