cxhkir.com

11 Makanan Sehat untuk Diet Setelah Lebaran, Bikin Berat Badan kembali Ideal

Foto: Getty Images/iStockphoto/chanakon laorob

Jakarta -

Setelah beberapa hari ini menikmati lezatnya hidangan khas Idul Fitri, kini saatnya kembali fokus pada pola makan sehat untuk mendukung penurunan berat badan. Di bawah ini ada daftar makanan sehat untuk diet setelah Lebaran yang mudah untuk dikonsumsi.

Hidangan berlemak dan manis saat Lebaran tentunya sulit untuk dilewatkan. Ini mungkin membuat berat badan kembali melonjak. Namun, tidak perlu khawatir, ada banyak opsi makanan sehat yang bisa membantu kita kembali ke jalur yang benar.

Mulai perjalanan kembali ke pola makan sehat dan seimbang setelah Lebaran, dengan memilih makanan yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Pilihlah makanan yang tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut adalah pilihan makanan sehat untuk diet setelah Lebaran:

1. Telur

Meskipun asupan telur dapat meningkatkan kadar kolesterol, telur adalah salah satu makanan yang cocok untuk diet. Telur sangat padat nutrisi. Kuning telur mengandung kolin dan vitamin D, putih telur mengandung 4-6 gram protein.

Karena tinggi protein dan lemak, telur membantu merasa kenyang. Hal tersebut dapat membantu memerangi makan berlebihan.

Misalnya, seperti dikutip dari Healthline bahwa satu penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan secara signifikan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan di kemudian hari. Dari direbus hingga orak-arik ataupun telur mata sapi, ada banyak cara berbeda untuk menikmati telur.

2. Pisang

Pisang adalah makanan yang cocok sebagai sarapan untuk diet. Tinggi serat tetapi rendah kalori, pisang merupakan alternatif yang bagus untuk sereal sarapan manis.

Serat membantu memperlambat pengosongan perut untuk mengekang keinginan dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Satu pisang ukuran sedang memiliki lebih dari 100 kalori. Pisang dapat dinikmati sendiri atau diiris sebagai taburan yogurt, keju, atau oatmeal. Kamu juga bisa menambahkan pisang ke smoothie pagi.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, sawi hijau, merupakan makanan yang cocok untuk diet. Mereka mengemas serat dan nutrisi yang membuat kamu kenyang dan terhidrasi.

Terlebih lagi, sayuran hijau mengandung thylakoids, senyawa tanaman yang telah dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang dan manajemen nafsu makan yang lebih baik dalam setidaknya dua penelitian pada manusia. Sayuran hijau juga memiliki berbagai macam serat dan mikronutrien dan hampir selalu merupakan tambahan yang bagus untuk diet

4. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon bergizi dan mengenyangkan. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting. Kombinasi itu membuat kamu kenyang dan dapat membant mencapai berat badan yang lebih sehat.

Salmon sarat dengan asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolik.

5. Dada Ayam

Dada ayam dan beberapa daging tanpa lemak adalah makanan yang cocok untuk diet. Namun, asupan tinggi daging merah dan olahan dikaitkan dengan risiko kanker, diabetes, kematian dini, dan penyakit jantung yang lebih tinggi

Secara nutrisi, ayam dan daging merah sama-sama tinggi protein dan zat besi. Dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak seperti tenderloin atau flank steak mengemas protein dan zat besi dan memiliki lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan potongan lainnya.

6. Yoghurt

Krim, lezat, dan memuaskan, yoghurt merupakan tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan. Secara khusus, Greek Yoghurt memberikan potongan protein yang sehat di setiap sajian, menjadikannya makanan sarapan penurun berat badan yang ideal.

Satu studi pada 20 wanita menemukan bahwa mengonsumsi yogurt berprotein tinggi sebagai camilan menurunkan tingkat rasa lapar dan mengurangi asupan makanan hingga 100 kalori di kemudian hari, dibandingkan dengan camilan tidak sehat seperti cokelat dan kerupuk. Coba gabungkan satu cup (285 gram) Greek Yoghurt dengan campuran buah, biji chia, atau gandum

Selanjutnya
Halaman
1 2
makanan sehat makanan diet diet setelah lebaran tips diet lebaran

Terkini Lainnya

  • Berikut adalah pilihan makanan sehat untuk diet setelah Lebaran:

  • Jika Hanya Bisa Makan 1 Jenis Makanan Saat Diet, Pilih Daging, Ini Alasannya

  • Diet Prilly Latuconsina Turun BB 10 Kg, Kurangi Makan Gula dan Gorengan

  • Ini Jam Makan Malam untuk Diet yang Tepat Menurut Penelitian dan Ahli

  • Nayeon TWICE Kerja Keras Diet Ekstrem & Olahraga Demi Comeback Album Solo

  • 7 Pengganti Minyak Goreng untuk Diet, Makan Gorengan Jadi Lebih Sehat

  • Ed Sheeran 1,5 Tahun Kecanduan Makan Chicken Wings, Berat Badan Naik 25 Kg

  • 7 Jenis Ikan yang Tak Aman Bagi Pengidap Asam Urat, Nomor 3 Sering Dikonsumsi

  • 6 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Kebanyakan Makan Daging

  • Apakah Sayuran Beku Menyehatkan? Ini Faktanya

  • Menko PMK Anjurkan Bungkus Daging Kurban Pakai Bahan yang Bisa Didaur Ulang

  • Slurpp! 5 Minuman Sehat Ini Ampuh Dorong Imunitas Tubuh

  • 6 Tanda Diet Salah dan Sudah Tak Sehat untuk Tubuh

  • Serupa Tapi Tak Sama, 10 Makanan Kembar Ini Sering Dikira Makanan yang Sama

  • Top! Kompetisi Mixologist Hasilkan Inovasi Tren Minuman Kekinian

Tautan Sahabat