cxhkir.com

8 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Gampang Diatur

Young beautiful woman is sitting on bed and combing her long brown hair with brush. Home hair care.

Jakarta -

Rambut yang mudah diatur adalah dambaan bagi setiap orang. Pola makan yang tak sehat dan perawatan rambut yang tak teratur bisa membuat rambut kering dan kusut.

Nah, dengan perawatan rambut yang benar dan cara hidup yang sehat tentunya akan berpengaruh pula pada rambut yang sehat. Simak cara agar rambut tidak mengembang dan gampang diatur berikut ini:

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Gampang Diatur

Cara merawat rambut agar tidak mengembang dan mudah diatur bisa dilakukan dengan menggunakan lidah buaya hingga serum. Begini penjelasannya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gunakan Minyak Kelapa

Mengutip Healthline, minyak kelapa mengandung asam laurat yang tinggi. Saat dioleskan ke rambut, minyak kelapa mudah diserap dan bisa membantu menambah kelembaban pada rambut. Minyak kelapa juga bisa mengurangi kehilangan protein pada rambut.

Kamu bisa menggunakan sedikit minyak kelapa sebelum atau sesudah keramas untuk meningkatkan kelembaban dan mengurangi kusut. Caranya:

  1. Tuang minyak kelapa ke telapak tangan. Pijat kepala dengan lembut
  2. Biarkan selama 15 menit
  3. Cuci rambut dengan sampo.

Jaga Kelembaban Rambut

Mengutip buku 365 Tip for Women oleh Rita Lauw Fu, rambut yang keriting harus selalu dijaga kelembabannya agar tidak mengembang. Kamu bisa menggunakan pelembab yang mengandung deep conditioning dalam jangka waktu dua kali sebulan.

Keringkan Rambut dengan Handuk

Setelah keramas, keringkan rambut dengan cara menutup rambut menggunakan handuk sampai kering. Pada rambut keriting, proses pengeringannya harus diusap dengan lembut dan jangan disentuh lagi. Hal ini dilakukan agar rambut tidak kusut lagi.

Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Setelah mengeringkan rambut, gunakan sisir yang bergigi lebar. Penggunaan sisir yang salah bisa membuat kutikula rambut menjadi kasar, sehingga rambut menjadi keriting dan mengambang.

Sisir bergigi lebar cukup ideal untuk rambut yang mudah kusut. Sisir ini memiliki banyak ruang untuk rambut melewati gigi sisir dan membantu mencegah kerusakan.

Gunakan Serum Rambut

Penggunaan serum bisa diaplikasikan saat rambut dalam keadaan setengah kering. Serum mengandung silikon yang efektif untuk mengatasi rambut kusut dan mengembang.

Dalam pemilihan serum, kamu dapat mencari bahan-bahan seperti Dimethicone. Zat ini bisa meluruskan dan menghaluskan kembali serat rambut, sehingga memberikan rasa lembut pada rambut.

Menggunakan Lidah Buaya

Menurut Stylecraze yang dikutip Hai Bunda, kandungan enzim proteolitik yang melimpah dari lidah buaya dapat memperbaiki sel-sel rusak yang ada di kulit kepala. Kamu bisa menambahkan lidah buaya ke dalam perawatan rambut.

Cara ini memungkinkan untuk meningkatkan kesehatan folikel. Selain itu juga meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Aplikasikan Cuka Sari Apel

Perawatan dengan cuka sari apel membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari rambut. Cuka sari apel bisa membuat rambut terasa lembut dan terlihat halus. Akan tetapi, sebelum menggunakannya, pastikan bahan ini cocok untuk rambutmu ya.

Pertahankan Pola Makan yang Sehat

Pastikan kamu sudah memberikan nutrisi yang cukup pada rambut. Misalnya, kamu sudah mendapat nutrisi harian berupa lemak sehat, protein dan nutrisi untuk menguatkan rambut. Jangan lupa juga untuk meminum air putih yang cukup.

Kamu juga bisa menyisakan sedikit minyak kelapa di rambut setelah keramas atau membiarkannya semalaman sebagai masker. Jangan lupa untuk gunakan sarung bantal bekas atau handuk di bawah kepala untuk menghindari noda.



Simak Video "2NE1 Bakal Comeback Lewat Tur Global "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)
kesehatan rambut lidah buaya minyak kelapa

Terkini Lainnya

  • Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Gampang Diatur

  • Gunakan Minyak Kelapa

  • Jaga Kelembaban Rambut

  • Keringkan Rambut dengan Handuk

  • Gunakan Sisir Bergigi Lebar

  • Gunakan Serum Rambut

  • Menggunakan Lidah Buaya

  • Aplikasikan Cuka Sari Apel

  • Pertahankan Pola Makan yang Sehat

  • 7 Obat Nyeri Sendi dari Bahan Alami yang Mudah Ditemui

  • Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut, Termasuk Mencegah Rontok

  • Rutin Konsumsi 5 Racikan Minuman Detoks Ini Agar Rambut Sehat

  • 10 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

  • Jadi Produk Unggulan, Minyak Kelapa Sulawesi Utara Tembus Belanda-Amerika

  • Khasiat Lidah Buaya untuk Pengidap Diabetes, Bisa Cegah Gula Darah Tinggi

  • Ternyata Ini Rahasia Awet Muda Yuni Shara, Masih Bak ABG di Usia 50an

  • Minyak Goreng Mahal, Warga di Wonosobo Siasati dengan Minyak Kelapa

Tautan Sahabat