cxhkir.com

Adu Baju Atlet Olimpiade 2024 oleh Desainer Dunia, Tim RI Dibuat Anak Prabowo

Baju Atlet RI Olimpiade 2024 Karya Didit Hedirprasetyo

Jakarta -

Negara peserta Olimpiade 2024 sudah bersiap untuk menyambut pesta olahraga terakbar empat tahunan itu. Tak hanya performa para atlet, tapi juga gaya mereka berbusana. Desainer kelas dunia sampai turun tangan.

Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Sulit untuk membantah citra ibukota Prancis sebagai kiblat mode dunia. Maka tak heran banyak negara berlomba-lomba mempersiapkan pakaian para atletnya lebih maksimal.

Euforia tersebut nyata tersirat lebih dulu di panggung Paris Fashion Week Haute Couture yang berselang hanya beberapa pekan sebelum Olimpiade 2024. Christian Dior, Balenciaga, hingga Thom Browne mengeluarkan koleksi adibusana yang lekat dengan kemewahan dan keglamoran dalam tema olahraga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pakaian selalu berdialog dengan tubuh, dan dalam olahraga, Anda dapat membaca dengan jelas dialog semacam ini," kata Maria Grazia Chiuri, direktur kreatif busana wanita Dior, seperti dikutip The Guardian, tentang koleksi couture Dior untuk musim dingin 2024-2025.

Pernyataannya tersebut menjelaskan bagaimana olahraga dan fashion berkaitan satu sama lain. Desainer yang terlibat di Olimpiade 2024 mungkin juga sepakat sampai akhirnya mau 'diutus' negaranya untuk mempersolek atlet.

Seperti kata Thom Browne bahwa pekan mode seperti sebuah 'the Olympics of fashion', maka Olimpiade 2024 bakal terasa paling bergaya dengan keterlibatan para desainer besar.

Prancis - Berluti

Desain Baju Olimpiade 2024Baju timnas Prancis keluaran Berluti untuk Olimpiade 2024. (Foto: Dok. Berlut)

Prancis sebagai negara penyelenggara menggandeng Berluti, salah satu rumah mode milk LVMH yang merupakan sponsor utama Olimpiade 2024.

Menurut New York Times, terpilihnya Berluti terbilang mengejutkan mengingatkan skala bisnisnya yang lebih kecil dibanding jenama lain yang berada di bawah naungan LVMH seperti Louis Vuitton, Dior, Givenchy, ataupun Kenzo. Berluti lebih fokus pada busana formal pria dan tidak 'bertuan' alias belum memiliki desainer yang mengepalai tim kreatifnya.

Oleh karena itu, Carine Roitfeld, stylist kondang sekaligus mantan pemimpin redaksi Vogue Paris, dilibatkan dalam proses desain. Kolaborasi tersebut melahirkan pilihan setelan edgy untuk menemani penampilan para atlet Prancis saat berparade di upacara pembukaan.

Jas lengan buntung yang ditingkai lapel berwarna bendera Prancis dalam efek gradasi menjadi highlight desainnya. "Kami ingin sesuatu yang sangat klasik, chic, untuk sebuah momen yang spesial. Lalu saya terpikirkan tentang Le Smoking," ujar Carine tentang inspirasinya yang merujuk pada tuksedo revolusioner karya Yves Saint Laurent itu.

Untuk jersey dan sejenisnya, Prancis menurunkan Stephane Ashpool, perancang di balik jenama streetwear Pigalle. Stephane terilhami oleh masa emas fashion era 90-an.

Warna putih mendominasi paket baju olahraga dan atribut lalin, dengan sentuhan biru dan merah sebagai penyataan identitas dan nasionalisme.

Amerika Serikat - Ralph Lauren

Desain Baju Olimpiade 2024 Foto: Dok. Ralph Lauren

Bagi negara adikuasa ini, penting untuk menjaga tradisi. Tak cuma sebagai negara dengan rekor medali emas terbanyak di beberapa olimpiade terakhir, tapi untuk urusan busana. Sekali lagi, Ralph Lauren mendapat kepercayaan untuk mempersiapkan semua outfit para atlet AS.

Bayangkan gaya classy dan preppy khas Ralph Lauren, tapi dengan sentuhan yang sporty. Lebih ekstrem lagi, desainer 84 tahun itu menggali inspirasi dari dunia balap mobil untuk seragam upacara penutup.

"Ayah saya suka sekali balap mobil, kecepatannya dan sensibilitas olahraga tersebut. Gagasan tentang jaket yang modern datang dari itu. Rasanya juga sangat fashion forward," kata David Lauren, putra Ralph yang menjabat sebagai chief branding & innovation officer kepada CNBC International.

Demi memastikan kenyamanan para atlet kontingen AS, Ralph Lauren mengundang mereka ke markasnya untuk berdiskusi.

"Mereka memberi tahu kami apa yang membuat mereka nyaman," tambah David. Dengan begitu, rasa percaya diri akan lebih maksimal terpancar ketika para atlet berjalan di hadapan jutaan pasang mata di seluruh dunia.

Indonesia - Didit Hediprasetyo

Baju Atlet RI Olimpiade 2024 Karya Didit HedirprasetyoFoto: Dok. DAVY LINGGAR


Baju atlet Indonesia mendapat sentuhan artistik Didit Hediprasetyo. Banyak yang meragu alasan dirinya terpilih semata-mata karena anak presiden RI terpilih, Prabowo Subianto.

Namun, tidak adil jika tanpa membahas rekam jejak Didiet sebagai desainer Indonesia yang lama melintang di Paris seharusnya.

Jersey Tim Indonesia terdiri dari warna dominan merah dan putih, dengan lambang Garuda Pancasila bread dalam perisai lingkaran berlatar belakang hitam yang ditempatkan di sisi kiri dada. Kombinasi warna hadir dalam gaya color blocking yang asimetris tapi terasa minimalis, mencerminkan garis desain khas Didit.

"Saya waktu itu menemukannya saat mendengarkan lagu 'Berkibarlah Benderaku'," kata pria kelahiran 22 Maret 1984 itu saat jumpa pers peluncuran jersey timnas RI pekan lalu.

Mungkin seragam untuk seremoni pembukaan dan penutupan tidak jauh dari desain jersey. Rasa patriotisme dan nasionalisme bakal tetap menjadi pernyataan gaya.

"Saya terima tawaran ini sebagai bentuk kontribusi untuk bangsa. Harapannya, bisa turut serta mengharumkan nama bangsa," kata Didit.



Simak Video "Sambut Olimpiade Paris, Seniman Italia Gambar Menara Eiffel di Ladang"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
olimpiade 2024 berluti didit hediprasetyo seragam olimpiade timnas indonesia

Terkini Lainnya

  • Prancis - Berluti

  • Amerika Serikat - Ralph Lauren

  • Indonesia - Didit Hediprasetyo

  • Buatan Robot, Sneaker Terunik di Dunia Akan Cetak Sejarah di Olimpiade 2024

  • Berkilauan! Baju Atlet Senam AS Bertabur 10.000 Kristal untuk Olimpiade 2024

  • Alasan Didit Hediprasetyo Terima Tawaran Rancang Baju Atlet RI di Olimpiade 2024

  • Didit Hediprasetyo Rancang Baju Atlet RI untuk Olimpiade 2024 di Paris

  • Mewah, Baki Medali Olimpiade 2024 Didesain Louis Vuitton

  • Rasa Olimpiade di Koleksi Couture Didit Hediprasetyo, Mewah Berelemen Sporty

  • Belajar dari Olimpiade Tokyo, Fajar/Rian Wajib Fokus Sejak Awal!

  • Joe Aditya Anstusias Jalani Debut di Olimpiade Paris 2024

  • KOI Harap Anggaran Kontingen RI di Olimpiade Paris Cair Pekan Ini

  • Jalani Olimpiade Kedua, Azzahra Akui Jauh Lebih Rileks

  • Sisa Satu Juru Taktik Korea Selatan di Asia Tenggara

  • Ranking FIFA: Argentina Tetap Nomor 1, Spanyol di Posisi 3

  • Momen Jokowi Lepas Kontingen RI ke Olimpiade Paris 2024

  • Bantai Vietnam 5-0, Indonesia Juara 3 Piala AFF U-16 2024

Tautan Sahabat