cxhkir.com

7 Pengganti Minyak Goreng untuk Diet, Makan Gorengan Jadi Lebih Sehat

Foto: Getty Images/iStockphoto/MileA

Jakarta -

Ingin makan gorengan dengan lebih sehat saat diet? Ada beberapa referensi pengganti minyak goreng untuk diet yang lebih sehat.

Minyak goreng merupakan bahan pokok yang sering digunakan dalam masakan sehari-hari. Namun tahukah kamu bahwa minyak goreng yang biasa kamu gunakan bisa jadi tidak sehat, terutama untuk diet?

Minyak goreng umumnya mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk itu, penting untuk memilih pengganti minyak goreng untuk diet yang lebih sehat. Berikut ragam pengganti minyak goreng untuk diet yang bisa kamu coba:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Minyak ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Minyak zaitun cocok digunakan untuk menumis, salad dressing, dan marinasi.

Sebuah studi dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun per hari memiliki risiko kematian lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini juga dapat bermanfaat bagi otak.

Berdasarkan penelitian baru yang dipresentasikan saat NUTRITION 2023, pertemuan tahunan American Society of Nutrition, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi setengah sendok teh minyak zaitun setiap hari memiliki risiko 28% lebih rendah untuk meninggal akibat demensia.

2. Minyak Canola

Minyak canola juga termasuk pengganti minyak goreng untuk diet karena kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan rendah lemak jenuh. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi sehingga cocok untuk menggoreng dengan suhu tinggi.

Minyak canola dapat digunakan untuk salad dressing dan baking. Satu sendok makan minyak canola mengandung 16 persen DV (nilai harian) vitamin E, nutrisi yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan mata.

Faktanya, minyak canola cenderung diproses secara mendalam, jadi mencari merek yang diperas dingin dan berkualitas baik adalah kuncinya jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan sepenuhnya.

3. Minyak Alpukat

Minyak alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Minyak alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yaitu sekitar 75%.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak alpukat bahkan lebih tinggi daripada minyak zaitun. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak alpukat dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak tubuh. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi sehingga cocok untuk menggoreng dengan suhu tinggi.

4. Minyak Kacang Tanah

Minyak kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi sehingga cocok untuk menggoreng dengan suhu tinggi. Minyak kacang tanah bisa dipakai untuk salad dressing dan baking.

"Selain rasanya yang lezat, minyak kacang tanah merupakan sumber vitamin E yang mengandung 11 persen dari asupan harian yang direkomendasikan dan memiliki salah satu kandungan lemak tak jenuh tunggal tertinggi di antara minyak goreng," ujar Jada Linton, RDN, LD, seorang ahli diet.

5. Minyak Wijen

Minyak wijen kaya akan lemak tak jenuh ganda dan antioksidan. Jenis ini bisa menjadi pengganti minyak goreng untuk diet yang memiliki rasa khas dan cocok digunakan untuk menumis masakan Asia. Minyak wijen tidak cocok untuk menggoreng dengan suhu tinggi karena titik asapnya yang rendah.

Sebagian besar penelitian tentang minyak wijen telah dilakukan di laboratorium. Sejauh ini hasilnya menjanjikan dan menunjukkan bahwa minyak wijen bersifat anti-inflamasi.

Minyak wijen juga memiliki efek positif pada faktor-faktor yang berhubungan dengan jantung, seperti aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah jantung) dan kadar kolesterol.

6. Minyak Chia Seed

Minyak chia seed, diekstrak dari biji tanaman Salvia hispanica L., menawarkan banyak manfaat kesehatan dan rasa yang unik. Berwarna emas dengan titik asap tinggi dan rasa netral, pengganti minyak goreng untuk diet ini cocok untuk berbagai hidangan, seperti menumis ringan, pasta, dan salad.

Minyak chia seed kaya akan asam lemak omega-3, khususnya asam alfa-linolenat (ALA). ALA merupakan prekursor bagi EPA dan DHA, dua jenis omega-3 lain yang penting untuk kesehatan jantung dan otak.

Apalagi pengganti minyak goreng untuk diet dan bagaimana memilih minyak goreng untuk diet? KLIK HALAMAN BERIKUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2
diet minyak goreng diet tanpa minyak minyak goreng untuk diet tips diet

Terkini Lainnya

  • Untuk itu, penting untuk memilih pengganti minyak goreng untuk diet yang lebih sehat. Berikut ragam pengganti minyak goreng untuk diet yang bisa kamu coba:

  • Jika Hanya Bisa Makan 1 Jenis Makanan Saat Diet, Pilih Daging, Ini Alasannya

  • Diet Prilly Latuconsina Turun BB 10 Kg, Kurangi Makan Gula dan Gorengan

  • Ini Jam Makan Malam untuk Diet yang Tepat Menurut Penelitian dan Ahli

  • Nayeon TWICE Kerja Keras Diet Ekstrem & Olahraga Demi Comeback Album Solo

  • Ed Sheeran 1,5 Tahun Kecanduan Makan Chicken Wings, Berat Badan Naik 25 Kg

  • Berapa Sendok Nasi untuk Diet? Ini Penjelasannya

  • 6 Tanda Diet Salah dan Sudah Tak Sehat untuk Tubuh

  • 5 Tips Intuitive Eating, Cara Mudah untuk Capai Berat Badan Ideal

  • BB Sempat Nyaris 100 Kg, Ed Sheeran Sukses Turun 32 Kg Pakai Cara Ini

  • Demi Peran dalam 'Queen of Tears', Kim Ji Won Hindari Makanan Ini

  • 'Ice Hack Diet' Klaim Bisa Turun BB dengan Konsumsi Makanan Dingin

  • 5 Tips Pola Makan dan Ngemil di Kantor Agar Tak Gendut

  • Beras dan Minyak Goreng Asal Malaysia Ditemukan di Jalur Tikus Kalimantan

  • Amanda Manopo Turun BB 14 Kg, Dulunya Doyan Ngemil!

Tautan Sahabat