cxhkir.com

Sinergi BINhouse & One Fine Sky dalam Koleksi Sabda Alam untuk Pendidikan

One Fine Sky x BINhouse

Jakarta -

Akses pendidikan belum sepenuhnya merata di seluruh Indonesia, terutama dalam hal distribusi segaram sekolah. Isu yang seakan tak pernah menemukan titik terang itu yang kembali memotivasi One Fine Sky (OFS) untuk terus bergerak. Kali ini bersama BINhouse.

Sudah menjadi 'tradisi' bagi OFS, jenama mode besutan desainer interior ternama Indonesia Yuni Jie, merilis koleksi kolaborasi spesial untuk menandai hari jadinya.

One Fine Sky x BINhouse(Foto: Daniel Ngantung/)

Merayakan tahun ke-7, OFS menggandeng BINhouse yang didirikan oleh Josephine Werratie Komara, desainer papan atas Tanah Air sekaligus pegiat wastra. Obin, demikian ia akrab disapa, menyusul nama-nama seperti Didi Budiardjo, Adrian Gan, Auguste Soesastro, dan Peggy Hartanto.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"OFS yang approach Obin. Awalnya, hanya untuk membuat video inspirasi. Tidak ada rencana sama sekali (untuk membuat koleksi). Tapi kami memiliki visi dan misi yang sama, keduanya produk indonesia, meski kami datang dari dua bidang yang berbeda," ujar Yuni Jie kepada saat peluncuran kolaborasi tersebut, Kamis (2/5/2024).

One Fine Sky x BINhouseFoto: Daniel Ngantung/

BINhouse bergerak dalam pelestarian budaya, sementara OFS menaruh perhatian lebih pada pendidikan. Perbedaan tersebut yang kemudian melebur menjadi persembahan istimewa bertajuk 'Sabda Alam'.

Untuk urusan desain, Yuni menyerahkan semuanya kepada Obin dan tim. Lahirlah enam fashion item yang terdiri dari kaus, kemeja, kebaya putih, dan kain batik.

One Fine Sky x BINhouseFoto: Daniel Ngantung/


Kaus putih yang sejak awal telah menjadi ciri khas OFS mendapat penyegaran di tangan Obin. Salah satunya muncul dalam siluet kebaya sehingga cocok untuk pemakaian sehari-hari. Semuanya juga terbuat dari material Ecovero yang dikenal ramah lingkungan, karena kemampuannya untuk secara alami terurai kembali ke lingkungan tanpa meninggalkan jejak yang merusak.

Khusus untuk koleksi ini, Obin mengangkat motif daun pakis yang dibatik di atas kain. Baginya, motif tersebut sarat dengan filosofi kehidupan.

One Fine Sky x BINhouseYuni Jie dan Obin (sama-sama duduk) saat peluncuran koleksi 'Sabda Alam'. (Foto: Daniel Ngantung/)


"Di mana ada kehidupan, tanaman pakis yang lebih dulu ada. Kalau kita lihat di sela retakan-retakan gedung, pasti tumbuh pakis. Tanaman ini simbol kehidupan. Itu kenapa juga koleksi ini dinamai Sabda Alam," kata perempuan yang merasa lebih nyaman dikenal sebagai seniman tekstil itu.

Obin sekaligus memaknai peluncuran koleksi ini sebagai sebuah selebrasi budaya Indonesia yang kaya dengan keragaman wastra dan kulinernya. Acara peluncurannya pun bertajuk 'Pasar Sandang Pangan'.

Selain berbelanja pakaian OFS dan BINhouse, para tamu dapat membeli jajanan pasar yang menggugah selera. "Tradition is the way we are, modern is the way we think," ujar Obin menegaskan betapa pentingnya mengapresiasi budaya sebagai identitas bangsa.

Adapun hasil penjualan koleksi terbaru ini akan didonasikan untuk ketersediaan seragam sekolah bagi anak-anak yang membutuhkan. Sejauh ini, One Fine Sky telah menyalurkan 24.466 seragam ke 20 daerah di 30 provinsi Indonesia.



Simak Video "Gaun Tiup Besar yang Curi Perhatian di London Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
one fine sky binhouse bin house obin

Terkini Lainnya

  • Obin 'Tukang Kain' Pamer Karya di JFW 2024, Puan Maharani Duduk di Front Row

Tautan Sahabat