cxhkir.com

7 Cara Membersihkan Sepatu Putih, Wajib Pakai Kain atau Sikat Gigi Lembut

Protecting white sneakers. Bleaching shoes. Shoe dyeing. Yellowness of shoes. Devices for cleaning and bleaching shoes.

Jakarta -

Banyak orang yang suka dengan sepatu berwarna putih. Tapi, menjaga kebersihannya kerap menjadi tantangan tersendiri.

Debu di jalanan, noda kotoran atau bercak yang menempel akan sangat terlihat. Jadi, kamu perlu mengetahui cara membersihkan sepatu putih dengan benar.

Cara Membersihkan Sepatu Putih

Sebelum membersihkan sepatu putih, lepaskan dulu tali sepatu agar bisa membersihkannya dari kotoran dan noda dengan mudah. Berikut beberapa caranya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Soda Kue dan Cuka

Noda yang menempel di sepatu putih bisa dibersihkan dengan soda kue dan cuka. Mengutip Better Homes and Gardens, caranya adalah mencampurkan 3 sendok makan (sdm) soda kue dengan 1 sdm cuka sampai berbentuk pasta.

Celupkan sikat gigi ke pasta lalu oleskan ke seluruh sepatu. Gosok perlahan untuk menghilangkan kotoran dan noda, lalu biarkan pasta mengeras. Ketika sudah kering, sikat seluruh sepatu dan bersihkan sisanya dengan kain lembut.

2. Air Hangat dan Sabun Cuci Piring

Campuran air hangat dan sabun juga bisa digunakan untuk membersihkan sepatu. Tuangkan sabun cuci piring ke satu gelas air hangat. Gosok seluruh sepatu menggunakan sikat gigi. Kemudian lap dengan kain lembab dan keringkan.

3. Pasta Gigi

Pasta gigi bisa membantu membersihkan noda di sepatu kets dengan cepat. Gunakan pasta gigi berwarna putih, lebih bagus yang mengandung soda kue.

Gosok seluruh sepatu dengan lembut, lalu tunggu selama 15 menit. Gunakan waslap basah untuk membersihkan pasta gigi yang menempel.

4. Air Lemon

Air lemon dapat dimanfaatkan untuk membersihkan pakaian dan sepatu putih. Mengutip HGTV, caranya, rendam sepatu dengan air. Peras satu lemon dan buat larutan 1 banding 1 dengan air.

Oleskan larutan air lemon ke sepatu menggunakan sikat gigi. Diamkan selama satu jam dan bilas sampai bersih.

5. Magic Eraser

Magic eraser adalah penghapus khusus sepatu untuk menghilangkan tanda goresan atau kotoran pada sol sepatu putih. Caranya, basahi spons eraser dengan air, lalu gosokkan sekitar semua sisi sol. Lap sepatu dengan kain lembab atau tisu basah dan tunggu sampai kering.

6. Detergen

Sepatu putih ada yang menggunakan bahan mesh atau kain lembut yang mudah rusak. Sebelum mencuci, pastikan telah menyingkirkan kotoran di sepatu dengan sikat gigi bekas berbulu halus.

Kemudian, bersihkan sepatu dengan sikat gigi dengan gerakan memutar. Sepatu disisihkan lebih dulu, sambil mencampur deterjen dengan air hangat sampai berbusa. Aplikasikan cairan pembersih ke sepatu menggunakan kain lembut.

Sesekali bilas kain dengan air hangat agar kotoran atau noda di sepatu tidak menyebar. Untuk noda membandel, gunakan sikat gigi dan air sabun atau pena pemutih untuk menyikat lembut sepatu.

7. Pemutih

Terakhir, kamu bisa gunakan cairan pemutih untuk membuat sepatu kembali bersinar. Menurut laman Famous footwear, campurkan pemutih dan air dengan perbandingan 1:5.

Usapkan cairan ke sepatu putih menggunakan lap lembut dengan gerakan memutar. Jika sudah selesai, gunakan kain lembab untuk mengelap larutan yang menempel. Biarkan kering selama lima jam.

Untuk cara ini, pastikan kamu membersihkan sepatu di tempat yang mempunyai ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Hal ini menjamin sepatu bisa segera kering dengan warna putih tidak pudar.



Simak Video " Saran Dokter soal Asupan Yang Harus Dihindari Pekerja Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)
noda mencuci sepatu putih

Terkini Lainnya

  • Cara Membersihkan Sepatu Putih

  • 1. Soda Kue dan Cuka

  • 2. Air Hangat dan Sabun Cuci Piring

  • 3. Pasta Gigi

  • 4. Air Lemon

  • 5. Magic Eraser

  • 6. Detergen

  • 7. Pemutih

  • Cara Mencuci Baju Bahan Shimmer yang Tren untuk Lebaran 2024

  • Cara Mencuci Sneakers Putih Berbahan Kanvas Tanpa Sabun

  • 6 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Mudah

  • Ini Caranya Mencuci Batik Agar Warna dan Motifnya Tidak Pudar

  • Kenapa Beras Harus Dicuci Sebelum Diolah? Begini Kata Studi

  • Tips Memutihkan Sepatu Putih yang Menguning

Tautan Sahabat