cxhkir.com

Biar Nggak Saltum, Kenali 5 Hal Ini Saat Pilih Outfit Kondangan

DANACEMAS

Jakarta -

Acara pernikahan adalah suatu momen perayaan yang menggembirakan. Oleh karena itu, jika diundang untuk hadir, sebisa mungkin hormatilah undangan tersebut dengan mengusahakan datang dan ikut menikmatinya.

Namun untuk menjadi bagian dari momen tersebut, kamu tidak boleh hadir dengan penampilan yang asal-asalan. Apalagi, saat ini pesta pernikahan umumnya mengusung tema dan dress code tertentu yang sudah dipilih oleh pengantin.

Biar nggak salah kostum atau saltum saat pergi ke pesta pernikahan orang terdekat, perhatikan 5 hal berikut yang dilansir dari beautynesia untuk pilih outfit kondangan yang kece.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Jauhi Warna Putih

Meski tidak ada aturan tertulis, outfit berwarna putih sebaiknya kamu hindari saat pergi ke pesta pernikahan. Pasalnya, kebanyakan pengantin perempuan akan menggunakan warna ini baik saat akad maupun pemberkatan. Dengan menghindari outfit berwarna putih, terutama yang punya aksen meriah dengan tambahan mutiara dan sequin, kamu pun tak akan membuat pengantin merasa 'tersaingi' dan bisa membuatnya jadi si paling bersinar di hari spesialnya.

Jika masih bingung menentukan warna outfit kondangan, kamu bisa contoh tradisi kondangan ala Korea yang juga menghindari warna putih. Tamu perempuan umumnya menghindari warna mencolok dan menggunakan warna netral seperti biru tua, krem, atau warna-warna pastel yang lembut agar tak menandingi perhatian untuk sang pengantin.

2. Hindari Warna yang Sama dengan Panitia

Jika pesta yang akan kamu hadiri adalah pernikahan teman dekat atau keluarga, kamu bisa cari tahu warna tema yang akan digunakan pengantin dan panitia. Dengan demikian, kamu bisa mencari outfit dengan warna berbeda dari konsep pesta yang akan digunakan dan tampil mengesankan.

3. Katakan Tidak pada Outfit Casual

Kini tak sedikit pesta pernikahan yang mengusung konsep kasual, terutama pernikahan di outdoor. Namun bukan berarti kamu bisa tampil asal-asalan dengan outfit casual seperti menggunakan kaos, sweater, jeans, atau sandal jepit seadanya.

Sebisa mungkin kamu tetap perlu mempertimbangkan outfit yang sopan dan rapi demi menghormati pengantin yang telah mengundangmu. Kamu bisa padu padankan gaun pendek berwarna netral yang casual dengan riasan ala no makeup makeup serta aksesori rambut yang sederhana. Sedangkan bagi pria, alih-alih menggunakan jas bisa pilih mix and match blazer, kemeja, dan celana dengan warna senada untuk tampilan lebih kasual namun tetap sopan.

4. Kenali Konsep Acara Undangan

Indonesia kaya akan budaya dan tradisi, termasuk dalam urusan pernikahan. Dengan mengenali konsep acara pernikahan yang akan dihadiri, kamu bisa menyesuaikan outfit yang tepat. Misalnya, jika pesta yang kamu hadiri mengusung adat tradisional kamu bisa memilih outfit yang senada, seperti menggunakan kebaya, batik, kain tenun khas daerah tertentu, atau wastra Indonesia lainnya yang sesuai.

Jika konsep pesta adalah resepsi di ballroom dengan konsep internasional, kamu bisa pilih gaun atau setelan jas yang sesuai. Sedangkan jika pesta yang diadakan lebih santai, misalnya garden party, kamu bisa pilih outfit lain yang bikin leluasa saat bergerak, seperti midi dress, flat shoes, dan lain-lain.

5. Pilih Sepatu yang Nyaman

Kenyamanan adalah yang utama saat memilih outfit dalam kesempatan apapun, termasuk saat kondangan. Salah satu yang terpenting adalah pemilihan sepatu yang menentukan kenyamananmu saat melangkah di pesta.

Tak melulu harus pakai sepatu hak tinggi/heels, kamu bisa sesuaikan jenis acara dengan sepatu yang digunakan. Misalnya, saat menghadiri pesta di taman atau pinggir pantai sebaiknya hindari heels model stileto atau hak tipis lainnya yang akan membuatmu sulit bergerak.

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan saat memilih outfit kondangan. Setelah kamu memperhatikan hal itu, kamu pun bisa segera berbelanja outfit yang tepat. Biar belanja kamu makin praktis dan #BebasDrama, kamu bisa menggunakan dompet digital DANA.

Selain bantu kamu belanja jadi lebih praktis, dompet digital satu ini juga akan membuat transaksi kamu aman dan nyaman karena ada DANA Protection. DANA Protection adalah fitur safety & security di DANA yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih, berlapis dan dinamis.

DANACEMAS Foto: DANA

Contohnya saat kamu bertransaksi, transaksimu akan dilindungi dengan sistem keamanan seperti PIN DANA, Kode OTP, atau DANA Viz (fitur Verifikasi Wajah di DANA). Pastinya jadi lebih aman.

Selain itu, jika terjadi kendala pun, ada DANA Customer Care dan juga DIANA, digital asistenmu di DANA, yang siap membantu kamu kapan saja lewat fitur Pusat Resolusi di DANA. Yang bikin tenang lagi, DANA juga memberikan 100% Garansi Uang Kembali lho, tentunya sesuai syarat & ketentuan yang berlaku yang bisa kamu cek di sini.

Yuk, download & transaksi pakai DANA sekarang!

(akn/ega)
dana dompet digital outfit kondangan

Terkini Lainnya

  • 5 Ide Style Hijab Kondangan Pakai Celana yang Simple dan Elegan

  • Dear Gamers! DANA & A+ Rewards Beri Kesempatan ke Jerman Nonton Final EURO

  • DANA Angkat Eks Menkominfo Rudiantara Jadi Komisaris Utama

  • 5 Zodiak Ini Diprediksi Dapat Cuan Berlimpah di 2024, Kamu Termasuk?

  • 4 Cara 'Panen' Untung di Akhir Tahun, Cek Nih Caranya!

  • Saksikan Debat Capres-Cawapres di detikcom, Ada Hadiah Total Puluhan Juta

  • Ajib! Ini Negara Tetangga yang Cocok Dikunjungi di Libur Akhir Tahun

  • Dompet Digital DANA Bisa Digunakan untuk Transaksi di Singapura

  • Top Up Saldo DANA Kini Bisa di Indomaret & i.saku

Tautan Sahabat