cxhkir.com

9 Makanan Penurun Kolesterol Setelah Lebaran, Menu Sehat tapi Murah

5 Makanan Tinggi Protein Ini Bantu Atasi Kolesterol

Jakarta -

Setelah konsumsi makanan berlemak seperti daging dan santan selama Idul Fitri, penting untuk memilih makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Di bawah ini ada beberapa pilihan makanan penurun kolesterol setelah Lebaran yang bisa dikonsumsi.

Perayaan Idul Fitri rasanya tak sempurna tanpa hidangan khas seperti opor ayam hingga rendang. Makanan berlemak seperti itu tentunya memicu naiknya kadar kolesterol yang apabila dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Setelah merayakan Idul Fitri dengan berbagai hidangan lezat, saatnya untuk kembali ke pola makan sehat. Konsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol menjadi perhatian utama bagi banyak orang setelah periode perayaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut adalah makanan penurun kolesterol setelah Lebaran:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan kangkung kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat larut air dapat mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan, mencegah penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, dan membantu mengeluarkannya dari tubuh melalui tinja. Dengan demikian, konsumsi serat larut air secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat).

Sayuran hijau juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pembuluh darah. Dengan menjaga kesehatan pembuluh darah, antioksidan dalam sayuran hijau dapat membantu mengurangi risiko pembentukan plak kolesterol dalam arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

2. Buah-buahan

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Buah-buahan seperti apel, jeruk, dan stroberi mengandung serat larut air dan antioksidan yang membantu mengurangi kadar kolesterol.

Tak hanya itu, buah-buahan mengandung nutrisi penting lainnya seperti kalium, magnesium, dan folat yang membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Misalnya, kalium membantu mengatur tekanan darah, sedangkan magnesium membantu meningkatkan aliran darah dan folat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari dan kacang mete adalah sumber protein nabati yang baik. Protein nabati dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menggantikan sumber protein hewani yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Kacang-kacangan juga mengandung fitosterol, senyawa tanaman yang mirip dengan kolesterol. Fitosterol dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

4. Ikan

Ikan, terutama ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna, mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 terbukti memiliki efek positif pada kesehatan jantung, termasuk meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Selain itu, omega-3 juga dapat mengurangi peradangan dalam pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

5. Oatmeal

Oatmeal atau sereal gandum utuh mengandung beta-glukan, jenis serat larut air yang terutama efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Beta-glukan membentuk lapisan gel di saluran pencernaan, yang membantu mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh melalui tinja. Konsumsi oatmeal secara teratur dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan dan memperlambat penyerapan kolesterol oleh tubuh.

6. Tahu dan Tempe

Baik tahu maupun tempe adalah sumber protein nabati yang baik yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam darah. Tahu mengandung isoflavon, senyawa fitokimia yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah. Isoflavon memiliki efek mirip estrogen dalam tubuh dan dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak.

Meskipun kandungan seratnya tidak sebanyak pada sayuran dan biji-bijian, tahu dan tempe masih mengandung sejumlah serat. Ini membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan.

7. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Alpukat mengandung antioksidan seperti vitamin E. Ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan peradangan yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol dalam arteri.

8. Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Likopen telah terbukti memiliki efek menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

Tomat mengandung kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Tomat juga mengandung serat larut air yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan menjaga pencernaan yang sehat.

9. Kubis

Kubis mengandung senyawa sulfuraphane yang telah diteliti untuk efeknya dalam meningkatkan metabolisme kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kubis juga mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten yang membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

Mengonsumsi makanan-makanan di atas secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan setelah konsumsi makanan berlemak selama Idul Fitri. Selain itu, penting juga untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur.



Simak Video "Selamat dari Kecelakaan, Gordon Ramsay: Aku Merasa Beruntung"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
kolesterol makanan penurun kolesterol makanan penurun kolesterol alami cara menurunkan kolesterol

Terkini Lainnya

  • Berikut adalah makanan penurun kolesterol setelah Lebaran:

  • Penyebab Kolesterol Naik, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Buka Puasa!

  • Kadar Kolesterol Normal Wanita, Catat Kisarannya untuk Jantung dan Hidup Sehat

  • 7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Daging Saat Idul Adha

  • 10 Makanan Penurun Kolesterol Agar Tidak Jantungan di Usia Muda

  • Buka-bukaan Alasan Nge-war Torpedo, FOMO atau Beneran Dongkrak Libido?

  • Bapak-bapak Dapat Saingan, Pria Lajang Juga Nge-war Torpedo Kambing

  • Diam-diam Jadi Incaran, Ternyata Seperti Ini Rasanya Torpedo Kambing

  • Catat Makanan 'Penurun' Kolesterol usai Kalap Makan Daging saat Lebaran Idul Adha

  • Leher Tegang Usai Makan Jeroan Kambing Tanda Kolesterol Tinggi? Faktanya Begini

  • Membandingkan Daging Kambing Vs Sapi, Mana yang Lebih 'Sehat'?

  • Kolesterol Aman? Lemesin Otak Dulu Biar Kepala Nggak Pening

  • Sebelum Pusing Mikirin Kolesterol, Tebak-tebakan Dulu Yuk!

Tautan Sahabat