cxhkir.com

5 Tips Santap Makanan Lebaran Cegah Berat Badan Naik, Tetap Bisa Makan Opor

ilustrasi lebaran

Jakarta -

Ketupat sayur, opor ayam, rendang dan semur merupakan beberapa makanan khas Lebaran yang populer di Indonesia. Berbagai makanan Lebaran yang terhidang di meja rasanya sulit untuk ditolak, selain karena rasanya lezat, juga menjadi momen setahun sekali makan bersama keluarga besar.

Seringkali kita kalap menyantap hidangan Lebaran yang sebagian besar memiliki santan, lemak dan kalori tinggi. Ketika dikonsumsi berlebihan, makanan tersebut bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan mulai dari sembelit, meningkatnya kolesterol hingga kenaikan berat badan.

Makanan khas Lebaran, mulai dari menu utama dan camilan seperti kue nastar atau putri salju sebenarnya sah-sah saja jika ingin dinikmati. Namun batasi konsumsinya dan imbangi dengan makanan sehat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ini tips menikmati makanan di Hari Raya Idul Fitri, supaya tubuh sehat dan berat badan tetap terkontrol.

1. Batasi Menyantap Makanan Manis

Kudapan manis yang sering ada saat Lebaran seperti nastar, putri salju, sagu keju, kue kacang dan dodol sebaiknya dibatasi konsumsinya. Menyantap makanan manis terlalu banyak bisa membuat perut terasa penuh, mual dan lemas karena lonjakan kadar gula dalam darah.

Kamu bisa menikmati makanan manis secukupnya saja. Misalnya, kue kering maksimal 4-5 butir sehari. Berdasarkan Tabel Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram (4-5 buah) nastar mengandung sebanyak 512 kalori.

2. Tambah Porsi Sayur

Makan banyak sayuran akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang mungkin hilang atau berkurang selama satu bulan berpuasa. Selain itu kandungan serat yang tinggi bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Setelah menyantap hidangan khas Lebaran, kamu bisa mengimbanginya dengan makan salad, sayur bayam, tumis kangkung atau sup isi berbagai sayuran.

3. Makan dengan Gizi Lengkap

Jika sudah makan opor ayam dan ketupat, maka penuhi juga kebutuhan nutrisi lainnya dengan sayur dan buah-buahan. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap akan membuat tubuh berenergi seharian. Terutama jika kegiatan kamu pada Hari Lebaran diisi dengan silahturahmi dari rumah ke rumah.

4. Porsi Kecil

Makan dengan porsi kecil akan membuat tubuh perlahan-lahan terbiasa lagi dengan pola makan pada umumnya. Selain itu juga menghindari rasa begah yang membuat perut tak nyaman.

5. Jaga Pencernaan dengan Konsumsi Probiotik

Sangat disarankan mengonsumsi probiotik di sela-sela jam makan. Probiotik yang terkandung dalam keju, yoghurt atau acar akan membantu kesehatan pencernaan supaya perut terasa lebih nyaman, selain itu juga mencegah sembelit.



Simak Video "Bella Hadid Kembali Gaungkan Free Palestine di Momen Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
makanan lebaran hidangan lebaran tips makan sehat makan sehat saat lebaran

Terkini Lainnya

  • 1. Batasi Menyantap Makanan Manis

  • 2. Tambah Porsi Sayur

  • 3. Makan dengan Gizi Lengkap

  • 4. Porsi Kecil

  • 5. Jaga Pencernaan dengan Konsumsi Probiotik

  • Warga Berburu Bakso Usai Seharian Santap Menu Lebaran

  • 8 Makanan Khas Lebaran, Ada Makanan Utama hingga Kue Kering

  • 7 Hidangan Tradisional Lebaran yang Kini Mulai Langka

  • 5 Negara dengan Hidangan Lebaran Khas dan Lezat

  • 7 Makanan Idul Fitri di Berbagai Negara, Semuanya Istimewa!

  • Anti Lemas! Ini Tips Makan Sehat agar Tetap Bugar Selama Puasa

  • Lezatnya Sajian Lebaran dengan Menu Favorit Keluarga

  • Andien Makan Soto Sehat Versinya, Pakai Kaldu Tulang dan Miso

Tautan Sahabat