cxhkir.com

Berapa Sendok Nasi untuk Diet? Ini Penjelasannya

butter rice

Jakarta -

Memilih porsi nasi yang tepat sangat penting bagi mereka yang menjalani diet untuk menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan. Lalu, berapa sendok nasi untuk diet? Baca terus artikel di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Nasi merupakan sumber karbohidrat utama bagi banyak orang, terutama di Indonesia. Namun, tanpa perencanaan yang baik, konsumsi nasi yang berlebihan bisa menggagalkan tujuan diet.

Menyeimbangkan porsi nasi dengan kebutuhan kalori, dan nutrisi harian sangat krusial. Banyak orang cenderung langsung mengurangi atau bahkan menghilangkan nasi dari menu harian mereka saat menjalani diet.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Padahal, nasi sebenarnya bisa menjadi bagian dari diet yang sehat asalkan porsinya dikontrol dengan baik. Jenis nasi yang dipilih, seperti nasi merah atau nasi putih, juga memiliki peran penting dalam menentukan nilai gizi yang diperoleh.

Tak hanya itu, mengkombinasikan nasi dengan sumber protein, dan sayuran dapat membantu menciptakan pola makan yang seimbang dan menyehatkan. Bagi seseorang yang menjalani diet penurunan berat badan, menentukan porsi nasi yang tepat memerlukan berbagai pemahaman tentang kebutuhan energi masing-masing individu.

Seperti dikutip dari Cosmopolitan, penasihat nutrisi Julian Gaine, menguraikan bahwa penting untuk dicatat tentang ukuran porsi makanan yang kamu makan bergantung pada berbagai faktor. Pertama, jenis kelamin. Secara alami, pria memang membutuhkan lebih banyak energi (alias kalori), secara umum, dibandingkan wanita, karena lebih mudah bagi mereka untuk membangun dan mempertahankan otot tanpa lemak, yang berarti mereka membakar energi lebih cepat.

Demikian pula, porsi makanan kamu akan bervariasi tergantung pada tujuan akhirmu. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu perlu makan dengan porsi yang sedikit lebih kecil; dan tentunya, jika kamu ingin menambah berat badan, kamu harus makan dalam jumlah surplus kalori.

Berapa Sendok Nasi untuk Diet?

Menentukan berapa sendok nasi yang ideal untuk diet bergantung pada beberapa faktor, seperti kebutuhan kalori harian, dan jenis kelamin.

Wanita Dewasa

Wanita dewasa berusia 19 tahun - 40 tahun dengan tingkat aktivitas sedang membutuhkan sekitar 1.800-2.200 kalori perhari. Dari total kebutuhan kalori ini, sekitar 45-65% harus berasal dari karbohidrat, termasuk nasi.

Untuk diet penurunan berat badan, umumnya disarankan untuk mengonsumsi sekitar 150-200 gram karbohidrat per hari. Jika kamu seorang wanita dan ingin menurunkan berat badan, sebaiknya makan nasi per porsi 37g atau setara dengan 3-4 sendok makan.

Pria Dewasa

Rata-rata pria dewasa membutuhkan sekitar 2.200-2.800 kalori per hari. Jika kamu seorang pria dan ingin menjaga berat badan, sebaiknya makan nasi per porsi 130g. Namun, jika kamu seorang pria dan ingin menurunkan berat badan, sebaiknya makan nasi per porsi 50g atau setara 4-6 sendok nasi per porsi.

Jenis nasi juga mempengaruhi kesuksesan diet. Pilihlah jenis nasi yang memiliki indeks glikemik lebih rendah, seperti nasi merah, dibandingkan nasi putih. Nasi dengan indeks glikemik lebih rendah membantu mengontrol kadar gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama, yang sangat berguna dalam program diet.

Sebagai panduan praktis, seseorang bisa memulai diet dengan sekitar 3-5 sendok makan nasi per makan. Lalu mengombinasikannya dengan sumber protein sehat (seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau tahu), dan banyak sayuran untuk menciptakan makanan yang seimbang dan mengenyangkan.



Simak Video "KuTips: Olahraga Minim Cedera Seusai Absen di Ramadan-Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
diet diet karbo nasi nasi untuk diet jumlah kalori kalori nasi cara menurunkan berat badan

Terkini Lainnya

  • Berapa Sendok Nasi untuk Diet?

  • Jika Hanya Bisa Makan 1 Jenis Makanan Saat Diet, Pilih Daging, Ini Alasannya

  • Diet Prilly Latuconsina Turun BB 10 Kg, Kurangi Makan Gula dan Gorengan

  • Ini Jam Makan Malam untuk Diet yang Tepat Menurut Penelitian dan Ahli

  • Nayeon TWICE Kerja Keras Diet Ekstrem & Olahraga Demi Comeback Album Solo

  • 7 Pengganti Minyak Goreng untuk Diet, Makan Gorengan Jadi Lebih Sehat

  • Ed Sheeran 1,5 Tahun Kecanduan Makan Chicken Wings, Berat Badan Naik 25 Kg

  • 6 Tanda Diet Salah dan Sudah Tak Sehat untuk Tubuh

  • BB Sempat Nyaris 100 Kg, Ed Sheeran Sukses Turun 32 Kg Pakai Cara Ini

  • Demi Peran dalam 'Queen of Tears', Kim Ji Won Hindari Makanan Ini

  • 5 Tips Pola Makan dan Ngemil di Kantor Agar Tak Gendut

  • 5 Kebiasaan Makan Siang Ini Bikin Berat Badan Cepat Naik

  • Perusahaan Ini Siapkan Bonus Rp 2,2 M buat Pegawai yang Turun Berat Badan!

  • Amanda Manopo Turun BB 14 Kg, Dulunya Doyan Ngemil!

  • Edukasi Obesity Center di Radjak Hospital Salemba

Tautan Sahabat