cxhkir.com

10 Kota Modis di Dunia yang Terkenal Jadi 'Kiblat Fashion'

Desainer Indonesia Now Fall 2024

Jakarta -

Fashion bisa jadi salah satu cara yang membedakan satu kota dengan kota lainnya. Selain menjadi identitas seseorang, fashion juga memiliki pengaruh besar dalam aktivitas budaya, hiburan, hingga bisnis.

Ada beberapa kota di dunia yang dikenal sebagai 'ibu kota mode' atau 'pusat mode fashion'. Pasalnya, kota-kota tersebut mampu menginspirasi industri fashion.

Kota Fashion Terkenal di Dunia

Paris, London, Milan, dan New York adalah 4 kota di dunia yang terkenal jadi pusat mode dalam dunia fashion. Namun, ada kota-kota lain juga yang menjadi kota mode teratas di dunia, berikut daftarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. New York

Sekarang, New York menjadi kota yang jadi markas banyak merek raksasa fashion global. Kota dengan gedung pencakar langit ini juga terkenal dengan gaya busana klasik minimalisnya.

Dilansir dari Sewguide, pada abad ke-19, Amerika Serikat menyaksikan revolusi dalam bidang pakaian siap pakai. Periode ini juga menjadi saksi lahirnya sejumlah department store paling terkenal, mulai dari Tiffany & Co., Lord and Taylor, dan masih banyak lagi.

Newyork's fashion week pertama kali diadakan pada tahun 1943. Pekan mode ini dibuat untuk menampilkan desainer AS kepada jurnalis fashion.

Pasalnya, kala itu karena perjalanan ke Paris tidak mungkin dilakukan dan peragaan busana Prancis dilarang selama Perang Dunia II.

2. Paris

Fashion mungkin telah mendarah daging di budaya Paris, Perancis. Alasan Paris disebut sebagai kota mode dunia adalah banyak perancang busana legendaris, rumah/butik mode kelas dunia, sekolah mode ternama, museum, pameran, dan peragaan busana lahir di kota ini.

Bagaimana tidak, sejumlah perancang busana legendaris seperti merek Coco Chanel dan Yves Saint Laurent (YSL) lahir di kota ini.

Itulah sebabnya, tidak diragukan lagi kenapa Paris disebut sebagai paling modis di dunia.

3. Milan

Milan, Italia adalah rumah bagi mode klasik seperti Dolce & Gabbana, Versace, hingga Armani. Selain itu, majalah fashion terkenal seperti "Vogue" dan "Vanity Fair" juga berasal dari Italia.

Busana Milan identik dengan kemewahan, pengerjaan artisanalnya, hingga kainnya yang berkualitas tinggi. Oleh sebab itu, fashion asal Italia dikenal dengan glamor, kain mewah, dan jahitan halus.

4. London

Sejak lama, Inggris menjadi negara pelopor di segala bidang. Hal ini disebabkan karena politik imperialismenya.

London mungkin bisa disebut sebagai ibu kota mode pertama di dunia, bahkan sejak era Elizabethan.

London juga menjadi salah satu kota fashion. Kota ini menjadi rumah bagi desainer ternama seperti Stella McCartney, Vivienne Westwood, dan Jimmy Choo.

Itulah alasan London menjadi kota destinasi fashion terkenal sampai saat ini. Perancang busana asal London yang terkenal di antaranya ada Stella McCartney, Alexander McQueen, Sir Paul Smith, hingga Kim Jones.

5. Los Angeles

The City of Angels atau Los Angeles menjadi kota fashion terkenal selanjutnya. Selain sebagai kota mode, kota ini adalah rumah bagi para aktor dan aktris Hollywood.

6. Tokyo

Tokyo, Jepang sangat terkenal dengan budaya street fashionnya. Kota ini juga dikenal karena kreativitasnya dalam memadukan gaya berpakaian.

Di sana, kamu akan banyak melihat orang bergaya punk, cosplay, Mori Kai, dan Gyaru di jalanan.

Rei Kawakubo, Issey Miyake, Kenzō Takada, Yohji Yamamoto adalah contoh desainer terkenal Jepang yang mendapat perhatian internasional.

7. Madrid

Madrid, Spanyol, terkenal dengan gaya fashion yang anggun dan mengusung modernitas, kebebasan, dan kreativitas. Madrid Fashion Week hadir sejak tahun 1985, acara ini banyak menampilkan para perancang busana terkenal Spanyol.

Beberapa tokoh yang meramaikan industri mode Sanyol di antaranya ada Cristóbal Balenciaga, Loewe, Jesús del Pozo, Roberto Verino, Adolfo Dominguez, Antonio Miro, Sybilla Sorondo, dan Manuel Piña.

8. Berlin

Berlin, Jerman, masuk dalam daftar kota paling mode di dunia, karena di kota ini ada banyak rumah fashion. Bahkan, UNESCO pernah menganugerahi Berlin sebagai "City of Design' pertama di Jerman.

Jerman terkenal dengan fashion pakaian olahraga dan luar ruangannya. Merek terkenal seperti Adidas dan Puma berasal dari kota ini.

9. Seoul

Seoul, Korea Selatan, berhasil membawa budaya K-pop, K-beauty dan K-fashion ke penjuru dunia. Ciri fashion Korea yaitu gayanya yang unik, serta kontemporer dalam streetwear dan urban wear.

10. Shanghai

Shanghai dikenal sebagai ibu kota mode Tiongkok. Fashion Shanghai dipengaruhi oleh budaya Haipai, seperti gaya Timur bertemu Barat yang identik dengan inovasi, inklusivitas, dan komersialisme.

Alasan Kenapa disebut sebagai Pusat Mode

Suatu kota disebut sebagai ibu kota mode apabila mereka memiliki pengaruh yang besar dalam dunia mode.

Dirangkum dari laman Sewa Guide Dan Hayden Hill London, berikut adalah beberapa alasan mengapa beberapa kota di dunia disebut sebagai pusat mode fashion:

  • Kota tersebut memiliki merek-merek fashion terbesar atau perancang busana terkemuka. Artinya, ada toko, rumah produksi, dan studio fashion di kota tersebut.
  • Memiliki populasi yang tertarik dengan fashion dan terbuka dengan tren fashion.
  • Menjadi tuan rumah pekan mode, peragaan busana, pameran, upacara penghargaan, festival, dan pameran dagang untuk industri fashion.
  • Memiliki sekolah mode terkenal.

Itulah ulasan mengenai kota-kota mode di dunia. Semoga menambah wawasan kalian ya.



Simak Video "Tren Baju Oversize Disebut Bakal Tetap Diminati Hingga Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/inf)
kota fashion dunia kota mode tren fashion

Terkini Lainnya

  • Kota Fashion Terkenal di Dunia

  • 1. New York

  • 2. Paris

  • 3. Milan

  • 4. London

  • 5. Los Angeles

  • 6. Tokyo

  • 7. Madrid

  • 8. Berlin

  • 9. Seoul

  • 10. Shanghai

  • Alasan Kenapa disebut sebagai Pusat Mode

  • Desainer Tommy Hilfiger Benci Baggy Jeans, Tampak Mengerikan di Tubuh Wanita

  • Nicholas Saputra Bahas Tren Bros sebagai Fashion Statement Tahun 2024

  • Tren Grandpa Core, Gaya Estetik Jadul yang Lagi Digandrungi Gen Z

  • Sejarah Jaket Varsity, Tren Fashion Abadi Andalan Ganjar di Debat Pilpres

  • Tren Fashion Lengan Dramatis Berlanjut, Intip Cara Desainer Mengemasnya

  • Pistachio-Lavender Haze, Tren Outfit Tahun 2024 Didominasi Warna Pastel

  • Milan dan Kota Fashion Dunia, Kunjungilah Distrik Quadrilatero della Moda

Tautan Sahabat