cxhkir.com

Alasan Didit Hediprasetyo Terima Tawaran Rancang Baju Atlet RI di Olimpiade 2024

Baju Atlet RI Olimpiade 2024 Karya Didit Hedirprasetyo

Jakarta -

Seragam atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade 2024 mendapat sentuhan artistik dari desainer Didit Hediprasetyo. Lantas, apa yang memotivasinya untuk ambil bagian?

Didit Hediprasetyo mendesain pakaian kontingen Republik Indonesia untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis, yang akan berlangsung pada 26 Juli - 11 Agustus mendatang. Salah satunya jersey para atlet yang diluncurkan dalam acara 'Reveal Jersey Merah Putih' di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, pada Kamis (4/7/2024).

Hampir dua dekade berkecimpung di dunia mode, putra semata wayang presiden RI terpilih Prabowo Subianto ini sebenarnya lebih sering berkutat dengan koleksi high-fashion. Studio haute couture yang didirikannya juga berbasis di Paris, kota yang dijuluki sebagai kiblat mode dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baju Atlet RI Olimpiade 2024 Karya Didit HedirprasetyoBaju atlet RI di Olimpiade 2024 yang didesain Didit Hedirprasetyo (Foto: Dok. DAVY LINGGAR)

Namun ketika tawaran datang Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk terlibat, Didit dengan yayasannya, Didit Hediprasetyo Foundation, tak perlu berpikir dua kali.

"Saya terima tawaran ini sebagai bentuk kontribusi untuk bangsa. Harapannya, bisa turut serta mengharumkan nama bangsa," kata Didit di acara tersebut.

Jersey Tim Indonesia ini terdiri dari warna dominan merah dan putih, dengan lambang Garuda Pancasila bread dalam perisai lingkaran berlatar belakang hitam yang ditempatkan di sisi kiri dada. Kombinasi warna hadir dalam gaya colorblocking yang asimetris tapi terasa minimalis, mencerminkan garis desain khas Didit.

Baju Atlet RI Olimpiade 2024 Karya Didit HedirprasetyoDidit Hedirprasetyo juga merancang aksesori pendamping bagi para atlet RI di Olimpiade 2024. (Foto: Dok. DAVY LINGGAR)

Dalam sesi tanya-jawab yang juga dihadiri Ketua KOI Raja Sapta Oktohari (Okto), Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Arietedjo, serta Chef de Mission Anindya Bakrie, Didit yang juga baru meluncurkan koleksi adibusana bertema Olimpiade tidak berbicara banyak soal desain dan proses kreatif.

Kesempatan bertanya bagi jurnalis saat sesi tanya-jawab pun dibatasi dan seperti sudah terskenario.

"Saya waktu itu menemukannya saat mendengarkan lagu 'Berkibarlah Benderaku'," kata pria kelahiran 22 Maret 1984 itu ketika menjawab pertanyaan soal awal mula inspirasi. Jawaban tersebut langsung disambut aksi seorang pemain biola memainkan lagu gubahan Ibu Sud tersebut.

Peluncuran Jersey Indonesia untuk Olimpiade 2024 Karya Didit HediprasetyoPeluncuran Jersey Indonesia untuk Olimpiade 2024 Karya Didit Hediprasetyo. (Foto: Daniel Ngantung/)

Selain jersey, Didit juga merancang pakaian kontingen RI untuk keperluan seremoni selama Olimpiade 2024. Adapun peluncuran busana defile Indonesia untuk upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade 2024 menyusul kemudian.

Keterlibatan Didit seakan menjadi jawaban untuk menyandingi kontingen dari negara lain yang menggandeng perancang terbaiknya (Amerika Serikat dengan Ralph Lauren, sementara Italia bersama Giorgio Armani).

Keterlibatan LVMH (induk perusahaan luxury brand seperti Louis Vuitton dan Christian Dior) sebagai sponsor utama semakin memastikan pesta olahraga empat tahunan itu paling 'fashionable' dalam sejarahnya.

"Ini momentum yang tepat bagi Indonesia untuk menampilkan potensi terbaiknya. Tidak hanya di bidang olahraga, tapi juga area kreatif seperti fashion," ujar Okto.

Sebelum acara 'Reveal Jersey Merah Putih', KOI sudah mempublikasikan foto-foto penampilan para atlet dengan pakaian buah kolaborasi KOI dan Didit Hediprasetyo Foundation. Fotorgrafer Davy Linggar berada di balik pemotretan yang ditata secara artistik seperti sebuah fashion spread.



Simak Video "Prabowo Unggah Foto Bukber dengan Titiek dan Didit, Warganet: Masya Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
didit hediprasetyo olimpiade 2024 olimpiade paris

Terkini Lainnya

  • Adidas Minta Maaf Jadikan Bella Hadid Modelnya, Diprotes Pendukung Israel

  • Buatan Robot, Sneaker Terunik di Dunia Akan Cetak Sejarah di Olimpiade 2024

  • Berkilauan! Baju Atlet Senam AS Bertabur 10.000 Kristal untuk Olimpiade 2024

  • Adu Baju Atlet Olimpiade 2024 oleh Desainer Dunia, Tim RI Dibuat Anak Prabowo

  • Didit Hediprasetyo Rancang Baju Atlet RI untuk Olimpiade 2024 di Paris

  • Mewah, Baki Medali Olimpiade 2024 Didesain Louis Vuitton

  • Fermin Lopez: Trofi Juara Euro Sudah, Saatnya Rebut Emas Olimpiade

  • Saat Predator Seksual Melenggang di Olimpiade Paris 2024

  • HNW Hingga Din Syamsudin Bareng Massa ARI-BP Tolak Israel Ikut Olimpiade

  • Anindya Bakrie: dari CEO Jadi CdM di Olimpiade, Apa Bedanya?

  • CdM Indonesia: Doakan Atlet Supaya Tampil Bagus, Jangan Dibully

  • Jelang Olimpiade 2024, Rinov/Pitha Gugup Sekaligus Antusias

  • Polisi Paris Ditikam Saat Kondisi Siaga Keamanan Jelang Olimpiade

  • Momen Jokowi Lepas Kontingen RI ke Olimpiade Paris 2024

Tautan Sahabat