cxhkir.com

Chanel Ditinggal Sang Desainer, Siapa Calon Kuat Penggantinya?

PARIS, FRANCE - JANUARY 22: Chanel Studio Directeor Virginie Viard and a model pose on the runway during the Chanel Spring Summer 2019 show as part of Paris Fashion Week on January 22, 2019 in Paris, France.  (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)

Paris -

Posisi di level teratas divisi kreatif Chanel masih kosong setelah Virginie Viard hengkang sebagai direktur artistik. Rumah mode ikonis Prancis tersebut belum mengumumkan siapa yang akan menggantinya, tapi internet sudah ramai dengan berbagai spekulasi.

Virginie keluar setelah hampir 30 tahun mengabdi untuk Chanel. Adapun lima tahun terakhir, ia menjadi penerus mendiang Karl Lagerfeld yang meninggal pada 2019.

Itu berarti, perempuan 62 tahun asal Prancis tersebut merupakan desainer utama ketiga dalam sejarah Chanel. Coco Chanel merintis rumah mode ini 114 tahun lalu dan kesuksesannya kerap dipuji sebagai salah satu pelopor pebisnis di kalangan perempuan yang pada masanya sangat dipandang sebelah mata.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PARIS, FRANCE - JANUARY 22: Chanel Studio Directeor Virginie Viard and a model pose on the runway during the Chanel Spring Summer 2019 show as part of Paris Fashion Week on January 22, 2019 in Paris, France.  (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)(Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)

"Chanel mengonfirmasi pengunduran diri Virginie setelah pengabdian penuh selama lima tahun sebagai direktur artistik, di mana dia mampu memperbarui kode rumah mode ini sembari menghormati warisan kreatif Chanel, serta berdedikasi hampir 30 tahun," demikian pernyataan yang Chanel rilis pada Selasa (5/6/2024).

Peragaan koleksi Chanel di Paris Fashion Week Haute Couture bulan ini akan tetap berjalan sesuai jadwal. Kabarnya, presentasi tersebut menjadi yang terakhir bagi Virginie.

Tidak disebutkan alasan di balik keputusan tersebut. Saat banyak desainer yang tidak melanjutkan pekerjaannya Virginie sebenarnya keluar ketika iklim bisnis Chanel terbilang stabil.

Koleksi Chanel Resort 2025Koleksi Chanel Resort 2025 (Foto: Dok. Chanel)

Baru akhir bulan lalu, Chanel membukukan pendapatan sebesar US$ 19,7 miliar pada 2023 atau naik 16 persen dari tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut melampaui raihan 14 persen LVMH, perusahaan yang menaungi Louis Vuitton dan Dior.

Tren penjualan yang positif itu sekaligus menunjukkan posisi Chanel sebagai pemain paling berpengaruh di ranah luxury brand, juga penentu tren mode global.

Namun dari segi kreativitas, Chanel di bawah arahan Virginie malah cenderung mendapat respons yang negatif. Meski kerap dijuluki tangan kanan dan kiri Karl Lagerfeld, Virginie kerap dikritik tidak mampu memberi "Upayanya untuk membuat Chanel terasa lebih muda malah berakhir datar," tulis New York Times.

Sorotan kini tertuju pada penerus Virginie yang masih meninggalkan misteri. Sejumlah nama sudah berseliweran di media sosial. Salah satunya Sarah Burton yang belum lama ini hengkang dari Alexander McQueen.

LONDON, ENGLAND - JUNE 16:  Designer Sarah Burton on runway at the Alexander McQueen show during the London Collections: Men SS15 at Royal College of Surgeons on June 16, 2014 in London, England.  (Photo by Tim P. Whitby/Getty Images)Sarah Burton, mantan desainer Alexander McQueen. (Foto: Tim P. Whitby/Getty Images)

Ada pula Pierpaolo Piccioli, mantan desainer Valentino. Santer terdengar juga nama Hedi Slimane yang dirumorkan bakal mengakhiri kontraknya dengan Celine setelah sukses mengangkat label tersebut.

Kandidat kuat lainnya adalah Marc Jacobs yang pada 2005 silam pernah menyinggung soal kesempatan bekerja untuk Chanel dalam sebuah sebuah wawancara.

"(Berkarya untuk) Chanel mungkin pekerjaan yang paling menyeramkan di dunia, tapi itu juga seperti sebuah tembakan terakhir untuk mengakhiri penderitaan," katanya seperti dikutip The Guardian.



Simak Video "Virginie Viard Hengkang dari Rumah Mode Mewah Chanel"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
chanel virginie viard virginie viard mundur dari chanel

Terkini Lainnya

  • Naomi Campbell Pakai Gaun Chanel 1996 di Cannes 2024, Tetap Fresh di Usia 53

  • Ikon Fashion Sejati, Jennifer Lopez Tetap Stylish Meski Pakai Jeans Dekil

  • Gaya Sandra Dewi saat Penuhi Panggilan Kejagung, Bawa Tas Chanel

  • Gaya Seksi Terbaru Kristen Stewart di Red Carpet, Ikut Tren Tak Pakai Celana

  • Putri dari Hanover Pakai Gaun Chanel Milik Ibunya yang Dipakai 34 Tahun Lalu

  • Sosialita Arab Jual Koleksi 252 Gaun Langka Chanel, Hampir Jarang Dipakai

Tautan Sahabat