cxhkir.com

BRILianprenuer 2023 Dorong UMKM Go International, Pendaftaran Tutup 30 Juni

Pembuatan Kain Tenun Batak di Jabu Borna Tobatenun

Jakarta -

Kerap kita mendengar cerita-cerita sukses pelaku usaha rumahan yang berhasil memasarkan produknya hingga ke mancanegara. Siapa saja bisa selama ada kemauan untuk berusaha dan belajar.

Untuk mengasah potensi tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali menggelar BRILianpreneur. Ajang tahunan yang eksis sejak 2019 ini merupakan bentuk dukungan BRI untuk mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia, terutama yang berorientasi ekspor.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan, BRILianpreneur 2023 masih berupa pameran industri kreatif yang menggabungkan konsep ekspo dan ekspor. Namun, UMKM yang berpartisipasi kali ini akan lebih ditingkatkan daya saingnya untuk pasar internasional.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tahun ini kami ingin lebih mendorong UMKM untuk memikirkan brand dan bisnis UMKM secara strategis dan kreatif, demi mengharumkan nama UMKM di mata dunia," ujar Aestika kepada belum lama ini.

Menurutnya, UMKM Indonesia sudah seharusnya turut mengikuti perkembangan dan membangun hubungan dengan seluruh dunia agar tetap relevan dengan era globalisasi yang ditandai semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Maka, upaya membangkitan UMKM Indonesia tak bisa lepas dari pendekatan transformasi digital. Aestika pun memastikan, UMKM peserta BRILianpreneur 2023 akan mendapatkan pelatihan digitalisasi yang mengusung semangat onboarding ke e-commerce.

BRILIANPRENEURSalah satu sesi di BRILianpreneur 2022 (Foto: Dok. BRI)

"Kerjasama yang tentunya akan bermanfaat untuk UMKM dan berdampak pada kenaikan omzet. Di era digital, UMKM juga perlu diberikan edukasi untuk dapat memperhatikan transformasi digital," terangnya.

Ia menambahkan, akses pelatihan sejenis terbuka pula bagi UMKM yang belum berkesempatan mengikuti BRILianpreneur 2023, yakni melalui Rumah BUMN BRI yang tersebar di 54 titik, dari Sabang sampai Merauke.

Bagi para pelaku UMKM yang tertarik ikut BRILianpreneur 2023, pendaftaran masih dibuka hingga 30 Juni mendatang melalui situs www.brilianpreneur.com. BRI akan menggandeng 10 orang ahli untuk mengkurasi peserta.

Manfaatkan Sebaik Mungkin

Melie Indarto, pendiri KaIND, masih mengingat betul momen namanya diumumkan sebagai juara pertama Pengusaha Muda BRILian (PMB) yang digelar dalam rangkaian BRILianpreneur 2022. Ia tak menyangka UMKM besutannya yang mengusung produk mode sustainable alias ramah lingkungan, bisa meraih pencapaian tersebut.

Sebagai pemenang pertama, Melie yang mengangkat produk tenun-batik dari sutra eri hasil budidaya petani di Pasuruan, Jawa Timur berhak mendapat pemodalan sebesar Rp 200 juta dari BRI.

"Seumur-umur nggak pernah menang uang sebesar itu. Terakhir kali ikut lomba desain pas zaman masih kursus di mal Surabaya, cuma menang Rp 500.000," kenang Melie saat ditemui akhir Mei lalu.

Prestasi tersebut mungkin mustahil terwujud jika semangat perempuan kelahiran September 1989 itu kendor dalam mengikuti segala sesi pembekalan di BRILianpreneur 2022 selama hampir empat bulan. Pasalnya, usaha KaIND masih tetap berjalan seperti biasa sehingga membuat fokusnya terbagi-bagi. Belum lagi, ia memiliki buah hati yang masih berusia batita.

"Pokoknya perjuangan banget waktu itu. Mungkin tidur paling lama tiga jam," kata Melie, yang mulai merintis usaha sejak 2015.

Tenun Batik KaINDMelie Indarto, pendiri KaIND yang berhasil meraih gelar juara 1 Pengusaha Muda BRILian di ajang BRILianpreneur 2022. (Foto: Daniel Ngantung/)

Berbagai pembekalan dari para mentor ahli semakin mengasah kemampuan Melie dalam berbisnis. Ia mengaku, belajar banyak tentang customer behavior, model bisnis, dan target pasar. "KPI (key performance indicator) juga diperbaiki. Pokoknya, semua diutak-atik," tambahnya.

Melie pun berpesan bagi UMKM yang lolos kurasi BRILianpreneur 2023 untuk tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Selain ilmunya yang bertambah, Melie yang sudah mengekspor produk KaIND hingga Jepang dan AS ini juga merasa pintu untuk ekspor produk semakin terbuka lebar setelah mengikuti BRILianpreneur.

"Do not take it for granted. Semua mentoring, semua session adalah untuk kemajuan bisnismu secara real. Bukan sekadar teori, so trust the mentor and do your best," tambahnya.



Simak Video "Dari Lokal Jadi Kece BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2022 Episode 2"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
brilianpreneur 2023 bri brilianpreneur umkm

Terkini Lainnya

  • Manfaatkan Sebaik Mungkin

  • 3 Koleksi Perhiasan Mewah di Adelle Jewellery, Ada Diskon Jutaan dari BRI!

  • Tampil Gaya dengan Kebaya Encim di Hari Kartini, Ada Diskon Pakai BRI

  • 3 Inspirasi OOTD Berbahan Linen yang Nyaman untuk Liburan

  • 3 Barang Penting yang Bisa Bikin Penampilan Pangling

  • Certa Karya Unik Fesyen Cutemonster hingga Bisa Mejeng di BRILIANPRENEUR

  • Mensyukuri Kebaikan Warisan Leluhur di Instalasi Seni dan Perhiasan Tulola

  • Geber Ekonomi Lokal, Sentra UMKM Bakal Dibangun di Tepi Pantai Sanur

  • BRI Beri Akses Kemudahan Jasa & Layanan Perbankan ke Muhammadiyah

  • BRI Perkuat Sistem Keamanan demi Perangi Judi Online, Ini Caranya

  • Waka MPR Dorong Semua Pihak Genjot Produktivitas Sektor UMKM

  • Wujudkan Resolusi Finansial, Simak 4 Investasi di BRI Prioritas-BRI Private

  • Pemberdayaan BRI Bantu Klaster Rotan Trangsan Jangkau Pasar AS-Eropa

  • Beragam Produk UMKM Ramaikan Peringatan Hari Koperasi Nasional

  • Batik hingga Tiwul Ramaikan Pameran Hari Koperasi di Salatiga

Tautan Sahabat