cxhkir.com

9 Manfaat Kurma untuk Diet Agar Tetap Langsing dan Percantik Penampilan

Kurma

Jakarta -

Ngidam makanan manis saat diet turun berat badan? Coba saja makan kurma. Ini dia manfaat kurma untuk diet yang bisa membantu mempercantik penampilan.

Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadan. Ternyata tidak hanya dianjurkan untuk menu buka puasa tapi juga ada beberapa manfaat kurma untuk diet.

Ya, kurma memang memiliki banyak manfaat buat kesehatan, termasuk untuk diet sehat. Kaya akan serat, vitamin, dan mineral, kurma dapat membantumu mencapai tujuan penurunan berat badan dengan cara yang alami dan lezat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Manfaat kurma untuk diet banyak sekali. Kurma menjaga energi sepanjang hari, terutama pada hari-hari sibuk, hari puasa, atau sebelum berolahraga. Mereka dapat dikonsumsi kapan saja, sarapan, makan siang, atau sebagai camilan malam, dan merupakan sumber nutrisi yang kaya, baik makro maupun mikro, vitamin dan mineral," jelas Payal Kothari, selaku integrative nutritionist sekaligus gut health coach, dilansir dari Vogue India.

Berikut manfaat kurma untuk diet sehat yang juga bantu percantik penampilanmu:

1. Meningkatkan Rasa Kenyang

Kurma mengandung serat tak larut yang tinggi, sekitar 6,5 gram per 100 gram kurma. Serat ini membantu memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula dalam darah, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari keinginan untuk ngemil makanan manis.

Kandungan serat ini juga membantu meningkatkan volume tinja sehingga melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Sumber Energi Alami

Kurma kaya akan gula alami seperti fruktosa dan glukosa, yang menyediakan energi instan untuk tubuh. 100 gram kurma mengandung sekitar 277 kalori, yang cukup untuk memberikan energi untuk beraktivitas selama beberapa jam. Gula alami lebih mudah dicerna dan lebih sehat dibandingkan dengan gula buatan.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain serat tak larut, kurma juga mengandung serat larut yang disebut pektin. Pektin membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan cara:

- Meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

- Menjaga keseimbangan pH dalam usus.

- Membantu penyerapan air dan mineral.

Pencernaan yang sehat penting untuk penyerapan nutrisi yang optimal dan membantu kamu merasa lebih baik secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Metabolisme

Kurma mengandung beberapa mineral penting, seperti magnesium dan zat besi, yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lebih tinggi membantu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat kamu sedang beristirahat.

Magnesium membantu tubuh mengolah energi dari makanan dengan lebih efisien. Zat besi membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, yang penting untuk metabolisme sel.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kurma untuk diet juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Kurma mengandung serat pektin yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

LDL dapat menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kurma juga mengandung potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi juga merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kurma memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 42. Indeks glikemik menjadi ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah.

Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis sehingga baik untuk penderita diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kurma juga mengandung serat yang membantu melambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat kurma untuk diet selanjutnya bagus buat tulang. Kurma kaya akan kalsium dan magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang.

Kalsium membantu membangun dan memelihara tulang. Sedangkan magnesium membantu menyerap kalsium.

Konsumsi kurma secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. Kurma juga mengandung fosfor, yang membantu meningkatkan kepadatan tulang.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Kurma mengandung antioksidan dan kolin yang membantu meningkatkan fungsi otak dan memori. Antioksidan membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan kolin penting untuk pembentukan membran sel otak.

Kurma juga mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk fungsi saraf. Konsumsi kurma secara teratur dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan belajar.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Kurma mengandung vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin A membantu memperbarui sel-sel kulit dan mencegah penuaan dini.

Sementara vitamin C membantu membangun kolagen yang membuat kulit kenyal dan elastis. Kurma juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

"Kurma adalah sumber Vitamin C dan D yang sangat baik, yang meningkatkan produksi kolagen sehingga meningkatkan elastisitas," kata Dr Geetika Mittal Gupta, selaku dokter kulit yang berbasis di Delhi.

Konsumsi kurma secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap lembap, kenyal, dan bercahaya.

Itulah manfaat kurma untuk diet yang membantu kamu menjaga tubuh tetap langsing sekaligus mempercantik penampilan kulitmu.



Simak Video "KuTips: Olahraga Minim Cedera Seusai Absen di Ramadan-Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
kurma manfaat kurma kurma untuk diet manfaat kurma untuk diet diet makanan diet

Terkini Lainnya

  • Berikut manfaat kurma untuk diet sehat yang juga bantu percantik penampilanmu:

  • Makan Es Krim Tiap Hari Nggak Bikin Gemuk, Asal...

  • Punya 'Body Goal', Sullyoon NMIXX Ungkap Tips dan Snack Saat Diet

  • Turun Berat Badan 37 Kg, Kelly Clarkson Mengaku Minum Obat Diabetes

  • Aktris Drakor Terkaya Disebut Hanya Makan Anggur Saat Diet, Begini Katanya

  • Bolehkah Minum Teh Hijau untuk Diet Setiap Hari? Ini Penjelasannya

  • Waktu Terbaik Minum Teh Hijau, Pagi Hari atau Sebelum Tidur?

  • Ahli Ungkap 5 Cara Ampuh Bakar Kalori untuk Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

  • Kelly Clarkson Buka-bukaan Resep Dietnya, Kini Sukses Turun 27 Kg

  • Berat Badan Tidak Turun Meski Sudah Diet? 14 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

  • Mau Hidup sampai 100 Tahun Seperti Warga 'Blue Zone'? Jangan Skip Kebiasaan Ini

  • Mengenal Intermittent Fasting, Diet Puasa Ade Rai yang Viral

  • Diet ala Jisoo Blackpink? Begini Rutinitasnya

  • Kenyal dan Legit 3 Kurma Populer di Supermarket

  • Amanda Manopo Turun BB 14 Kg, Dulunya Doyan Ngemil!

Tautan Sahabat