cxhkir.com

9 Menu Sahur Sehat, Praktis Mudah Dimasak Bikin Tidak Lemas Saat Puasa

Menu Sahur Sehat

Jakarta -

Sahur merupakan waktu penting bagi umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Pertimbangkan untuk mengonsumsi menu sahur sehat di bawah ini agar tidak lemas saat menjalani puasa.

Pemilihan menu sahur yang sehat dan bergizi menjadi kunci untuk menjaga energi dan kesehatan selama hari berpuasa. Menu sahur yang tepat dapat membuat tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup untuk bertahan sepanjang hari tanpa merasa lemas atau kehilangan stamina.

Ada beberapa contoh menu sahur sehat yang praktis dan mudah dimasak. Ini dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk memulai hari dengan penuh energi dan semangat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut beberapa contoh menu sahur sehat yang praktis dan dapat membantu menjaga energi saat berpuasa:

1. Oatmeal dengan Buah-buahan Segar

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik. Sementara itu buah-buahan seperti potongan pisang, stroberi, atau blueberry dapat menambahkan rasa dan kandungan serat yang tinggi. Perpaduan oatmeal dengan buah-buahan segar bisa menjadi pilihan menu sahur sehat yang praktis dan mengenyangkan.

2. Telur Rebus atau Telur Dadar dengan Sayuran

Telur merupakan sumber protein yang baik, sementara tambahan sayuran seperti bayam, tomat, atau paprika akan menambahkan serat dan nutrisi tambahan. Kamu bisa menambahkan nasi merah sebagai pelengkap menu sahur sehat.

3. Roti Gandum Utuh dengan Alpukat

Roti gandum utuh memberikan energi tahan lama. Alpukat kaya akan lemak sehat dan serat. Menu sahur praktis ini menjadi kombinasi yang memuaskan dan menyehatkan.

4. Sup Sayuran dengan Protein

Sup sayuran kaya akan nutrisi, seperti sup wortel, atau buncis. Lengkapi dengan potongan daging ayam atau ikan untuk protein tambahan.

5. Sandwich Sehat

Gunakan roti gandum utuh atau roti berserat tinggi dan tambahkan potongan daging ayam panggang, sayuran segar seperti selada, tomat, dan mentimun. Hindari menggunakan mayones berlebihan, alih-alih gunakan saus tomat sebagai pengganti yang lebih sehat.

6. Pancake Pisang

Campurkan pisang matang dengan telur, tepung gandum utuh, dan sedikit baking powder untuk membuat adonan pancake yang sehat dan lezat. Tuang adonan ke wajan anti lengket dan panggang hingga matang. Menu sahur sehat ini bisa menjadi pilihan karena kandungan protein dan karbohidrat kompleks akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

7. Puding Chiaseed

Campurkan biji chia dengan susu almond atau susu rendah lemak, tambahkan sedikit madu atau pemanis alami lainnya, dan biarkan campuran tersebut mengental semalam di dalam kulkas. Saat tiba waktu sahur, tambahkan potongan buah-buahan segar di atasnya sebelum disajikan.

8. Tumis Sayuran dengan Tahu atau Tempe

Tumis berbagai macam sayuran seperti wortel, kacang polong, brokoli, dan buncis dengan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa. Tambahkan potongan tahu atau tempe untuk protein tambahan. Bumbui dengan sedikit garam, merica, dan rempah-rempah favoritmu. Ini adalah pilihan sahur sehat yang praktis.

9. Salad Sayuran dengan Protein

Buat salad dengan campuran sayuran segar seperti selada hijau, tomat, mentimun, dan paprika. Tambahkan protein seperti potongan daging ayam panggang, ikan panggang, atau kacang-kacangan seperti kacang merah. Sajikan dengan saus dressing rendah lemak atau dressing buatan sendiri.

Semua menu sahur sehat di atas dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi pribadi kamu, dan semuanya cukup mudah dan cepat untuk dimasak. Pastikan untuk minum air yang cukup juga untuk menjaga hidrasi selama puasa.



Simak Video "Buka Puasa saat di KRL-Transjakarta? Simak Aturannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
puasa ramadhan 2024 sahur menu sahur menu sahur sehat

Terkini Lainnya

  • Berikut beberapa contoh menu sahur sehat yang praktis dan dapat membantu menjaga energi saat berpuasa:

  • 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Bisa Dicoba Saat Puasa

  • Penyebab Kolesterol Naik, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Buka Puasa!

  • Cara Diet Air Putih yang Cocok Dimulai Saat Bulan Ramadhan

  • Bukan Minum Banyak Air Putih, Ini Tips Sahur agar Tak Cepat Haus saat Puasa

  • 8 Makanan untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh, Cocok Dimakan Saat Sahur

  • Cara Membuat Oatmeal untuk Diet yang Cocok Buat Sahur dan Buka Puasa

  • Masya Allah, Manfaat Puasa Syawal Bisa Dijelaskan Secara Medis

  • Menu Harian Ramadan 30: Pedas Nendang! Ayam Bakar Taliwang dan Sapi Lada Hitam untuk Puasa Terakhir

  • Menu Harian Ramadan 29: Mantap Sedap! Nasi Mentega Udang dan Rawon Surabaya

  • Bagaimana Puasa di Belahan Bumi Utara yang Nyaris Tidak Ada Malam?

  • Menu Harian Ramadan 27: Pedas Gurih! Sayur Tahu Kuning dan Sambal Daging Cabe Hijau

  • 5 Negara dengan Hidangan Lebaran Khas dan Lezat

  • Ada Garang Asem hingga Nasi Kebuli Enak di Resto Hotel Berbintang Ini!

  • Potret Pemudik Sahur di Pinggir Tol Cikampek

Tautan Sahabat