cxhkir.com

Plot Twist, Valentino Rekrut Mantan Desainer Gucci Alessandro Michele

LOS ANGELES, CA - NOVEMBER 07:  Gucci Creative Director Alessandro Michele attends LACMA 2015 Art+Film Gala Honoring James Turrell and Alejandro G Iñárritu, Presented by Gucci at LACMA on November 7, 2015 in Los Angeles, California.  (Photo by Mike Windle/Getty Images for LACMA)

Roma -

Hanya sepekan setelah desainernya hengkang, Valentino resmi memiliki pengganti. Alessandro Michele, mantan direktur kreatif Gucci, melanjutkan tongkat estafet dari Pierpaolo Piccioli.

"Maison Valentino merasa terhormat untuk mengumumkan penunjukkan Alessandro Michele sebagai direktur kreatif," tulis rumah mode asal Italia itu dalam keterangan resminya, Kamis (28/3/2024).

Karier Michele sebagai desainer berjaya semasa memimpin tim kreatif Gucci dalam kurun 2018 hingga 2022. Dengan estetika desainnya yang maksimalis sesekali jenaka dan mengadopsi tren vintage, Michele sukses mengubah Gucci sebagai pencetak cuan untuk Kering, induk perusahaannya. Rumah mode Italia yang didirikan 103 tahun lalu ini pun tervaluasi sebesar US$ 10 miliar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Models wear creations as part of Gucci's Fall/Winter 2020/2021 collection, presented in Milan, Italy, Wednesday, Feb. 19, 2020. (AP Photo/Luca Bruno)Desainer Alessandro Michele setelah mempresentasikan koleksi Gucci Fall/Winter 2020/2021 di Milan, Fashion Week pada Februari 2020 sebelum dunia lock down karena Covid-19. (Foto: AP Photo/Luca Bruno)

Michele kemudian hengkang ketika penjualan Gucci melemah, lamban dari pesaingnya seperti Dior dan Louis Vuitton yang dinaungi oleh LVMH, rival Kering. Kepergian Michele lantas menimbulkan spekulasi liar soal jenama atau rumah mode manakah pria 51 tahun itu akan berlabuh.

Valentino, juga berasal dari Italia (berbasis di Roma), termasuk pemain besar di industri mode. Dari segi bisnis memang tidak sebesar Gucci karena hanya bernilai US$ 1,56 miliar menurut Wall Street Journal. Akan tetapi, menjadi bagian dari Valentino tetap memberi kebanggaan tersendiri bagi Michelle.

Berbeda dari Gucci yang fokus pada bisnis ready to wear atau busana siap pakai, Valentino yang didirikan oleh perancang legendaris Valentino Garavani pada 1960 memiliki kreasi adibusana alias haute couture. Itu berarti, dunia bakal melihat untuk pertama kalinya koleksi couture persembahan Michelle.

"Saya merasakan kegembiraan yang luar biasa sekaligus beban tanggung jawab yang besar bisa bergabung dengan Maison de Couture yang erat dengan kata 'keindahan', terukir dalam cerita kolektif, terbuat dari keanggunan, kelembutan, dan keanggunan yang luar biasa," ujar Michelle.

Koleksi Gucci x Adidas di Milan Fashion Week Fall 2022Koleksi Gucci x Adidas di Milan Fashion Week Fall 2022. (Foto: Dok. Gucci)

Michelle mulai bekerja untuk Valentino pada awal April ini. Koleksi perdananya untuk Valentino dikabarkan bakal naik pentas di Paris Fashion Week edisi Spring-Summer 2025 pada September mendatang, kemudian disusul koleksi busana pria dan couture pada awal 2025.

Valentino mengumumkan absen di pekan mode busana pria dan couture pada pertengahan tahun ini. Kondisi tersebut memberikan keleluasaan bagi Michelle agar dapat fokus mempersiapkan debutnya.

Rasa penasaran muncul di kalangan fashionista bagaimana transformasi Valentino yang terkenal dengan garis desain elegan dan minimalisnya saat berada di bawah arahan Michelle yang notabenenya bertolak belakang secara estetika.

Di sisi lain, penunjukkan Michelle sebagai pemimpin tim kreatif Valentino seperti sebuah plot twist. Pasalnya, Valentino juga termasuk bagian dari Kering. Tahun lalu, grup fashion milik François-Henri Pinault itu membeli 30 persen saham Valentino senilai US$ 1,9 miliar dari Mayhoola, perusahaan berbendera Qatar yang menaungi jenama tersebut sejak 2012.

A model wears a creation as part of the Valentino Ready To Wear Fall/Winter 2022-2023 fashion collection, unveiled during the Fashion Week in Paris, Sunday, March 6, 2022. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP)Koleksi Valentino Ready To Wear Fall/Winter 2022-2023 karya Pierpaolo Piccioli ditampilkan di Paris Fashion Week Februari 2022. (Foto: Vianney Le Caer/AP)

Mayhoola juga memberi opsi bagi Kering untuk membeli Valentino sepenuhnya. Tenggat waktu untuk pilihan tersebut berlaku hingga 2028.

Michelle yang tadinya dianggap tidak semisi lagi dengan Kering, serta garis desainnya sudah tidak memiliki relevansi dengan dominasi tren minimalis atau 'quiet luxury' (pengganti Michelle adalah Sabato De Sarno, tangan kanan Piccioli di Valentino), kini kembali 'dianakemaskan'.

Apakah ini bagian dari strategi bisnis Pinault untuk melihat prospek untung Valentino selama beberapa tahun ke depan di tangan Michelle sebelum membelinya secara penuh?

Hal yang pasti, Pinault tidak pernah kehilangan 'trust' pada Michelle. "Saya yakin dengan kreativitas, budaya kerja, dan bakatnya yang serba bisa, ia akan mampu menafsirkan warisan unik rumah mode besar ini dan membuatnya berkembang," kata Pinault dalam keterangan resminya menanggapi pengumuman Valentino.

PARIS, FRANCE - JANUARY 25: (EDITORIAL USE ONLY - For Non-Editorial use please seek approval from Fashion House) Pierpaolo Piccioli walks the runway during the Valentino Haute Couture Spring Summer 2023 show as part of Paris Fashion Week on January 25, 2023 in Paris, France. (Photo by Marc Piasecki/WireImage)Pierpaolo Piccioli usai mempresentasikan Valentino Haute Couture Spring Summer 2023 di Paris pada Januari 2023. (Foto: WireImage/Marc Piasecki)

Setelah Michelle mendapatkan posisi, giliran Piccioli yang disorot. Piccioli keluar dari Valentino setelah hampir 25 tahun mengabdi. New York Times menyebutnya sebagai desainer yang 'humanis' karena selalu mengedepankan sisi-sisi kemanusiaan dalam berkarya.

Ke manakah dia bakal berlabuh? Bersiap untuk kejutan selanjutnya.



Simak Video "Eks Direktur Kreatif Gucci Alessandro Michele Gabung dengan Valentino"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
valentino gucci alessandro michele

Terkini Lainnya

  • Popularitas Sabuk Gucci Menanjak Setelah Diejek Jelek, OTW Tren Lagi

  • Gaya Jan Ethes Wisata ke TMII Bareng Jokowi, Pakai Kaus Gucci Buatan Italia

  • Stylist Ungkap 5 Luxury Brand yang Tolak Zendaya Pakai Koleksinya

  • Kylie Jenner Boyong Stormi ke Paris Fashion Week, Bergaya Kembar Nan Mewah

  • Ucapan Duka Mengalir untuk Desainer Moschino yang Meninggal di Usia 46

  • Debut Sabato de Sarno untuk Koleksi Gucci Spring/Summer 2024

  • Penjualan Gucci Merosot 20% Gegara Pasar Asia Lesu

  • Puluhan Pekerja Gucci Mogok Kerja, Ada Apa?

  • Unik! Wanita Ini Bikin Pasta dengan Motif Gucci

  • Kisah Irwan Mussry, Diperlakukan Buruk di Toko Gucci Kini Sukses Jadi Mitranya

  • Duh! Karyawan Ini Dipecat Gegara Pamer Barang Gratis dari Gucci

  • Waduh! Rizky Billar dan Habib Usman Rusak Properti Toko Gucci di Paris

Tautan Sahabat