cxhkir.com

Viral Deretan Kesalahan Saat Bangun Rumah yang Bikin Gagal Estetis

Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah.

Bogor -

Ketika memutuskan untuk membangun rumah, sebaiknya kamu membuat perencanaan yang matang mulai dari mencari referensi desain rumah hingga mengatur budget. Jika perencanaan tidak matang bisa menyesal dan tidak sesuai keinginan alias banyak melakukan kesalahan.

Seperti kisah wanita yang viral ini usai membagikan deretan kesalahan yang dilakukannya saat membangun rumah lewat unggahan di akun TikTok pribadinya @__anjani18. Dari video terungkap, wanita itu melakukan banyak kesalahan dalam hal pembangunan rumah mulai dari salah pilih keramik untuk garasi hingga menyesal pasang panel dinding.

"Belajar dari keasalah kami saat membangun rumah. Tapi kalau terlanjur ya sudah mari kita ratapi sama-sama. Pilih keramik garasi warna putih cream. Niat biar ada kesan luas bernuansa kuning. Malah jadi kuning beneran," curhat @__anjani18.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah.Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah. Foto: Dok. TikTok @__anjani18.

Anjani mengatakan salah memilih keramik untuk garasinya sehingga area untuk kendaraan tersebut malah terlihat kotor walau sudah dibersihkan. Dia juga salah membeli lantai untuk bagian dalam rumahnya yang kini gampang terlihat kotor.

Kesalahan lainnya dalam hal pembangunan rumah yang dilakukan Anjani adalah memasang wall moulding. Menurutnya wall moulding malah tidak awet dan menjadi gagal estetis.

"Buat yang punya bocil kalau mau awet saya saranin aja jangan pakai gypsum, mending pakai kayu atau pvc aja oke. Kenapa? Karena lebih kuat dan tahan banting dari gesekan, kerokan dan risiko dipanjat bocil. Saya nggak bohong ini pengalaman pribadi," ujar Anjani.

Kesalahan berikutnya adalah Anjani terlanjur membuat lubang untuk tempat AC. Namun ternyata lubang tersebut tidak bisa dipakai dan kini jadi jalan untuk nyamuk masuk ke rumahnya.

Lubang selang pendingin ruangan sudah dibuat, sehingga ketika sudah beli tidak bisa dipakai karena kabelnya kurang rapi dan tidak estetis.

"Sedang berpikir bagaimana menutup jalan nyamuk ini. Sumpel kresek kah atau tempelin kardus. Meja dapurnya sudah kami tambal. Walau beda warna jadinya. Jadi, tolong kalau lagi rumah banyak-banyak deep talk sama tukang. Jangan irit-irit semen. Belanja camilan, kopi sama rokok kalian saja kita nggak pakai irit kok," sesal Anjani.

Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah.Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah. Foto: Dok. TikTok @__anjani18.

Anjani juga memperlihatkan bagian tangga yang menuju lantai atas rumahnya. Kesalahan pada area tangga adalah tidak ada step nosing atau lapisan anti-slip yang biasanya dipasang di bagian pinggir dari pijakan tangga dan railing tangga.

"Naik tangga? Harus fokus dan penuh konsentrasi layaknya ujian nasional. Efek nggak ada step nosing dan belum ada railing tangga. Salah-salah bisa tergelincir ke kesalahan yang sama," saran Anjani.

Anjani juga menyesal ketika salah memilih lantai roman interlok untuk kamar mandinya. Keramik yang dipilihnya malah membuat lantai jadi licin ketika sedang mandi. Belum lagi, shower air yang ia pilih juga membutuhkan perawatan ekstra.

"Jangan terpengaruh konten desain rumah seperti saya. Bukannya saya jarang menyikat tapi memang shower, pump warna hitam itu gampang kotor harus telaten banget. Susah pula maintenancenya. Gak papa saya kasih tahu aib saya biar kalian nggak jadi beli kaya gini juga," jelasnya.

Bagian tembok lantai atas untuk menjemur pakaian, Anjani juga merasa telah melakukan kesalahan. Dia pun memberikan saran pada netizen yang sedang membangun rumah agar serupa diplester dan aci untuk meminimalisir kebocoran dari sela-sela tembok bata dan hebel.

"Beli material secukupnya kalau nggak mau berakhir jadi simpanan terus jadi media tanaman liar. Sekian kesalahan dari rumah kami, semoga bisa diambil manfaatnya. Kalau masih ada kesalahan nanti saya buat part 2nya ya. Yang sudah terlanjur salah sama kaya saya ya udah gak papa. Itung-itung temenin saya biar nggak ngempet sendirian. Terima kasih," curhatnya.

Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah.Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah. Foto: Dok. TikTok @__anjani18.

Unggahan Anjani tentang deretan kesalahan yang dilakukannya saat membangun rumah sudah ditonton lebih dari 1,8 juta Views. Warganet pun rata-rata membagikan pengalaman yang sama.

"Saran sih kalau ambil referensi dari video Youtube atau TikTok tonton channelnya arsitek atau desain interior. Mereka akan jlsin sesuai fungsi. bukan semata² krn estetik doang," saran akun @Mas_Nuril.

"Kalau saya sih, udah cek ricek dari segala akun & youtube, jd bisa meminimalisir kesalahan. namun, tnyt ada hal tak terduga, mertua ikt milih keramik😅," curhat akun @Wiwi Wonka.

"Saya selalu bilang sama yang mau bikin Rumah/Renovasi Rumah, Kalau mau pasang AC, Kalau progress nya udah 60-80%, dan sebelum Plafon terpasang 🗿," ucap pengguna TikTok @ExItem.

"Saya temenin bun, kesalahan sy meja dapur pake granit warna hitam, pengen estetik ala² berahir cape ngelap² tetep berbekas 😂," timpal akun @Egg Roll.


Konfirmasi

Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah.Viral postingan seorang wanita yang membagikan pengalamannya tentang kesalahan saat awal membangun rumah. Foto: Dok. TikTok @__anjani18.

sudah menghubungi Tia Anjani atau akrab disapa Tia yang mengunggah video tentang rumahnya. Tia mempunyai rumah subsidi tipe 28/60 di Bogor, Jawa Barat.

"(Video TikTok) tentang kesalahan saya saat membangun rumah. Sebelum membangun rumah alangkah baiknya perbanyak riset dan referensi supaya meminimalisir kesalahan dan penyesalan saat pembangunan," pungkasnya.

(gaf/eny)
viral tiktok bogor rumah subsidi home decor membangun rumah rumah

Terkini Lainnya

  • TikTok Viral Verificator


  • Konfirmasi Wolipop

  • Viral Before After Rumah Kontrakan Sempit Jadi Elit Minimalis Bikin Takjub

  • Rumah Estetis di Gang Sempit Viral, Siapa Sangka Dalamnya Seperti Ini

  • Viral Penampakan Kamar Kost Penuh Sampah dan Bau, Penghuninya Kok Bisa Tidur

  • Viral Bikin Syok Momen Kitchen Set Rumah Tiba-tiba Ambrol bak Gempa Bumi

  • Viral Penyewa Rumah Dipuji Cantik dan Wangi Tapi Sikapnya Ini Bikin Geram

  • Viral Dekor Rumah dan Kamar bak Bantargebang Vs Meikarta, Bedanya Bikin Kaget

  • Pria Tusuk Empat Orang Saat Malam Takbiran di Gunungsindur Bogor, Dua Tewas

  • Bosan Makan Daging? Yuk, Jajan 5 Mie Ayam Legendaris Tersohor di Bogor Ini!

  • Ampuh! Begini Cara Jitu Usir Semut Pakai Bahan Alami

  • Viral Warga di Sumedang Balikin Sampah Dibuang Sembangan ke Pemilik Rumah

  • Membandingkan Rumah Putin dan Kim Jong Un yang Mau Kopi Darat

  • Penjelasan Pengelola GBK-Vendor Buntut Viral Masukkan Kucing ke Plastik

  • Potret Rumah Masa Kecil Eminem yang Kini Sudah Dihancurkan

  • Jeroan Rumah Gal Gadot Rp 81 Miliar yang Tak Lanjut Jadi Wonder Women

Tautan Sahabat