cxhkir.com

Obin 'Tukang Kain' Pamer Karya di JFW 2024, Puan Maharani Duduk di Front Row

Koleksi Bin House di JFW 2024

Jakarta -

Kebaya dan kain-kain persembahan Bin House membuka hari kedua Jakarta Fashion Week (JFW) 2024, Selasa (24/10/2023). Dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani, presentasi tersebut sekali lagi mempertegas kecintaan Obin pada warisan budaya yang konsisten digarapnya sejak hampir lima dekade lalu.

"Sebetulnya fashion show-nya saya lihat ada di sini, bukan di catwalk tapi di penonton," ujar Obin saat memberi pidato singkat jelang peragaan, mengapresiasi para tamu yang bersolek dengan kreasi Bin House.

Koleksi Bin House di JFW 2024Obin saat memberikan pidato singkat untuk membuka peragaan 'Pada suatu hari...' persembahan Bin House di JFW 2024. (Foto: Dok. JFW 2024)

"Thank you very much, untuk selama ini mengikuti Bin House selama 40 tahun. Dari bikin ikat, sutra tenun ikat, batik, sampai bikin macam-macam, nggak tahu deh kain diapain. And I see it, you are all wearing it on your body," lanjut perempuan bernama lengkap Josephine Werratie Komara itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Obin yang lebih senang menyebut dirinya 'tukang kain' ketimbang desainer hampir tak pernah absen dari setiap peragaannya di JFW. Namun tahun lalu, ketika JFW hadir di Pondok Indah Mall 3 sebagai 'rumah baru', ia terpaksa mangkir dari perhelatan tersebut lantaran sakit. Maka, momen ini dirasa sangat spesial baginya.

Begitu istimewanya, Obin menyertakan catatan tiga halaman yang ditulisnya sendiri tentang inspirasi di balik koleksi bertajuk 'Pada suatu hari...' itu.

"Pada suatu hari... Di tahun 1979 seorang perempuan bermain-main dengan alat pintal, mengamati teknik tenun dari penjuru nusantara, bermimpi. Di antara gelungan benang dan gelung rambutnya, alat tenun yang berketak-ketuk, lahirlah lembar-lembar tenun ikat, disambut girang oleh hotel-hotel besar yang tengah bermunculan, berlomba memegahkan diri dalam balutan kainnya."

Koleksi Bin House di JFW 2024First look di presentasi busana 'Pada suatu hari...' persembahan Bin House di JFW 2024. (Foto: Dok. JFW 2024)

Demikian Obin mengawali catatan yang dibagikan kepada setiap tamu itu. Paragraf berikutnya merekam suka-duka perempuan yang dijuluki 'Pelopor Teknologi Kain Tradisional Indonesia' itu merintis BinHouse.

Maka, suguhan busana yang tersaji pun seakan merefleksikan jatuh perjalan kariernya. Sekuen pertama dibuka dengan model berlenggang centil dalam balutan blus merah mencolok berpotongan baju kurung yang dipadu dengan kain tenun-batik.

Koleksi Bin House di JFW 2024 Foto: Dok. JFW 2024

Kain-kain bernuansa etnik khas Obin tentu menjadi primadona. Namun, sulit untuk membantah bahwa atasan kebaya bergaya kontemporer semakin memperkuat daya tariknya. Variasi yang muncul di antaranya kemeja beraksen lipit, kebaya tipis yang dipermanis potongan asimetris, hingga atasan bernuansa oriental.

Tampilan yang menyertakan merah sebagai warna utama atau sekadar aksen cukup mendominasi. Beberapa di antaranya memikat Puan yang duduk di front row alias baris terdepan bersama Obin. Kamera ponsel siaga di tangan untuk mengabadikan busana yang mencuri atensi anak Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri itu.

Koleksi Bin House di JFW 2024Kebaya merah yang mencuri atensi Puan Maharani. (Foto: Daniel Ngantung/)

Bagi Puan sendiri mungkin menikmati koleksi Obin semacam 'rehat' sejenak dari keriuhan dunia politik yang kian memanas pasca-pengumuman capres-cawapres dari koalisi sendiri dan lawan. Puan yang datang bersama putrinya, Pinka Haprani (bacaleg DPR RI Dapil Jateng IV), sempat berkicau 'kawan jadi lawan' di X (dulunya Twitter) beberapa hari sebelum muncul di JFW.

Kembali ke catwalk, jenaka para model kemudian berganti dengan ekspresi wajah yang seakan sedang berhati gundah. Kendati demikian, kecantikannya tetap terpancar berkat kain dan kebaya yang membungkus tubuh.

Koleksi Bin House di JFW 2024Koleksi Bin House di JFW 2024 Foto: Dok. JFW 2024

Merampungkan peragaan, muncul kreasi buah kolaborasi Obin perancang Auguste Soesastro. Bayangkan potongan minimalis tegas khas Auguste yang melebur dengan keindahan kain Obin.

Rekaman lagu 'Amigos Para Siempre' yang dilantunkan duo bintang opera Sarah Brightman dan Jose Carreras menggema sambil mengiringi hormat Obin kepada penonton.

Koleksi Bin House di JFW 2024 Foto: Dok. JFW 2024

Kembali ke tempat duduk, ia kemudian dirangkul erat oleh Puan. 'Sahabat untuk selamanya', begitu arti dari lagu tersebut.

"Hari ini saya bisa hadir di salah satu sesi Jakarta Fashion Week yang menghadirkan karya Sang "Tukang Kain", Obin... Seperti biasa, Obin selalu luar biasa...," tulis Puan yang mendedikasikan unggahan terbarunya di Instagram untuk Obin.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Bakal Debut di JFW, Tobatenun Tampilkan Fashion Tenun Tradisional-Kontemporer"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
jakarta fashion week jfw 2024 obin bin house puan maharani

Terkini Lainnya

  • Sinergi BINhouse & One Fine Sky dalam Koleksi Sabda Alam untuk Pendidikan

  • Ragam Tenun NTT di Tangan Temma Prastio Jadi Busana Pria yang Stylish

  • Mengangkat Derajat Kebaya Nusantara di Tangan Putri Pare Setiawati

  • Saat Zombi The Last of Us 'Hidup' di Aksesori Futuristis Byo Sang Kesatria Mode

  • Indah Dunia Tanpa Perang dalam Koleksi Rama Dauhan di DFK 2023

  • Intip Koleksi Busana Pleats dan Aksen Bulu dari Buttonscarves di JFW 2024

  • Buka-bukaan PDIP soal Hitungan Dukung Anies Baswedan

  • Anies Respons Puan soal Pilgub Jakarta: PDIP Juga Menarik

  • Puan Sebut Anies Menarik, NasDem: Tak Jarang Barisan Sakit Hati Bertemu

  • Sudah 2 Kali Elite PDIP Lirik Nama Anies untuk Maju Pilgub DKI 2024

  • PDIP soal Puan Bilang 'Anies Menarik' di Jakarta: Faktanya Kuat Pilpres

  • Komentar Puan 'Menarik Juga Pak Anies' di Tengah Ramai Pilgub Jakarta

  • Momen Puan Nangis di Rakernas PDIP

  • Momen Puan Bertemu Jokowi Lagi untuk Pertama Kalinya Usai Pemilu

Tautan Sahabat